AreM823Avatar border
TS
AreM823
Artikel The New York Times: Jadi Sandera Politik, Jokowi Mulai Kehilangan Kilaunya
New York - Kiprah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai tidak independen juga menjadi sorotan media asing. Salah satunya The New York Times yang menyebut sosok Jokowi mulai kehilangan kilaunya.

Dalam artikel yang ditulis koresponden The New York Times Joe Cochrane berjudul 'For Indonesians, President’s Political Outsider Status Loses Its Luster', dijabarkan berbagai kebijakan dan keputusan Presiden Jokowi yang justru merusak citranya sendiri.

Artikel itu terbit di edisi cetak Minggu 18 Januari 2015 dan menjadi pembicaraan di twitter Jumat (23/1/2015), sosok Jokowi disebut sebagai 'political outsider' yang menjanjikan pemerintahan yang merakyat atau 'people-centric politics' ketika dia terpilih menjadi Presiden RI.

Political outsider merupakan sebutan bagi seseorang yang memegang jabatan penting yang mampu mengguncang sistem yang sudah ada, mengubah hal yang tak bisa diubah serta memberi angin segar dan membawa harapan bagi konstituennya.

Menurut artikel tersebut, para pendukung Jokowi sangat mengharap keajaiban sedangkan lawan politiknya meyakini pemerintahan Jokowi tidak akan bertahan hingga setahun. Baru 3 bulan atau nyaris 100 hari Jokowi menjabat, harapan pendukung maupun lawan politiknya belum bisa terbukti benar atau salah.

Menurutnya, satu-satunya yang bisa ditebak dalam dunia politik di Indonesia adalah ketidakpastian itu sendiri. Meskipun kini, kiprah kepemimpinan Jokowi mulai menunjukkan kekecewaan bagi para pendukungnya.

The New York Times menyebut, kekhawatiran persoalan politik dalam pemerintahan Jokowi justru terletak pada koalisinya sendiri. Hal ini dikaitkan dengan penunjukan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon tunggal Kapolri pada 9 Januari lalu yang menjadi kontroversi.

http://news.detik.com/read/2015/01/2...launya?9911012
0
11.1K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan