bartolomeousAvatar border
TS
bartolomeous
Belajar bahasa inggris dalam waktu singkat!
Saya punya tips buat semua kaskuser yang ingin belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat serta terhindar dari rasa malas.
Sebelum itu saya ingin curhat tentang sistem pengajaran bahasa inggris di Indonesia yang menurut saya adalah kesalahan besar, yang telah membuat para siswa kehilangan kepercayaan dirinya untuk belajar karena selalu dihantui dengan penghafalan tata cara berbahasa inggris (grammar).
So, untuk mengikuti tips yang akan saya berikan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah buang semua buku anda yang ada kaitannya dengan grammar (tapi jgn buang ketempat sampah ya gan!!, itu akan tetap berguna nantinya hehehe

Tips
1. Listening (latihan mendengar)
2. Listening (latihan mendengar)
3. Listening (latihan mendengar)
4. Listening (latihan mendengar)
5. Listening (latihan mendengar)

Saya telah memberikan 5 tips yang sangat berguna buat kalian untuk menuju ke proses berikutnya.

(loh kok tipsnya sama semua gan?)

Listening adalah hal yang sangat penting dalam bahasa inggris, fokuslah hanya pada "listening" dulu sampai kalian sangat terbiasa mendengarkan kalimat/percakapan dalam bahasa inggris.

(mendengar tapi tidak tau artinya sama aja gan)

Tidak masalah gan, biarlah kalimat2 asing itu masuk ke alam bawah sadar agan.
Untuk melatih "listening" agan bisa nonton film kartun apa aja yang penting dalam bahasa inggris (tidak menggunakan subtitle)

Lakukan itu selama 2 bulan secara rutin, minimal 30 menit perhari, dan berusaha untuk mengulang beberapa kalimat di film tersebut di kala agan senggang atau juga sedang dalam aktifitas.

Mudah2an dalam 2 bulan telinga agan sudah terbiasa dengan bahasa inggris walaupun agan sendiri belum yakin atau masih samar2 hehehe

Setelah 2 bulan berjalan, hal yang harus dilakukan adalah mencari dan memahami arti/maksud dari kalimat/percakapan di film2 yang sudah agan tonton (subtitle sudah boleh dipakai). Lalu ucapkan kalimat tersebut, nyantai aja gan jangan terlalu cepat pengucapannya.

Mudah2an dalam 2 bulan berikutnya agan sudah sedikit bisa memahami maksud dari film yang agan tonton.

Tahap selanjutnya agan bisa atur jadwal sendiri sesuka agan dengan materi pembelajaran Writting dan Reading. Tulislah diselembar kertas apa yang ingin agan katakan, serta buatlah sebuah percakapan dengan diri agan sendiri lalu tuliskan. Ini biasanya agan takut salah dengan tulisan agan, jangan takut salah gan, salah adalah belakangan dan bisa diperbaiki dalam tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya agan bisa mencari kosakata. carilah arti dari apa yang agan lihat dan agan ketahui dalam kegiatan sehari2, lalu tuliskan.


Kesimpulan.
*Tambah jadwal latihan (listening) sampai agan sangat terbiasa mendengarkannya.
*Latihan lebih efektif dilakukan setelah beribadah
*Grammar akan lebih mudah dipelajari ketika agan sudah terbiasa dengan bahasa inggris
*Sebagai alat pendukung agan sangat membutuhkan kamus


Sekian tips dari saya, Tulisan ini saya buat dengan alakadarnya, semoga dapat dipahami.
Mari belajar bersama dan jika ada pertanyaan, silahkan gan emoticon-Smilie
0
10.1K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan