nikosurfingAvatar border
TS
nikosurfing
Uneg-uneg saya mengenai KASKUS 2015 saat ini
Mohon maaf semuanya, saya disini adalah pengguna lama sekitar tahun 2007 tapi karena akun tersebut lupa password atau apalah saya membuat kembali akun pada tahun 2008, sebagai pengguna lama, saya merasa wajib menulis uneg-uneg yang ada pada benak saya terutama mengenai pembaruan kaskus yang tidak tepat sasaran. Jadi mohon maaf apabila ada kesalahan dari tulisan ini, tujuan saya agar kaskus menjadi lebih baik, itu saja. So, langsung kepada topicnya.

Ada yang baru pada kaskus 2015, are you ready? Yes, we're ready if you make it right!

Dari sekian banyak pembaruan kaskus, baru kali ini saya merasakan kaskus mengalami perubahan yang tidak tepat, untungnya saya bisa mendapatkan klarifikasi dari admin langsung di thread ini

Dari semua klarifikasi admin sebenarnya kita semua sudah tahu jawabannya, tapi yang mesti admin ketahui adalah:

1. DESAIN LAYOUT, IKLAN
- navigasi right sidebar, tujuan: Untuk memudahkan user untuk menuju halaman konten2 yang penting.
Yang salah apanya: Penempatan desain. Manusia membaca text dari kiri ke kanan, maka seorang Desainer Profesional mestinya memperhatikan hal ini, jadi alangkah naifnya apabila memprioritaskan kolom kanan hanya untuk rekomendasi halaman lain sementara kolom kiri kosong. Nah apalagi kalau kolom kanan ditempatkan iklan dimana bukan prioritas utama dalam tampilan utama kaskus, maka sudah selayaknya desain menjadi tidak nyaman.
- warna, font, penempatan kolom reply
Yang salah apanya: lagi-lagi Penempatan desain. Entah kenapa kaskus tidak mencari desainer yang benar2 menguasai dibidangnya. Ketika warna background putih ditambah tulisan, icon, captcha yang kecil seperti apa jadinya? Sya yakin seorang pelajar yang baru belajar desain juga mengetahui itu adalah desain yg buruk kecuali tujuan desainer bertujuan untuk merusak mata pembaca.
Kolom "Reply Thread" diatasnya terdapat "preview post". Ini juga merupakan sebuah desain yg aneh, karena umumnya user menulis post terlebih dahulu baru melihat "previewnya" bukan kebalikannya melihat "preview" dlu baru menulis post. Gagal paham deh.
- desain tidak clean
Ini juga salah konsep yang meleset dari kaskus sekarang. Akhir-akhir ini perkembangan desain mengarah kepada hal-hal yang minimalis serta clean, desain dibuat seenak mungkin, buang hal2 yang kelihatan semrawut tapi entah kenapa kaskus malah melakukan yang sebaliknya. Tampilan jadi bingung karna terlalu banyak pernak-pernik yang tidak berkaitan dengan konten, tambah bingung.

2. TIM KREATIF KASKUS BERMAIN DI TEMPAT YANG SALAH
Maaf apabila kata2nya kurang berkenan, maksud sya disini adalah - ada beberapa hal penting yang tidak tersentuh oleh kaskus beberapa tahun terakhir ini diantaranya:
- KEAMANAN FJB
Pada tahun 2008-2009 siapa yang tidak kenal kaskus? kaskus pada waktu itu mempunyai taring, mendominasi, serta berpengaruh terhadap para anak muda. Dari sini kaskus mempunyai pasar terbesar di Indonesia yaitu FJB. Sayangnya tim kaskus tidak peka terhadap masalah2 disekitarnya yaitu sistem pembayaran yang tidak aman serta para spam yang terus membuat bandwidth kaskus semakin sesak. Sangking lemotnya tim kaskus sehingga ada user lain yang berhasil menciptakan sistem keamanan pembayaran yang kini kita sebut sistem REKBER. Saya waktu itu sempat senang tapi geleng-geleng kepala, kenapa kaskus tidak bisa menciptakan hal2 sepele seperti ini. Bayangkan apabila waktu itu kaskus berhasil menciptakan sistem rekber yang terintegrasi, konsep tokopedia saat ini akan terlihat basi karena kaskus sudah melakukan hal itu sebelumnya, tapi sayangnya hal ini tidak dilakukan oleh kaskus. Bagaimana dengan Kaskus pay? Sya sudah aktif dalam kaskus pay tapi sayang sekali karena terlalu rumit sehingga sya meninggalkannya.

Saran saya mengenai FJB:
- jangan merubah konsep FJB yang sudah dikenal dengan forum Jual Beli, karena sarana jual-beli di INDONESIA yang menggunakan forum saat ini HANYALAH KASKUS, YANG LAIN LEWAT. Merubah konsep FJB akan membuat kaskus semakin menjadi follower OLX, berniaga, tokopedia dsb. Justru kaskus kehilangan keunikan!.
Menurut karifikasi admin, itu bertujuan untuk mengikuti jaman, maka jawaban saya adalah, tetaplah berinovasi tetapi jangan menjadi follower yang lain. Kaskus punya taring!, jangan buat taringmu hilang.
- bila ingin merubah konsep baru tentang jual beli, maka buatlah segmen baru sebagai contoh buat KASKUS MARKETPLACE tanpa harus menghilangkan FJB. Jadi toko yang konsepnya seperti OLX, dll, buatlah di segemen kusus tersebut yaitu marketplace.

Maaf, saya putus disini karena sya harus mau menjemput istri pulang kerja, padahal banyak sekali yang akan saya ungkapkan terutama mengenai konsep, income kaskus & inovasi2 lainnya. Itu semua adalah uneg2 saya yang selama ini saya pendam gan. Sekali lagi mohon maaf apabila ada kesalah. Saran & kritik saya terima.

Terima kasih
nikosurfing
since 2008
0
2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan