qenshi99Avatar border
TS
qenshi99
'Ribut' Anggota DPR: Singapura Bisa Jual Bensin RON 95 di Bawah Rp 6.000/Liter
Jakarta -Belum selesai Komisi VII DPR mempersoalkan keputusan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) menghapus subsidi premium, dan menerapkan subsidi tetap Rp 1.000/liter untuk solar, Komisi yang mengurusi energi ini kembali mempersoalkan dasar penetapan harga premium Rp 6.600/liter dan solar Rp 6.400/liter.

"Dari mana dasar penetapan harga itu? Kok ini ada harga perolehan segala, ada margin tambahan 2% lagi. Kan sudah ada margin di harga perolehan, harga MOPS-nya (Mean of Plats Singapore) berapa itu?" tegas Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika, dalam rapat kerja dengan Menteri ESDM Sudirman Said, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/2/2015).

Protes yang sama juga disampaikan Anggota Komisi VII DPR Ramson Siagian. Ia mempersoalkan harga premium Rp 6.600/liter, sementara saat ini harga bensin RON 95 sekelas pertamax plus di Singapura di bawah Rp 6.000/liter.

"Di Singapura saja sekarang bensin RON 95nya di bawah Rp 6.000/liter, kenapa tidak sesuai seperti patokan yang ada MOPS, sebenarnya premium itu di subsidi atau tidak," tegas Ramson.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Menteri ESDM Sudirman Said menjelaskan, tidak bisa dibandingkan harga bensin di Singapura dengan di Indonesia. Karena kilang minyak yang dimiliki dan dikelola Pertamina saat ini sudah berumur tua dan tidak efisien.



emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) http://finance.detik.com/read/2015/0...?991104topnews
0
14.1K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan