CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Teknik Memotret Bintang dan Milky Way ternyata gampang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5447e0e7507410b6538b456e/teknik-memotret-bintang-dan-milky-way-ternyata-gampang

Teknik Memotret Bintang dan Milky Way ternyata (ga) gampang!

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Quote:


fotonya bagus gan, justru dengan adanya awan tu foto jd lebih dinamis dan 3 dimensi. . . . menurut ane sih. . .
waaah..boleh dicoba ni nanti emoticon-Matabelo
mau numpang tanya mas, untuk moto bintang kan bukaan lensa bakal lama bahkan sangat lama..
itu ada efek samping ke umur atau ke kondisi kemare gak ya ?
saya pengen banget coba konsep foto ini tapi takut efek sampingnya ke kamera ? soalnya untuk beli kamera ini butuh nabung keringet darah hahah..... (alay dikit)
Quote:


thanks gan emoticon-Malu (S) semoga bermanfaat yaa

Quote:


waaaaah keren nih gan emoticon-Matabelo ane juga harus coba nih! thanks gan udah share saran dan fotonya emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:


emoticon-Jempol makasih gan tambahannya
Diubah oleh hnaa
Quote:


kalau udah coba, jangan lupa share pengalaman dan fotonya yak gan emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:


ga ada efek samping ke kamera koq gan, cuma makan batre ajh emoticon-Blue Guy Peace yang penting selalu di maintenance kamera nya.
awww 60 sec yah emoticon-Matabelo
thanks gan
ane gagal gann.. tolonggg.. ane pke Nikon sih.. max speed 30".. dan tungsten ga ada.. ane bukaan mentok 3.5.. ane coba 3.5 speed 30" awb auto.. hasilnya putih doank gan -_-... kek over bet.. ane foto d daerah atas padahal.. iso 6400 sama hi1.. ane coba smua.. kok ga bias yah ?
upppp
Quote:


kalau secara teknik agan bisa improvisasi sendiri pokonya setting kameranya supaya bisa nangkep cahaya sebanyak-banyaknya. yang paling penting sih cek keadaan langitnya dan jangan sampai ada polusi cahaya, bagus kalau agan udah cari ke daerah atas, tapi pastiin langit ga ketutup awan, karena nanti jadi distraction fokusnya.

dicoba terus ya gan emoticon-I Love Kaskus (S)
saran gan, tiap motret objek langit itu ada itungan shutter speed tergantung lensa dan bukaan yang dipake. tujuan itungan itu biar foto ga keliatan goyang karena efek rotasi bumi hehe. kalau liat di foto agan kan masih keliatan goyang, mungkin kalau shutter speednya dipasin sama itungan itu nanti hasilnya jadi lebih bagus lagi. saran aja, ane juga masih newbie kok hehe
shutter 30s udah bisa gan iso 3200 juga bisa yg penting shutter lama
Quote:


30 bisa gan
Quote:


iya kebetulan kamera ane mentok jg cm 30" gan.. emoticon-Matabelo
wah mantap sih. kapan kapan coba ah.
Quote:


shutter speed tergantung keadaan sekitar, bukaan dan iso gan, kalo misal keadaan udah cukup terang, kalo shutter speednya kelamaan, iso kegedean dan bukaannya juga gede (F/2) bakal over-exposure nantinya, jadi kembali ke keadaan sekitar, buat awal2 menurut ane pake aperture mode dulu aja gan, jadi bisa belajar buat ngature speednya nanti.

misal agan pake f/2, kalo pake aperture mode, nanti dia menyesuaikan dengan speednya, klo maksimum 30s (rata2 segitu sih) dan angkanya warna merah, itu artinya ati2 over exposure (CMIIW), agan bisa adjust di isonya, mungkin bisa dikurangin isonya dari 3200 jadi 2500 atau 2000, di test aja, karena agan mesti ngitung cahaya dari kota misalkan agan ada di daerah perkotaan.

semoga membantu gan, salam jepret!
sebenernya saya lebih bingung bagaimana cara mendeteksi milky way pada langit sih
jadi gini permasalahannya, memang dewasa ini banyak aplikasi yang bisa membuat kita mengetahui posisi milky way, stellarium atau night sky di iphone. namun masalahnya apabila kita berada di atas gunung, masa iya kita naik gunung mau bawa laptop untuk liat aplikasi stellarium. kemudian di gunung juga tidak ada sinyal untuk menggunakan aplikasi night sky.
pertanyaannya adalah, sebenarnya bagaimana sih cara agan-agan disini mendeteksi milky way tersebut, terutama tanpa bantuan peralatan digital?

terimakasih emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


ganteng gan... mantaappppp emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

ini pertama kalinya motret milky way
Spoiler for Nikon D3100 kit lens 18-55mm 30 sec:

Quote:


Idem Gan.....saya antri nyimak
saya pernah baca (lupa sumbernya) waktu yang ideal untuk moto Milky Way di Indonesia adalah antara bulan April sampai Agustus....katanya....dan Posisi Milky Way kalau sekitar bulan Agustus katanya lagi....ada di Selatan....Jadi berdasarkan ini kalau moto MW misal di bulan Agustus camera kita arahin saja ke arah selatan.....atau mungkin apakah secara visual tanda tanda bintang di langit bisakah dijadikan acuan..????

Quote:


halo gan, coba bantu jawab ya,

pendeteksian milky way sebenernya gampang2 susah sih gan haha, gue juga gak pake apps kok, karena milky way bisa dilihat dengan mata kita sendiri jika :

1. tidak ada polusi cahaya
2. keadaan langit sedang cerah/ tidak ada awan
3. tidak sedang dalam keadaan bulan purnama
4. bisa lihat prakiraan cuaca sebelumnya
5. kalo misal diatas gunung, seharusnya polusi cahaya dari kota sedikit, dan jika memang keadaan hari itu cerah seperti yang gue sebutin diatas, seharusnya keliatan gan

experience gue dia kali liat milky way pertama pas di gurun sahara - marocco
yang kedua di pulau santorini, saat di pulau santorini cahaya kota tidak terlalu terang dan keadaan langit sedang cerah.

intinya bisa liat prakiraan cuaca sebelumnya gan, toh namanya alam juga gak ada yang bisa prediksi secara pasti. (CMIIW)
Halaman 3 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di