Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

charlie.hebdoAvatar border
TS
charlie.hebdo
Kata Kemendikbud Soal Belanda yang Tak Jajah Indonesia Selama 3,5 Abad



Jakarta - Para sejarawan sepakat bahwa penjajahan Belanda di Indonesia tidak selama 350 tahun, yang selama ini diajarkan di bangku sekolah. Apa hal ini tak membuat anak sekolah bingung?

"Iya itu tadi, sejarah itu open interpretrasi. Apalagi 350 tahun itu wilayahnya macam-macam. Itu bukan hal baru," jelas Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan, usai 'Seminar Bedah Sejarah VOC 1602 Batavia' di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (11/2/2015).

Kacung mencontohkan wilayah Aceh, di mana orang Aceh tak pernah mengatakan dijajah 350 tahun. "Itu open interpretasi kan? Bukan sesuatu yang baru. Di Kalimantan juga enggak sampai segitu (350 tahun)," imbuhnya.

Angka 350 tahun itu, menurut Kacung, adalah fase kedatangan awal bangsa asing. "Itu (jumlah tahun) gelondongan. Kita pukul rata memang. Karena dulunya, negara Indonesia itu nggak ada, adanya kerajaan-kerajaan," tuturnya.

Sejarawan Dr Lilie Suratminto, MA (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia) mengatakan, orang-orang di Nusantara itu baru sadar bahwa dirinya dijajah itu pada tahun 1908. Momen itulah yang jadi Kebangkitan Nasional.

"Jadi, orang-orang Indonesia ini dengan adanya Kebangkitan Nasional orang makin sadar, sadar menjadi bangsa terjajah, mulai Kebangkitan nasional tahun 1908 tapi nanti 20 tahun kemudian, ada konsolidasi Sumpah Pemuda," tutur dia.

Perlawanan ratusan tahun yang sebelumnya dilakukan secara sporadis, baik oleh Diponegoro, Imam Bonjol dan lain-lain dilakukan dengan kekuatan otot. Namun setelah kesadaran intelektual tumbuh, maka hal itu lebih kuat dibanding senjata.

"Tapi begitu mereka (penjajah) dilawan dengan intelektual, kan ini orang pinter, kalah melawan intelektual. Tadinya kan pake senjata. Ternyata dengan okol (otot) kalah oleh akal," tuturnya.

http://m.detik.com/news/read/2015/02...23/2830588/10/

Quote:


Nama yang sepertinya familiar emoticon-Big Grin


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:





Polling
0 suara
Nama yang TS bold mengingatkan Anda tentang....
Diubah oleh charlie.hebdo 13-02-2015 01:38
0
22.7K
270
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan