- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- Lounge Pictures
KERETA API SIMANDRA PICT++


TS
anggaderian
KERETA API SIMANDRA PICT++
Asalamualaikum agan dan aganwati sekalian ane mau coba nge share nih masih tentang perkereta apian di Indonesia kali ini yang ane bahas yaitu KA Lokal Cibatuan (Cibatu-Purwakarta) yang ternyata punya nama unik gan ya kereta api SIMANDRA 
tapi bukan tokoh di film yang pernah ngetop tahun 90-an gan. langsung aja dah inpohnya..
Kereta Api Simandra atau biasa disebut KRD Jimwest ini merupakan kereta api penglaju di wilayah Jawa Barat. harga cukup murah dengan tiket Rp.3500, tetapi Kereta ini tergolong Kereta Api lambat karena berhenti di setiap stasiun dan hanya melakukan perjalanan 1 kali.Dan Sekarang Ka Lokal Cibatu Memakai Tiket Seperti KRD Patas
stasiun yang disinggahinya
Stasiun Purwakarta
Stasiun Purwakarta (PWK) adalah stasiun kereta api yang terletak di Jl. Kolonel Kornel Singawinata No. 1, Nagritengah, Purwakarta, Purwakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +84 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung. Di dekat stasiun ini terdapat dipo lokomotif.

Stasiun Ciganea
Stasiun Ciganea (CA) merupakan stasiun kereta api kelas 3 yang terletak di Mekargalih, Jatiluhur, Purwakarta. Nama stasiun ini diambil dari kampung tempat stasiun ini berada. Stasiun yang terletak pada ketinggian +141 m ini termasuk ke Daerah Operasi II Bandung.Tidak jauh dari situ terdapat jembatan kereta api ciganea.


Stasiun Sukatani
Stasiun Sukatani (SUT, +285 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Sukatani, Sukatani, Purwakarta. tak jauh dari stasiun terdapat Jalan raya Plered-Purwakarta. Stasiun ini memiliki 3 Jalur rel.

Stasiun Plered
Stasiun Plered (PLD, +325 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Plered,Plered,Purwakarta. tak jauh dari stasiun ini terdapat Pasar Plered dan Jalan raya Plered-Purwakarta

Stasiun Cisomang
Stasiun Cisomang (CG, +385 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Depok, Darangdan, Purwakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +385 m dpl ini berada di Daerah Operasi 2 Bandung. Dari stasiun ini jalur ganda sudah di fungsikan menuju stasiun Plered, dan akan di fungsikan juga jalur ganda ke stasiun Cikadongdong. Ke arah selatan stasiun terdapat Jembatan Cisomang dan stasiun ini memiliki 2 jalur rel.

Stasiun Cikadongdong
Stasiun Cikadongdong (CD) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Puteran, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Stasiun yang berada pada ketinggian +408 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung. Nama stasiun ini berasal dari kampung (dusun) tempat stasiun ini berada. Tidak jauh dari situ ke arah utara terdapat jembatan terdalam di Asia Tenggara yaitu Jembatan Cisomang.


Stasiun Rendeh
Stasiun Rendeh (RH, +435 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Rende, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Stasiun ini tepat berada di samping Jalan Raya Cikalong-Cipeundeuy. stasiun ini memiliki 2 jalur rel. Walaupun bernama Rendeh, stasiun ini berada di desa Rende. Masih belum diketahui mengapa bernama Stasiun Rendeh.



Stasiun Maswati
Stasiun Maswati (MSI) adalah stasiun kereta api yang terletak di Mandalasari, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +499 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung. Di arah tenggara stasiun yang berada di tengah-tengah Perkebunan Teh Pangleujar ini terdapat Terowongan Sasaksaat.
Nama stasiun ini berasal dari kampung (dusun) tempat stasiun ini berada. Stasiun Maswati memiliki 3 jalur kereta api.



Stasiun Sasaksaat
Stasiun Sasaksaat (SKT, +595 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api di Sumurbandung, Cipatat, Bandung Barat. stasiun ini memiliki 2 rel, jalur 1 untuk persilangan sedangkan jalur 2 track lurus. ke sebelah barat stasiun kereta akan melewati Terowongan Sasaksaat sepanjang 950 m menuju Jakarta sedangkan ke arah timur stasiun kereta akan melewati Jembatan Cikubang sepanjang 300 m menuju Bandung.



Stasiun Cilame
Stasiun Cilame (CLE, +635 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api kecil di desa Cempakamekar, Padalarang, Bandung Barat. stasiun ini memiliki 3 rel, yang salah satunya adalah rel buntu. ke arah timur (menuju Padalarang) kereta akan melewati jembatan Cibisoro yang panjangnya 275 m.



Stasiun Padalarang
Stasiun Padalarang (PDL) merupakan Stasiun kereta api di Jl. Cihaliwung, Kertamulya, Padalarang, Bandung Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +695 m berada di Daerah Operasi II Bandung. Tidak jauh dari Stasiun Padalarang terdapat Pasar Cihaliwung. Di Stasiun ini juga terdapat tempat bongkar muat Batu balast (kricak).
Dari arah timur, rel yang meninggalkan Stasiun Padalarang bercabang 2. Yang kiri menuju Bogor (Jalur kereta api Manggarai-Padalarang), sedangkan yang kanan menuju Purwakarta (Jalur kereta api Cikampek-Padalarang).
Mulai Tanggal 01 April 2013 Kahuripan tidak lagi sampai Padalarang tetapi hanya sampai Kiaracondong.



Stasiun Cimahi
Stasiun Cimahi (CMI) adalah stasiun kereta api kelas 1 yang berada di Jalan Stasiun, Cimahi Tengah, Cimahi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +732 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung.
Stasiun Cimahi dibangun pada tahun 1884, dan awalnya ditujukan untuk kepentingan militer. Di dekat Stasiun Cimahi terdapat RS TNI AD Dustira.
Stasiun ini memiliki 5 rel, namun hanya 3 rel yang aktif. Stasiun ini disinggahi oleh kereta api Kereta api Lokal Bandung Raya, Kereta api Patas Bandung Raya, Kereta api Lokal Cibatuan, dan Kereta api Argo Parahyangan. Untuk Kereta api kahuripan sudah tidak berhenti di Stasiun Cimahi sejak 1 Desember 2011. Namun KA Argo Parahyangan hanya berhenti pada jam-jam tertentu saja.
Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun, Kota Cimahi. Letaknya berdekatan dengan RS TNI AD Dustira, Gereja Katolik Santo Ignatius, dan SMP Negeri 2 Cimahi.





Stasiun Cimindi
Stasiun Cimindi (CMD) adalah stasiun kereta api yang berada di Campaka, Andir, Bandung. Stasiun yang terletak pada ketinggian +736 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung, dan di belakang Pasar Cimindi.

Stasiun Bandung
Stasiun Bandung atau Stasiun Hall (kode: BD), adalah stasiun utama kereta api di Kota Bandung. Stasiun berketinggian +709 m menjadi batas antara Kelurahan Pasirkaliki dan Kebonjeruk. Stasiun Hall sebelumnya hanya memiliki satu buah stasiun, setelah ada renovasi oleh pemerintah Kota Bandung maka Stasiun Hall sekarang terbagi menjadi dua bagian walaupun tetap bersatu.
Stasiun Hall sendiri selain terkenal sebagai stasiun kereta api di kota Bandung, ia juga terkenal sebagai terminal angkutan kota. Disebabkan oleh banyaknya angkot yang menuju Stasiun Hall maka secara otomatis ia menjadi terkenal di kota Bandung dengan predikat "terminal angkot" selain stasiun kereta api dan Stasiun Bandung adalah stasiun kereta api terbesar di kota Bandung dan Jawa Barat.
Stasiun Hall berlokasi di Jalan Stasiun Timur 1 dan Jalan Kebon Kawung 43 Bandung.

Stasiun Cikudapateuh
Stasiun Cikudapateuh (CTH) adalah stasiun kecil yang berada di antara Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Stasiun ini berada pada ketinggian +691 m Stasiun ini beralamat di Jalan Kembang Sepatu, dan secara administratif terletak di perbatasan antara Kelurahan Samoja di selatan dengan Kacapiring di utara. Stasiun Cikudapateuh hanya melayani pemberangkatan kereta ekonomi lokal yaitu KA Lokal Cibatuan dan KA Lokal Bandung Raya. Stasiun ini hanya memiliki 2 jalur dan tidak mempunyai kendali sinyal sebab kendali sinyal berada di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Operator stasiun kelas 3 ini adalah Daerah Operasi II Bandung.Uniknya Di Belakang Stasiun Ini Terdapat Penjual-penjual Sepatu Olahraga Mungkin Sesuai Dengan Nama Jalannya.
Stasiun ini dulu mempunyai jalur cabang ke Ciwidey, Markas kavelari dan lain-lain. Semuanya sudah tak aktif.

Stasiun Kiaracondong
Stasiun Kiaracondong (KAC) adalah stasiun besar kedua di Kota Bandung. Stasiun ini berada pada ketinggian + 681 m. Terletak di batas antara Kelurahan Babakansari dan Kelurahan Kebonjayanti, Stasiun Kiaracondong hanya melayani keberangkatan kereta api kelas ekonomi. Dahulu seluruh kereta api, mulai dari kelas Eksekutif sampai Ekonomi, dilakukan dari Stasiun Bandung. Peningkatan jadwal pemberangkatan di Stasiun Bandung menjadi alasan semua keberangkatan kereta api kelas ekonomi dipindahkan ke stasiun ini.
Sejak tanggal 1 Desember 2008, KA Lodaya tujuan Solo dan KA Mutiara Selatan tujuan Surabaya juga berhenti di stasiun ini untuk menaikkan dan menurunkan penumpang baik dalam perjalanan dari maupun ke Bandung. Kebijakan ini menjadikan Stasiun Kiaracondong sebagai titik penurunan dan penaikan penumpang kedua seperti Stasiun Jatinegara di Jakarta.



Stasiun Nagrek
Stasiun Nagreg (NG) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Nagreg, Nagreg, Bandung. Dengan ketinggian +848 m, stasiun yang terletak di Daerah Operasi II Bandung ini merupakan stasiun kereta api tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Stasiun ini terletak 50 m dari jalan raya Bandung-Tasikmalaya. Tak jauh dari Stasiun Nagreg terdapat Situs Kendan, yang pernah menjadi pusat Kerajaan Kendan.
Stasiun Nagreg memiliki tiga jalur, tapi hanya dua yang aktif. Di sebelah baratnya terdapat bekas gudang pupuk. Gradien medan di sebelah barat dan timur stasiun ini tergolong curam, di barat mencapai 15 pelmil dan di timur 5-15 permil.

Stasiun Lebakjero
Stasiun Lebak Jero (LBJ) adalah stasiun kereta api di daerah perbatasan Ciherang, Nagreg, Bandung dengan Karangtengah, Kadungora, Garut. Stasiun berketinggian +818 m dpl ini terletak di Daerah Operasi II Bandung. Stasiun ini terletak di tengah-tengah pegunungan, seperti jalur selatan Jawa Barat pada umumnya. Lintasan rel di stasiun ini melengkung, seperti membentuk kurva S.
Sebagai stasiun kecil, stasiun ini hanya disinggahi oleh kereta api Simandra (Purwakarta-Cibatu), sedangkan lainnya langsung melintas.
Rel langsir di Stasiun Lebak Jero adalah yang terpendek di Jawa Barat, karena hanya dapat menampung 5 gerbong. Jika melebihi angka tersebut, maka harus diarahkan ke jalur terminus, di mana masinis harus menggerakkan KA, untuk menempatkan bagian belakangnya di garis terminus yang berlawanan.
Stasiun Lebak Jero hanya terdiri dari bangunan utama yang sederhana, berukuran sekitar 4 × 3 meter. Di sampingnya ada bangunan tambahan berdinding kayu, sebagai ruang tunggu. Namun tak ada kursi tunggu di sini.

Stasiun Leles
Stasiun Leles (Ll) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kadungora, Kadungora, Garut. Stasiun kelas 3 ini memiliki panorama yang sangat menawan dengan view yang luas dan terbuka. Stasiun ini dikelilingi gunung sehingga udara disana sangat sejuk. Stasiun yang mempunyai 3 jalur ini letaknya sangat strategis karena hanya berberapa meter dari jalan raya.

Stasiun Karangsari
Stasiun Karangsari(KRAI) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Karangsari, Leuwigoong, Garut. Stasiun kelas 3 ini memiliki panorama yang sangat menawan dengan view hamparan sawah yang sangat luas. Stasiun yang mempunyai 2 jalur ini dulunya bernama Gandamira yang berganti nama pada tahun 1980-an.



Spoiler for inpoh:
Kereta Api Simandra atau biasa disebut KRD Jimwest ini merupakan kereta api penglaju di wilayah Jawa Barat. harga cukup murah dengan tiket Rp.3500, tetapi Kereta ini tergolong Kereta Api lambat karena berhenti di setiap stasiun dan hanya melakukan perjalanan 1 kali.Dan Sekarang Ka Lokal Cibatu Memakai Tiket Seperti KRD Patas
stasiun yang disinggahinya
Stasiun Purwakarta
Stasiun Purwakarta (PWK) adalah stasiun kereta api yang terletak di Jl. Kolonel Kornel Singawinata No. 1, Nagritengah, Purwakarta, Purwakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +84 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung. Di dekat stasiun ini terdapat dipo lokomotif.
Spoiler for pict:





Stasiun Ciganea
Stasiun Ciganea (CA) merupakan stasiun kereta api kelas 3 yang terletak di Mekargalih, Jatiluhur, Purwakarta. Nama stasiun ini diambil dari kampung tempat stasiun ini berada. Stasiun yang terletak pada ketinggian +141 m ini termasuk ke Daerah Operasi II Bandung.Tidak jauh dari situ terdapat jembatan kereta api ciganea.
Spoiler for pict:




Stasiun Sukatani
Stasiun Sukatani (SUT, +285 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Sukatani, Sukatani, Purwakarta. tak jauh dari stasiun terdapat Jalan raya Plered-Purwakarta. Stasiun ini memiliki 3 Jalur rel.
Spoiler for pict:



Stasiun Plered
Stasiun Plered (PLD, +325 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Plered,Plered,Purwakarta. tak jauh dari stasiun ini terdapat Pasar Plered dan Jalan raya Plered-Purwakarta
Spoiler for pict:





Stasiun Cisomang
Stasiun Cisomang (CG, +385 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Depok, Darangdan, Purwakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +385 m dpl ini berada di Daerah Operasi 2 Bandung. Dari stasiun ini jalur ganda sudah di fungsikan menuju stasiun Plered, dan akan di fungsikan juga jalur ganda ke stasiun Cikadongdong. Ke arah selatan stasiun terdapat Jembatan Cisomang dan stasiun ini memiliki 2 jalur rel.
Spoiler for pict:


Stasiun Cikadongdong
Stasiun Cikadongdong (CD) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Puteran, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Stasiun yang berada pada ketinggian +408 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung. Nama stasiun ini berasal dari kampung (dusun) tempat stasiun ini berada. Tidak jauh dari situ ke arah utara terdapat jembatan terdalam di Asia Tenggara yaitu Jembatan Cisomang.
Spoiler for pict:




Stasiun Rendeh
Stasiun Rendeh (RH, +435 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di Rende, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Stasiun ini tepat berada di samping Jalan Raya Cikalong-Cipeundeuy. stasiun ini memiliki 2 jalur rel. Walaupun bernama Rendeh, stasiun ini berada di desa Rende. Masih belum diketahui mengapa bernama Stasiun Rendeh.
Spoiler for pict:




Stasiun Maswati
Stasiun Maswati (MSI) adalah stasiun kereta api yang terletak di Mandalasari, Cikalong Wetan, Bandung Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +499 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung. Di arah tenggara stasiun yang berada di tengah-tengah Perkebunan Teh Pangleujar ini terdapat Terowongan Sasaksaat.
Nama stasiun ini berasal dari kampung (dusun) tempat stasiun ini berada. Stasiun Maswati memiliki 3 jalur kereta api.
Spoiler for pict:




Stasiun Sasaksaat
Stasiun Sasaksaat (SKT, +595 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api di Sumurbandung, Cipatat, Bandung Barat. stasiun ini memiliki 2 rel, jalur 1 untuk persilangan sedangkan jalur 2 track lurus. ke sebelah barat stasiun kereta akan melewati Terowongan Sasaksaat sepanjang 950 m menuju Jakarta sedangkan ke arah timur stasiun kereta akan melewati Jembatan Cikubang sepanjang 300 m menuju Bandung.
Spoiler for pict:




Stasiun Cilame
Stasiun Cilame (CLE, +635 m dpl) adalah sebuah stasiun kereta api kecil di desa Cempakamekar, Padalarang, Bandung Barat. stasiun ini memiliki 3 rel, yang salah satunya adalah rel buntu. ke arah timur (menuju Padalarang) kereta akan melewati jembatan Cibisoro yang panjangnya 275 m.
Spoiler for pict:





Stasiun Padalarang
Stasiun Padalarang (PDL) merupakan Stasiun kereta api di Jl. Cihaliwung, Kertamulya, Padalarang, Bandung Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +695 m berada di Daerah Operasi II Bandung. Tidak jauh dari Stasiun Padalarang terdapat Pasar Cihaliwung. Di Stasiun ini juga terdapat tempat bongkar muat Batu balast (kricak).
Dari arah timur, rel yang meninggalkan Stasiun Padalarang bercabang 2. Yang kiri menuju Bogor (Jalur kereta api Manggarai-Padalarang), sedangkan yang kanan menuju Purwakarta (Jalur kereta api Cikampek-Padalarang).
Mulai Tanggal 01 April 2013 Kahuripan tidak lagi sampai Padalarang tetapi hanya sampai Kiaracondong.
Spoiler for pict:






Stasiun Cimahi
Stasiun Cimahi (CMI) adalah stasiun kereta api kelas 1 yang berada di Jalan Stasiun, Cimahi Tengah, Cimahi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +732 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung.
Stasiun Cimahi dibangun pada tahun 1884, dan awalnya ditujukan untuk kepentingan militer. Di dekat Stasiun Cimahi terdapat RS TNI AD Dustira.
Stasiun ini memiliki 5 rel, namun hanya 3 rel yang aktif. Stasiun ini disinggahi oleh kereta api Kereta api Lokal Bandung Raya, Kereta api Patas Bandung Raya, Kereta api Lokal Cibatuan, dan Kereta api Argo Parahyangan. Untuk Kereta api kahuripan sudah tidak berhenti di Stasiun Cimahi sejak 1 Desember 2011. Namun KA Argo Parahyangan hanya berhenti pada jam-jam tertentu saja.
Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun, Kota Cimahi. Letaknya berdekatan dengan RS TNI AD Dustira, Gereja Katolik Santo Ignatius, dan SMP Negeri 2 Cimahi.
Spoiler for pict:






Stasiun Cimindi
Stasiun Cimindi (CMD) adalah stasiun kereta api yang berada di Campaka, Andir, Bandung. Stasiun yang terletak pada ketinggian +736 m ini berada di Daerah Operasi II Bandung, dan di belakang Pasar Cimindi.
Spoiler for pict:



Stasiun Bandung
Stasiun Bandung atau Stasiun Hall (kode: BD), adalah stasiun utama kereta api di Kota Bandung. Stasiun berketinggian +709 m menjadi batas antara Kelurahan Pasirkaliki dan Kebonjeruk. Stasiun Hall sebelumnya hanya memiliki satu buah stasiun, setelah ada renovasi oleh pemerintah Kota Bandung maka Stasiun Hall sekarang terbagi menjadi dua bagian walaupun tetap bersatu.
Stasiun Hall sendiri selain terkenal sebagai stasiun kereta api di kota Bandung, ia juga terkenal sebagai terminal angkutan kota. Disebabkan oleh banyaknya angkot yang menuju Stasiun Hall maka secara otomatis ia menjadi terkenal di kota Bandung dengan predikat "terminal angkot" selain stasiun kereta api dan Stasiun Bandung adalah stasiun kereta api terbesar di kota Bandung dan Jawa Barat.
Stasiun Hall berlokasi di Jalan Stasiun Timur 1 dan Jalan Kebon Kawung 43 Bandung.
Spoiler for pict:






Stasiun Cikudapateuh
Stasiun Cikudapateuh (CTH) adalah stasiun kecil yang berada di antara Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Stasiun ini berada pada ketinggian +691 m Stasiun ini beralamat di Jalan Kembang Sepatu, dan secara administratif terletak di perbatasan antara Kelurahan Samoja di selatan dengan Kacapiring di utara. Stasiun Cikudapateuh hanya melayani pemberangkatan kereta ekonomi lokal yaitu KA Lokal Cibatuan dan KA Lokal Bandung Raya. Stasiun ini hanya memiliki 2 jalur dan tidak mempunyai kendali sinyal sebab kendali sinyal berada di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Operator stasiun kelas 3 ini adalah Daerah Operasi II Bandung.Uniknya Di Belakang Stasiun Ini Terdapat Penjual-penjual Sepatu Olahraga Mungkin Sesuai Dengan Nama Jalannya.
Stasiun ini dulu mempunyai jalur cabang ke Ciwidey, Markas kavelari dan lain-lain. Semuanya sudah tak aktif.
Spoiler for pict:




