vision.gadgetAvatar border
TS
vision.gadget
[ Lagi-lagi BLUNDER ] KPPU: Kebijakan Tarif Bawah Penerbangan Rusak Struktur Pasar
KPPU: Kebijakan Tarif Bawah Penerbangan Rusak Struktur Pasar



Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai kebijakan Kementerian Perhubungan menetapkan tarif bawah dalam industri penerbangan tak hanya bertentangan dengan komitmen pemerintah dalam menciptakan persaingan usaha yang sehat tetapi juga merusak struktur pasar.

"Kebijakan tarif batas bawah di industri penerbangan justru memperparah inefisiensi dan merusak daya saing di pasarnya. Hal ini kan justru berseberangan dengan RPJMN yang disusun pemerintah juga" ujar Ketua KPPU Nawir Messi di kantornya, Senin (26/1).

Nawir berkeras kebijakan tarif bawah di industri penerbangan lebih banyak imbas negatifnya ketimbang dampak positifnya. Bahkan ia menilai efek negatifnya bisa merembet ke aspek lainnya.


"Dampaknya bagi pemain yang pangsa pasarnya kecil ya mereka tak bisa berkompetisi dengan pelaku yang besar. Selain itu bagi konsumen, akses dalam menggunakan jasa penerbangan juga semakin terbatas. Bahkan aspek lain juga bisa ikut terpengaruh seperti pariwisata, khususnya pariwisata domestik," tuturnya.

Menurut Nawir, banyak alternatif upaya yang bisa dilakukan pemerintah dalam melindungi operator-operator penerbangan dari segi operasional ketimbang menerapkan tarif batas bawah.

"Kalau mau melindungi perusahaan penerbangan, jangan atur tarifnya. Tapi atur dari beban inputnya, seperti kebijakan diskriminasi harga avtur" tambah Kepala Komisi Hubungan Masyarakat dan Hukum Syarkawi Rauf.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Menteri Perhubungan membuat peraturan dimana tarif batas bawah bagi seluruh maskapai penerbangan harus sebesar 40 persen dari patokan tarif batas atasnya. Alasannya adalah untuk memberikan ruang finansial yang lebih untuk meningkatkan standar keselamatan operasional.

Sumber: CNNindonesia

Lagi dan Lagi Mentri BLUNDER emoticon-Cape d... (S)
Akibat JHONAN Grask-Grusuk gak pakai MIKIR emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh vision.gadget 26-01-2015 08:59
0
1.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan