kirun74Avatar border
TS
kirun74
RASA NYA YANG MANIS , SEMANIS MANFAAT NYA
DARK CHOCOLATE


Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao).Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM [2]. Residu yang diperoleh dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja, namun selput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih condong digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.

Residu cokelat yang ditemukan pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno di Río Azul, Guatemala Utara, menunjukkan bahwa Suku Maya meminum cokelat di sekitar tahun 400 SM. Peradaban pertama yang mendiami daerah Meso-Amerika itu mengenal pohon “kakawa” yang buahnya dikonsumsi sebagai minuman xocolātl yang berarti minuman pahit. Menurut mereka, minuman ini perlu dikonsumsi setiap hari, entah untuk alasan apa. Namun, tampaknya cokelat juga menjadi simbol kemakmuran.
http://www.superindo.co.id/upload/images/coklat(1).jpg
jadi kepingin minum coklat emoticon-Sorry

menurut data UN food & agriculture organization(FAO) 2012,indonesia adalah negara pengahasil kakao terbesar ke-2 di dunia setelah pantai gading (negara di afrika) dengan produksi per tahun mencapai 936 ton.
kakao adalah bahanbaku untuk pembuatan olahan cokelat seperti cokelat bubuk,cokelat permen,cokelat bar,dll.
sayangnya,konsumsi kakao masyarakat indonesia masih rendah,hanya 0,82g/orang/hari.jumlah ini sangat kecil di bandingkan dengan masyarakat swiss,yaitu 41g/orang/hari.pdahal cokelat sangat bermanfaat untuk kesehatan.
oleh karna itu,sejak tahun 2012,setiap tanggal 16 september,pemerintah mencanangkan hari kakao indonesia,dengan harapan konsumsi cokelat masyarakat indonesia dapat meningkat.

PENELITAAN TENTANG MANFAAT KESEHATAN MENGKONSUMSI COKELAT
1.konsumsi 6,3g dark chocolate (30kalori) setaip hari selama 18 minggu dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan penigkatan berat badan.
(journal american medical association 298:49-60,2007)
haha nggak perlu khawatir tambah gemuk selagi yg di konsumsi coklat yang benar ya emoticon-Ngakak

2.kandungan utama cokelat dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan meningkat kan HDL/lemak baik dan menurunkan LDL/lemak jahat.emoticon-Matabelo
(midori natsume,Ph.D. dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh american chemical society,februari 2011).

3.dark chocolate dapat menigkatkan kemampuan mata untuk melihat dalam kontras rendah seperti melihat saat cuaca buruk.
(MSNBC,9agustus 2011).

4.Flavanol pada dark chocolate membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif otak dengan cara menjaga sel-sel neuron otak dari kerusakan dan meningkatkan metabolisme struktur molekul otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat.emoticon-Matabelo
(american heart association journal,naturalnews,august 2012 by jhon philip - A certified nutritinal consultant and health reseacher).

6.kandungan phenyletylamine pada dark chocolate melepaskan senyawa endorfin yg akan mempengaruhi perasaan tertarik antara dua orang berbeda jenis kelamin.menkomsumsi sedikit nya secangkir minuman dark chocolate secara rutin setiap hari memberikan kegairahan dan fungsi seksual yang lebih baik dari pada yang tidak mengkonsumsi nya.emoticon-Kiss
(the jurnal of sexual medicine)

tahukah anda?
*raja dan bangsawan suku aztek gemar sekali mengkonsumsi minuman cokelat panas yg disebut xocolatl(minuman pahit dari biji kakao) yg di percaya dapat menambah keperkasaan.emoticon-Matabeloemoticon-Ngakak

*untuk mendapatkan manfaat kesehatn dari cokelat secara maksimal maka konsumsilah cokelat jenis dark chocolate(cokelat hitam) dalam bentuk minuman cokelat,bukan dalam bentuk cokelat bar atau permen cokelat karna lebih banyak mengandung gula dan lemak namun sedikit kandungan kakao nya.
yang ingin membeli dark cokelat cair bisa hubungin saya , PM aja gan/sis emoticon-Ngakakemoticon-Blue Guy Cendol (L)

*cokelat tidak akan membuat anda bermasalah dengan berat badan karna lemak pada cokelat adalah jenis asam tak jenuh oleat yang sangat baik untuk kesehatn jantung dan asam lemak stearat yang di kenal sebagai asam lemak netral yang tidak akan meningkatkan kadar kolestrol darah.emoticon-Matabelo

waktu yang tepat komsumsi dark chocolate
1.pagi hari
theobromine pada cokelat akan mengahasilkan hormon serotonin yang akan membuat perasaan senang sehingga kita bisa lebih bersemangat mengawali aktivitas di pagi hari.
2.mencari ide
kandungan polifenol pada cokelat akan membantu meningkatkan fugsi kognitif sehingga dapat memudahkan kerja otak untuk mengahasilakn ide baru yg kreatif.
3.saat sedih
phenylethylamine pada cokelat dapat meningkat kan kadar endorfin pada otak yang akan menghasilkan dophamine,zat yang akan memberikan perasaan senang dan perbaikan suasana hati.

silahkan gan kalau mau lemparin cedol nya emoticon-Malu (S) kalau nggak ada cukup komen aja jangan di bata saya nya .. saya lagi nggak bangun rumah emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kirun74 24-02-2015 07:40
0
5.2K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan