unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Dapat Janji Rp 30 Ribu, Massa Demo Kantor Susi
KAMIS, 05 FEBRUARI 2015



TEMPO.CO, Jakarta: Massa yang berdemo di depan Kantor Kementerian dan Kelautan pada siang ini diduga bukan benar-benar nelayan, melainkan massa bayaran yang disuruh mengaku sebagai nelayan dari Maluku. Saat Tempo mewawancarai salah satu pengunjuk rasa bernama Tikno, dia mengaku dirinya bukan nelayan Maluku. "Katanya dibayar Rp 30 ribu dan dapat makan siang," ujar dia, saat ditemui di depan kantor Menteri Susi Pudjiastuti, Kamis, 5 Februari 2015.

Selain Tikno, ada juga Iwan yang mengaku dirinya sebenarnya nelayan asal Tanjung Priok. "Saya cuma diajak aja sih, enggak tahu ini demonya ngapain," ujar dia. Iwan mengatakan sampai saat ini kapalnya masih berlayar untuk menangkap ikan.

Namun, Ketua Forum Komunikasi Perikanan Maluku,Ogi, mengatakan seluruh massa yang berdemo berasal dari nelayan Maluku. "Ini semua perwakilan dari Maluku. Kami menuntut pencabutan Peraturan Menteri Nomor 2 dan 56 karena menyusahkan nelayan," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan sekitar 150 nelayan yang mengaku dari Maluku menggelar aksi unjuk rasa pada pukul 11.00 WIB di depan Kantor Kementerian dan Kelautan. Mereka menuntut pencabutan Peraturan Menteri Kelautan Nomor 2 Tahun 2015 tentang larangan alat tangkap trawl dan Nomor 56 Tahun 2014 tentang moratorium izin kapal.

Koordinator aksi unjuk rasa, Afrudin, mengatakan aturan yang dibuat Susi bertentangan dengan kesejahteraan nelayan. Sebab, kata dia, banyak kapal-kapal yang tidak bisa beroperasi lagi sehingga para ABK dan nelayan kehilangan mata pencahariannya. "Aturan ini produk luar negeri, banyak nelayan yang susah karena aturan ini," ujar dia.


DEVY ERNIS

Ada uang dibalik udang?

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2015/0...mo-Kantor-Susi

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan