Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

scarliegieAvatar border
TS
scarliegie
7 desa unik dan aneh di Indonesia
7 Desa Unik dan Aneh di Indonesia




Keberadaan Dusun Teletubbies di Ngelepen, Prambanan ini tidak bisa dilepaskan dari bencana gempa bumi besar yang sempat meluluhlantakan Yogyakarta pada 27 Mei 2006. Kala itu, ada satu daerah perbukitan yang mengalami kerusakan total yakni Dusun Sengir, dimana tanah kampungnya sempat ‘ambles’ sampai enam meter lebih. Karena sudah tidak layak huni lagi, warga Dusun Sengir direlokasi ke perkampungan baru, yang kini dikenal sebagai new Ngelepen.

Pemerintah waktu itu bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW) untuk membuat hunian desa baru dengan konsep rumah domes. Setidaknya ada 71 bangunan dome di Ngelepen. Tiga diantaranya berfungsi sebagai bangunan public seperti Mushola, Taman Kanak-kanak dan rumah bidan. Dari luar memang terlihat sangat sempit, tapi ketika masuk kedalam ternyata bangunan dome memiliki 2 lantai.
Sumber: http://www.backpackinmagazine.com/de...ulat-dan-unik/[/QUOTE]



Pekerja keras dan tanpa menyerah dalam kondisi apapun dan di manapun sudah bukan rahasia lagi. Namun berbeda dengan kenyataan yang disandang warga Desa Pragaan Daya Kecamatan Pragaan Sumenep.

Desa yang terletak 45 Km dari kota ke arah barat itu berpenduduk 3.500 kepala keluarga (KK) atau 9.567 jiwa. Dari jumlah penduduk yang ada itu, 80 persen menjadi pengemis (peminta-minta).

Tak ayal, jika desa itu mendapat julukan kampung pengemis dan menjadi pusat perhatian para peneliti, akademisi dan media massa meski tidak semudah yang dibayangkan untuk masuk ke desa tersebut.

Setiap orang yang masuk perkampungan pengemis itu tidak akan percaya bila warganya menjadi pengemis. Selain tidak ada rumah gedek (Rumah anyaman bambu), kendaraan sepeda motor juga ramai terlihat lalu lalang.
Sumber: http://news.detik.com/surabaya/read/...-ke-kedokteran[/QUOTE]



Sebuah perkampungan yang warganya mengalami kelainan fisik ditemukan di Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Bone, Sulawesi Selatan. Di sana, puluhan penduduknya menderita kelainan di jari kaki dan tangan. Mulai dari lanjut usia hingga bawah lima tahun, jari-jari mereka terbelah menjadi dua hingga mirip capit kepiting.

Di Dusun Ulutaue, baik anak-anak maupun dewasa memiliki jari terbelah dua dan terkadang hanya memiliki tiga ruas jari. Alhasil, jika difungsikan, jari mereka mirip dengan kepiting. Fenomena tersebut mereka anggap sebagai kutukan bagi mereka yang berasal dari garis keturunan yang sama.
Sumber: http://news.liputan6.com/read/319289...ngquot-di-bone[/QUOTE]



Sekilas, Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, tak begitu berbeda dengan desa-desa lain. Alamnya cukup subur. Rata-rata penduduknya bekerja sebagai buruh tani dengan penghasilan Rp 300 ribu - Rp 400 ribu per bulan. Tapi, yang membedakan desa itu dengan desa kebanyakan adalah kondisi warganya.

Kondisi warga desa itu cukup memprihatinkan. Ada 19 orang idiot dan 91 orang cacat fisik. Yang paling menyedihkan, 62 warga didiagnosis schizophrenia (orang umum melihatnya sebagai gila alias sinting, Red). "Kemungkinan bisa bertambah. Sebab, yang sebelumnya terlihat normal-normal saja tiba-tiba besoknya bisa terkena (schizophrenia)," kata Kepala Desa Paringan M. Sarfin
Sumber: http://www.jpnn.com/read/2011/06/05/...Schizophrenia-(Gila)-[/QUOTE]



Selain Desa Gila, di Ponorogo ternyata juga ada Desa Idiot. Ada sebanyak 503-an orang yang tinggal di empat desa ini yaitu, di Desa Krebet dan Sidoarjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, dan Desa Karangpatihan serta Desa Pandak, Ponorogo. Mereka tidak bisa diajak komunikasi atau bahkan menjalani hidup, seperti manusia normal.

Bahkan Mayoritas warga idiot ini berusia produktif yaitu 30 hingga 40 tahun ke atas, dan sebagian kecil lagi adalah usia balita hingga dewasa. Faktor genetik, perkimpoian sedarah, kurang gizi dan lingkungan menjadi penyebab mereka terpinggirkan.

Salah satu di antaranya ada yang hanya makan daun-daunan dan tinggal dalam pasungan selama 20 tahun, di rumah yang beratap jerami dan beralaskan tanah. Semua aktivitas hidup dijalaninya di lokasi pemasungan yang berada di belakang rumah. Samiun namanya, dia berumur 25 tahun dan tinggal bersama neneknya Mariyem. Samiun dipasung karena selain idiot, juga karena selalu ingin menabrakkan diri terhadap apa saja yang ditemuinya.
Sumber: http://news.okezone.com/read/2011/05...ot-di-ponorogo[/QUOTE]



Sekilas tidak ada yang berbeda dengan dusun-dusun lain. Mayoritas rumah warga sudah beratap genting dengan dinding batu bata. Pasokan listrik pun cukup memadai. Hampir setiap rumah memiliki televisi dan lemari pendingin. Jalanan dusun juga beraspal.

Yang membedakan Kasuran dengan dusun yang lain adalah kepercayaan dan kebiasaan penduduknya. Meski bernama Kasuran, hampir tidak ada penduduk dusun itu yang tidur beralas kasur. Mereka tidur di atas dipan kayu atau hanya di atas tikar. Hanya segelintir penduduk yang memakai kasur busa.
Sumber: http://www.jpnn.com/read/2012/01/03/...Tidur-di-Kasur[/QUOTE]



Bayangkan Anda berada dalam suatu pedesaan yang bersih, berudara segar dan bebas asap rokok. Ini bukan khayalan. Anda bisa langsung berkunjung ke Desa Bone-bone di Enrengkang, Sulawesi Selatan.

Tanggal 31 Mei bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Saat ini, mungkin sulit untuk menemukan tempat yang bebas asap rokok. Bahkan, tempat wisata pun hampir semuanya dikunjungi dan memperbolehkan wisatawannya untuk merokok. Tetapi tidak dengan Desa Bone-bone di Enrengkang, Sulawesi Utara.

Diintip dari situs resmi Dinas Kesehatan Pemprov Sulawesi Selatan, Kamis (31/5/2012), Desa Bone-bone yang terletak di lereng Gunung Latimojong, Kabupatena Enrekang, Sulawesi Selatan merupakan desa bersih. Mengapa bersih? Desa ini melarang warga dan siapa saja yang datang untuk merokok, turis sekalipun.
Sumber: http://travel.detik.com/read/2012/05...bas-asap-rokok[/QUOTE][/QUOTE]

0
6.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan