kilangitAvatar border
TS
kilangit
[SHARE] THE MIRACLE of GIVING By Warung Sedekah Kilangit (WSK)


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Momod, Mimin dan agan2 kaskuser yang di rahmat Allah. Izinkan Newbie untuk share / berbagi sedikit keilmuan dan pengalaman pribadi terkait dengan Keajaiban Memberi / The Miracle of Giving.

Approved Trit oleh Momod : HERE

SEKILAS INFO :
Quote:



MUKADIMAH

Giving / Memberi,merupakan suatu hal yang mudah di ucapkan namun sulit untuk dilakukan. Apalagi sesuatu yang akan kita berikan kepada orang lain merupakan sesuatu yang sangat kita cintai dan berharga bagi kita. Pastilah sangat sulit hati kita untuk ikhlas dan ridha dalam memberikan sesuatu tersebut.

Tapi taukah sahabat sekalian..???!!! Bahwa pada hakikatnya apa yang kita miliki semuanya adalah titipan dan karunia dari Sang Illahi. Maka dari itu yang namannya titipan, pasti suatu saat pemilik hakikinya akan mengambil titipan tersebut, cepat atau lambat, ikhlas maupun tidak ikhlas, terpaksa maupun ridha, dalam waktu lapang maupun sempit.

Maka dari itu memberi, merupakan hal yang utama. Selain kita mendahulukan memberikan titipan yang dititipkan kepada kita, tentunya hal tersebut juga memberikan efek positif yang sangat berarti dalam diri, lingkungan dan kehidupan kita dalam bermasyarakat. Serta satu hal yang luar biasa, keajaiban-keajaiban pun akan terjadi pada diri kita, ketika kita memberi, menolong dan berbagi serta berkontribusi secara nyata kepada orang lain dan lingkungan di sekitar kita.


ANJURAN UNTUK MEMBERI

Banyak sekali Dalil dalam Al Qur’an maupun Al Hadist yang mulia yang memerintahkan bagi kita untuk memberi / berbagi serta menyebut keutamaan-keutamaan atau fadhilah-fadhilah memberi (entah itu sedekah, infak, zakat maupun berbagi kepada orang lain). Salah satunya adalah dalam surat Al Baqrah ayat 1- 3 Allah S.W.T berfirman :

”Alif laam miin. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat danmenafkahkan sebahagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka.


Sahabat yang mulia, sesungguhnya Allah S.W.T dalam ayat tersebut menyebutkan setidaknya ada 3 ciri-ciri orang yang bertakwa, diantaranya :
1. Beriman kepada yang gaib
2. Mendirikan salat
3. Menafkahkan sebagian rizki yang Allah anugrahkan kepada kita.

Dalam hal ini saya tidak akan membahas poin 1 dan 2. Karena itu beda kajian dengan trit yang saya ajukan ke Momod. Terkait dengan trit ini Insya Allah saya akan coba membahas poin ke 3 secara sederhana.

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kita untuk memberi, berbagi dan peduli kepada sesama. Artinya rizki / titipan yang Allah Anugrahkan kepada kita, ada hak orang lain di dalamnya, ada rizki orang lain di dalamnya serta ada amanah yang Allah berikan kepada kita untuk menyampaikannya kepada orang lain. Dengan menyampaikan amanah tersebut kepada orang lain, tentunya perintah Allah sudah kita tunaikan, hak orang lain sudah kita berikan dan yang menjadi hak kita pun sudah bersih dari hak orang lain.


MEMBERI / GIVING Tidak Akan Membuat kita Miskin dan Tidak Akan kehilangan sesuatu yang kita cintai

Dalam Al Qur’an Surat 2 Ayat 261 serta Surat 34 ayat 39, Allah berfirman :

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Q.S Al Baqarah 2 : 261)

"Katakanlah: 'Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)'. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya." (Q.S. Saba 34:39)


Dari keterangan di atas Allah sudah menjanjikan, bahwa siapa yang memberi / berbagi atau sejenisnya pasti Allah akan lipat gandakan apa yang sudah diberikannya kepada orang lain. Jadi sudah jelas memberi itu tidak akan membuat kita miskin dan kekurangan. Malah sebaliknya akan membuat kita semakin kaya. Maka untuk apa kita masih ragu dalam memberi, berbagi dan peduli kepada sesama....??!!!
Diubah oleh kilangit 18-07-2014 04:26
tata604
tata604 memberi reputasi
1
49.1K
337
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan