CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Arsitektur /
IMB = Izin Mendirikan Bangunan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000945540/imb--izin-mendirikan-bangunan

IMB = Izin Mendirikan Bangunan

Tampilkan isi Thread
Halaman 32 dari 40
Wah ada trit imb, salam kenal om n tans
Maap dopost
Diubah oleh sendy_shine
Quote:


di kupang ntt gan bro..klo pengajuan SKRK prosedurnya gimana ribet ga ya? emoticon-Frown
gan, mau nanya donk, ane punya rumah dengan LT\LB:60 status tanah dah sertifikat, tetapi sewaktu bangun nga ada IMBnya dan sekarang ane mau renovasi tu rumah jd tingkat 2, kira2x kena biaya brp dah butuh waktu brp hari untuk pengurusan IMBnya, oh iya rmah ane di daerah pasar jumat, di belakang komplek polwan.
Gan mau tanya soal biaya imb, ortu ane punya rumah lama 6x16, mau di bangun 2 1/2 lantai.. kmaren ortu ane pergi tanya calo/biro jasanya bilang biayanya 40jt...dia bilang daerah ortu ane itu tanahnya buat peruntukan ruko jadinya mahal. dalam pemikiran ane rumah nya khan di dalam gang kok bisa disebut ruko, bukannya ruko itu berada di jalan2 besar yg bisa di lewatin rumah ya?? sebenar nya di bangun buat tinggal bukan buat ruko, oo iya daerah rumah nya di jakarta barat , tambora..

yang mau ane tanya, memangnya semahal itu ya buat imb nya?

Thankss
Diubah oleh Immortal_life
Quote:
klo d jkt buat imb retribusinya cm 25rb/m gan...sblm imb ada ippr n ipr dulu biaya cetak 13rb..ngurusnya skrng klo rmh tinggal d ptsp kecamatan..dijamin bebas pungli..

Gan ane ada rumah di kelapa gading dengan ukuran tanah 105 m2,
1. kalau ane bangun 3 lantai berapa total luas yang diperbolehkan? katanya ada KLB ya gan?
2. Kalau untuk bangun rumah kost, IMB rumah biasa atau ada IMB khusus untuk rumah kost?
Thanks
izin nyimak gan, kebetulan ane mau urus IMB
Quote:

sepangalaman sama ane gan dan jadi pelajaran banget, setelah beberapa kali transaksi jual beli tanah n bangunan (kemudian d jual lagi tanpa mau dibangun dulu). ane kemaren juga rada kecele. setelah beli, ane mau bangun, pas ke tata kota ternyata ada tanah yg kesunat lumayan besar.
pelajarannya adalah... lain kali sebelum transaksi jual beli tanah n properti. cek ke tatakota dulu untuk ricek peruntukan n blue print daerah tersebut untuk rencana panjang kota ke depan.

agan di kasi liat peta besarnya ngga? trus di cocokin sama lokasi tanah agan. klo ane di kasi liat peta besarnya, segede meja. blueprint wilayah itu keseluruhan.
Diubah oleh anakmeong
Mas dan mba mau nanya donk.. Saya tnggal diperumahan sdh terlanjur renov penambahan ruangan belakang rumah dan samping... Total sekitar 34m2. Dlu pnh nanya ke pemborong renovnya blang ga usah pke IMB... Nah stlh ane baca dsni agak was was jadinya. Dan pgn ane urus jg sih... Ada saran ga ya gmn harusnya saya? Atau kmna klo mau mngurusnya.thanksss
Quote:


Ya urus aja lagi gan..di update imb.nya..
Siap2 in dokumennya terutama gambar kondisi rumah sekarang..udh ada blm itu??
Quote:

Blm gan ..dokumennya sperti dokmen pngajuan imb biasa kan gan? Ini klo diurus telat gni kena denda ga ya? Siap siap aja sih..siapa tau dinakalin oknum jg
gan mau tanya, kebetulan sy urus imb di jaktim, kemudian keluar usulan bahwa pelebaran jalan 7m dan gsb 8 m sehingga total 15m, sedang panjang kavling tanah 27m, sehingga yg tersisa 12m, terus di belakang ngga boleh dibangun 3m, jadi total tersisia 9m.....ototmatis pemilik tanah sangat kecewa kemudian sy bantu cek ke dinas tata kota pusat dan ternyata benar memang sebesar itu pelebaran dan gsbnya

nah kira2 bgaimana solusinya jika kita ingin bangun bangunan kedepannya 7m saja (GSB8m kita abaikan) dgn beramsumsi pelebaran jalan entah kapan akan di realisasikan karna kata pemilik sudah 20 tahun ngga ada wujud pelebarannya,

kira2 adakah solusi dari masalah ini, mohon bantuannya yah teman2...terimakasih banyak
Quote:


yg ane tau GSB sudah harga mutlak, ada dalam perda bangunan, fungsinya kenyamanan, keamanan, keandalan, de el el.

kecuali peruntukannya perdagangan. ga ada gsbnya.

kan ada KLB, bisa ditingkatkan bangunannya gan.
Gan rumah ortu lagi dibangun dan IMB kita minta urusin kontraktor juga, setelah jalan 7 bulan rumah itu dibangun sudah 80%, trus saya minta IMB nya, kontraktor bilang kalo IMB belum diambil. lalu ane tanya kalo udah 7 bulan ga masuk akal kalo belum diambil.
Kemudian dia jawab begini: "Kalo ga diurus ga bakal ada plang kuning, saya emang biasanya ambil kalo udah selesai rumahnya, kalau diambil duluan kalo ada apa2 biasanya minta duit lagi"

Apa benar yang dikatakan kontraktor tersebut? atau itu hanya alasan saja.
Apa bisa IMB diambil setelah berbulan2 atau bahkan 1 tahun kemudian, sedangkan plat kuning sudah diambil?

Mohon pencerahannya gan, takut ditipu kontraktor nih

Quote:


Klo ada pelebaran jalan gt apakah tanah kita diganti gan? Masa rmh bokap ane panjg 20 meter jd tgl 2 meter gr2 mau ada pelaksanaan pelebaran jln.dijual dah murah2
Mau nanya gan
Kalo mau tau KDB ama GSB dan peraturan lain buat daerah cipinang, jakarta timur,.. Nanya nya kemana ya?

Makasih
Quote:


seaching aja perda 1/2014 ttg RDTR PZ disitu ada lampiran 3 peta zonasi seluruh DKI emoticon-Big Grin
Quote:


Thx gan.. Dah diliat, dibaca.. Cuma dibilang daerah rumah saya yg termasuk zona rumah sedang.. Di keterangannya ga dibilang berapa persen. Di buku itu cuma dibilang zona sedang-tinggi, kdb di atas 30%.. Kl mau tau pastinya, kemana ya?

Quote:


ini dia gan masalah kalo IMB emoticon-Ngakak mau ijin ada di jalur benar, malah dipalakin, kayak beli oli aja, mulusin gitu..
Halaman 32 dari 40


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di