Stasiun Kiaracondong
Stasiun Kiaracondong (KAC) adalah stasiun besar kedua di Kota Bandung. Stasiun ini berada pada ketinggian + 681 m. Terletak di batas antara Kelurahan Babakansari dan Kelurahan Kebonjayanti, Stasiun Kiaracondong hanya melayani keberangkatan kereta api kelas ekonomi. Dahulu seluruh kereta api, mulai dari kelas Eksekutif sampai Ekonomi, dilakukan dari Stasiun Bandung. Peningkatan jadwal pemberangkatan di Stasiun Bandung menjadi alasan semua keberangkatan kereta api kelas ekonomi dipindahkan ke stasiun ini.
Sejak tanggal 1 Desember 2008, KA Lodaya tujuan Solo dan KA Mutiara Selatan tujuan Surabaya juga berhenti di stasiun ini untuk menaikkan dan menurunkan penumpang baik dalam perjalanan dari maupun ke Bandung. Kebijakan ini menjadikan Stasiun Kiaracondong sebagai titik penurunan dan penaikan penumpang kedua seperti Stasiun Jatinegara di Jakarta.
Spoiler for pict:










Stasiun Nagrek
Stasiun Nagreg (NG) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Nagreg, Nagreg, Bandung. Dengan ketinggian +848 m, stasiun yang terletak di Daerah Operasi II Bandung ini merupakan stasiun kereta api tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Stasiun ini terletak 50 m dari jalan raya Bandung-Tasikmalaya. Tak jauh dari Stasiun Nagreg terdapat Situs Kendan, yang pernah menjadi pusat Kerajaan Kendan.
Stasiun Nagreg memiliki tiga jalur, tapi hanya dua yang aktif. Di sebelah baratnya terdapat bekas gudang pupuk. Gradien medan di sebelah barat dan timur stasiun ini tergolong curam, di barat mencapai 15 pelmil dan di timur 5-15 permil.
Spoiler for pict:






Stasiun Lebakjero
Stasiun Lebak Jero (LBJ) adalah stasiun kereta api di daerah perbatasan Ciherang, Nagreg, Bandung dengan Karangtengah, Kadungora, Garut. Stasiun berketinggian +818 m dpl ini terletak di Daerah Operasi II Bandung. Stasiun ini terletak di tengah-tengah pegunungan, seperti jalur selatan Jawa Barat pada umumnya. Lintasan rel di stasiun ini melengkung, seperti membentuk kurva S.
Sebagai stasiun kecil, stasiun ini hanya disinggahi oleh kereta api Simandra (Purwakarta-Cibatu), sedangkan lainnya langsung melintas.
Rel langsir di Stasiun Lebak Jero adalah yang terpendek di Jawa Barat, karena hanya dapat menampung 5 gerbong. Jika melebihi angka tersebut, maka harus diarahkan ke jalur terminus, di mana masinis harus menggerakkan KA, untuk menempatkan bagian belakangnya di garis terminus yang berlawanan.
Stasiun Lebak Jero hanya terdiri dari bangunan utama yang sederhana, berukuran sekitar 4 × 3 meter. Di sampingnya ada bangunan tambahan berdinding kayu, sebagai ruang tunggu. Namun tak ada kursi tunggu di sini.
Spoiler for pict:











Stasiun Leles
Stasiun Leles (Ll) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kadungora, Kadungora, Garut. Stasiun kelas 3 ini memiliki panorama yang sangat menawan dengan view yang luas dan terbuka. Stasiun ini dikelilingi gunung sehingga udara disana sangat sejuk. Stasiun yang mempunyai 3 jalur ini letaknya sangat strategis karena hanya berberapa meter dari jalan raya.
Spoiler for pict:






Stasiun Karangsari
Stasiun Karangsari(KRAI) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Karangsari, Leuwigoong, Garut. Stasiun kelas 3 ini memiliki panorama yang sangat menawan dengan view hamparan sawah yang sangat luas. Stasiun yang mempunyai 2 jalur ini dulunya bernama Gandamira yang berganti nama pada tahun 1980-an.
Spoiler for pict:









Diubah oleh anggaderian 07-02-2014 20:16


4iinch memberi reputasi
1
43K
Kutip
127
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan