lilianaaAvatar border
TS
lilianaa
Sering di-Bully Netizen, Jepang Akan Kirim Doraemon Bantu Jokowi

TSUKUBA, Aktivitas dan kebijakan Presiden Joko Widodo seringkali mendapatkan dukungan maupun kritikan dari masyarakat Indonesia. Baik di media sosial maupun dunia nyata, argumen yang muncul seringkali menghangat dan berujung kepada sikap saling merundung antara mereka yang pro maupun kontra dengan kebijakan presiden. Tidak jarang, presiden sendiri menjadi objek rundungan oleh para netizen dan masyarakat umum.

Kondisi ini rupanya mendapatkan perhatian serius dari negara matahari terbit. Pemerintah Jepang akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan membantu Presiden Jokowi menghadapi masalah perundungan itu.

Didukung oleh konsorsium yang terdiri dari beberapa perusahaan multinasional, Jepang akan mengirimkan bantuan kepada presiden berupa sebuah robot berteknologi mutakhir, MS-903, yang dikenal dengan nama kode “DORAEMON”.

Hiroshi Abiko, peneliti utama Matsushiba Robotics, perusahaan yang memproduksi MS-903, mengatakan bahwa robot ini akan sangat membantu kinerja Presiden Jokowi dalam melakukan tugasnya sebagai presiden.

“Tim kami sudah melakukan penelitian secara holistik, dan menyimpulkan bahwa MS-903 adalah teknologi yang paling tepat untuk membantu Presiden Widodo dalam melaksanakan tugasnya.” ujar Abiko di lobi pusat penelitian milik Matsushiba Robotics di Tsukuba, Jepang, Senin lalu (15/12).

Para peneliti dan insinyur dari Matsushiba akan menyertakan beberapa gadget untuk membantu kegiatan blusukan presiden. Salah satunya adalah Baling-baling Bambu yang bisa membuat seseorang untuk terbang di udara. Menurut Abiko, dengan alat ini Presiden Jokowi tidak perlu lagi memanjat menara atau memantau lokasi bencana dengan tingkat keamanan yang minimal. Cukup menaruh Baling-baling Bambu di kepala, maka presiden bisa terbang dan memantau lokasi dari angkasa.

Selain itu, terdapat pula Pintu ke Mana Saja yang akan menghemat waktu dan anggaran perjalanan presiden. Cukup dengan menentukan tujuan dan tinggal membuka pintu, maka presiden langsung sampai di tempat yang diinginkan. Penggunaan alat ini akan membuat fungsi pesawat kepresidenan menjadi minim, sehingga moda transportasi khusus presiden tersebut dapat dijual untuk menghemat anggaran pemerintah.

Berkenaan dengan anggaran, Abiko juga menjelaskan bahwa DORAEMON tidak membutuhkan energi yang berbiaya tinggi. Melalui serangkaian penelitian dan rekayasa mesin dari konsorsium, DORAEMON hanya membutuhkan makanan berupa dorayaki untuk mengisi energi. Fitur ini dipastikan sangat ramah bagi pengeluaran pemerintah.

“Tentu saja perawatan secara berkala akan dilakukan setiap enam bulan sekali. Kami akan mengirimkan tim ke Indonesia untuk melakukannya. Kami akan pastikan DORAEMON akan siap melayani dan mendampingi Bapak Presiden 24 jam sehari, 7 hari seminggu.” jelasnya.


Up date gan emoticon-Big Grin

Reaksi Protes dari Dalam Negeri

Rencana pemerintah Jepang untuk menugaskan DORAEMON untuk membantu Presiden Jokowi ternyata mendapatkan kecaman di Indonesia. Meski diperkirakan akan populer di kalangan masyarakat, hadirnya DORAEMON mendapat sorotan khusus dari mantan kepala Lembaga Robotik Nasional (LARON), Heryanto Sukmaraga.

Ia menanggap bahwa penugasan robot Jepang tersebut menampar wajah para peneliti robotik dalam negeri. Menurut Heryanto, LARON sebenarnya telah memiliki teknologi dasar untuk membuat robot secanggih DORAEMON. Hanya saja, lembaga tersebut tidak diberikan anggaran yang cukup untuk penelitian lebih lanjut.

“Pada saat saya menjabat sebagai Kepala LARON, anggaran kami berkali-kali dipotong, puncaknya ketika kami terpaksa menjadikan sebagian dari kantor kami berubah jadi warnet untuk menutupi biaya yang ada. Pada dasarnya kami memang masuk dalam daftar lembaga negara kategori IV,  yaitu ‘lembaga-lembaga yang keberadaannya terlupakan oleh presiden’, maka meskipun kami punya teknologinya, tetap tidak dapat berbuat apa-apa karena tidak ada anggarannya. Apalagi saat ini saya dikabari bahwa hampir seluruh penelitian negara harus done by order dan harus dapat dijual supaya bisa diberi anggaran. Kita ini lembaga yang isinya ilmuwan dan peneliti, bukan pedagang yang suka jual-jual teknologi.” tegasnya saat dimintai pendapat di kediamannya pagi ini (17/12).

Heryanto menilai bahwa pemerintah Indonesia kurang memperhatikan para perkembangan penelitian teknologi di negerinya sendiri. Mengimpor dan menerima berbagai macam teknologi dari negara lain memang tidak dilarang, tapi ketergantungan terhadap teknologi luar negeri harus mulai dikurangi dengan memberikan insentif pada perkembangan teknologi dalam negeri.

Ia menjelaskan lebih lanjut, ketergantungan yang terlalu besar terutama pada teknologi strategis berpotensi mempengaruhi keamanan data-data pertahanan dan ketahanan dalam negeri. Oleh karena itu, bagaimanapun ketertinggalan Indonesia, penelitian dan pengembangan harus tetap menjadi prioritas pemerintah sebagai usaha untuk berdaulat di bidang teknologi.

“Dalam teknologi yang kita beli seperti satelit, drone, dan robot, bukan tidak mungkin dipasangi chip khusus yang bisa mentransfer data-data penting ke negara produsen. Meski saya pribadi menolak penugasan DORAEMON untuk membantu presiden, tapi kalau beliau memang menerima, mau apa lagi? Saya hanya berharap dalam kerjasama tersebut presiden dapat memaksa pemerintah dan konsorsium Jepang untuk melakukan alih teknologi robotik secara layak ke Indonesia.” papar Heryanto mengakhiri wawancara. (Sha01)
Ngakak
 
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) Buat bantuin karna sering di bully di kaskus

Sumber Keredibel Mood PR emoticon-Ngakak (S) Mudah-mudahn Jadi HT emoticon-I Love Kaskus (S)
Komeng Paling Ajib Ane pajang Di atas emoticon-Big Grin

Best Komeng emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for Cihuy:

Makasih buat agan2 yang ganteng dan cantik dah komeng,emoticon-Kiss (S) komeng keren2 makasih udah mampir emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh lilianaa 31-01-2015 21:07
0
17.5K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan