stratoprawantuaAvatar border
TS
stratoprawantua
Dianggap lecehkan Papua, Cita Citata dIkecam publik


Merdeka.com - Nama Cita Citata kembali ramai jadi buah bibir publik. Bukan karena lagunya yang ngehits atau kasus perceraiannya dengan sang suami, melainkan sebuah statement yang ia keluarkan di salah satu acara televisi swasta baru-baru ini.

"Cantik kan nggak kayak Papua," ucap Cita ketika tampil mengenakan atribut daerah dari Papua baru-baru ini. Entah sengaja atau tidak, namun apa yang ia katakan itu dianggap berbau SARA dan membuat warga Papua geram.

Johanes Gluba gebze, salah satu tokoh Papua, mengutarakan rasa tidak senangnya ketika dihubungi tim wartawan. Ia mendeskripsikan secara detail kesalahan fatal yang dilakukan pelantun lagu Sakitnya Tuh Disini tersebut.

"Jadi intinya dia tampil menggunakan atribut budaya Papua dengan burung cendrawasih dalam sebuah acara televisi. Kalau dia memakai atribut Papua kita terima, tapi kami tidak nyaman dengan kata-kata, 'cantik kan nggak kayak Papua'. Itu yang mendapatkan reaksi dari orang Papua," ujar Johanes ketika dihubungi lewat sambungan telepon beberapa waktu lalu.



Saking seriusnya permasalahan ini, sebuah somasi akan segera dikirimkan untuk Cita atas ungkapannya tersebut. Seorang pengacara pun sudah disiapkan untuk menaikkan hal ini ke meja hijau dalam waktu dekat.

"Belum sampai ke tingkatan itu (somasi), baru statement awal. Ia ingin klarifikasi kan dia bisa kasih dengan lawyer kita 3 sampai seminggu perlu klarifikasi untuk hal itu," sambungnya.

Apa yang diucapkan Cita sebagai seorang public figure itu sangat melukai hati Johanes beserta seluruh warga Papua. Yohanes menegaskan jika wanita kelahiran Bandung itu sudah tidak menghargai perbedaan yang ada di Indonesia ini.

"Saya sebagai satu kesatuan orang Papua tersinggung. Kalau individu itu masalah individu, kalau udah masuk etnis kan sebagai orang Papua menjaga harkat martabat orang Papua. Ya maksudnya bahwa kita ingin saling menghormati sebagai warga bangsa negara kesatuan mengakomodir berbagai perbedaan," pungkasnya.

http://m.merdeka.com/artis/dianggap-...am-publik.html





Cita Citata Merasa Cantik, Masyarakat Papua Tersinggung
Minggu, 15 Februari 2015 , 21:24:00

Pedangdut Cita Citata kembali bikin heboh. Tapi kali ini bukan lagunya atau permasalahan rumah tangganya yang bikin publik tercengang. Tapi, pelantun Goyang Dumang itu kini tengah dihujat banyak pihak lantaran dinilai telah melecehkan warga Papua.

Ceritanya, dalam satu kesempatan, Cita menjadi pengisi acara dan mengenakan atribut khas Papua. Namun, saat diwawancara sebuah acara infotainment, Cita mengeluarkan komentar yang dianggap menghina masyarakat papua. "Cantik masih tetap, harus dicantikin mukanye. Nggak kayak Papua, kan?" kata Cita.

Sontak para tokoh Papua yang mendengarkan pernyataan langsung angkat bicara. Mereka menganggap Cita melecehkan warga Papua.

Salah satu yang melayangkan protes adalah tokoh papua selatan, Johannes. “Kami tidak nyaman dengan kata-kata 'cantik kan, nggak seperti orang Papua' itu yang mendapatkan reaksi orang Papua," ungkap Johannes saat dihubungi melalui telepon, Minggu (15/2) seperi dilansir Indopos (JPNN Group).

Menurut Johanes, kalimat yang dilontarkan Cita bukan menunjuk pada satu individu, melainkan ke seluruh warga papua. Hal ini membuat warga Papua mengecam pelantun Janda Atau Perawan itu.

"Saya sebagai satu kesatuan orang Papua tersinggung. Kalau individu itu masalah individu, kalau sudah masuk etnis kan sebagai orang Papua menjaga harkat martabat orang Papua," tambahnya.

Meski demikian, warga Papua belum mengambil tindakan hukum atas perbuatan Cita. Istri dari Galih Purnama itu diberi jangka waktu tiga hari untuk klarifikasi.

http://m.jpnn.com/news.php?id=287595

Quote:





Beneran sakitnya tuh di dini emoticon-Frown
Diubah oleh stratoprawantua 16-02-2015 03:53
0
47.8K
389
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan