TyrantsAvatar border
TS
Tyrants
[Ajang Lahan Korupsi Baru!!]Menteri ESDM: Bangun Pembangkit Listrik Tak Perlu Tender
Menteri ESDM: Bangun Pembangkit Listrik Tak Perlu Tender

TEMPO.CO, Brebes - Dengan alasan kebutuhan listrik sudah sangat mendesak, percepatan pelaksanaan proyek pembangkit listrik bisa dilakukan dengan penunjukan langsung. “Tidak melalui proses tender,” ujar Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said seusai menghadiri Sarasehan Hari Jadi Kabupaten Brebes ke 337 di Pendopo Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu, 17 Januari 2015.

Mencegah terjadinya praktik lancung dalam mekanisme penunjukan langsung tersebut, pemerintah dan PT PLN akan menunjuk independent procurement agent (IPA) atau agen pengadaan yang independen.

Selain mengawasi secara ketat proses penunjukan langsung, IPA juga bertugas mengevaluasi calon investor yang akan menanamkan modal dalam rencana besar penambahan kapasitas listrik Indonesia. “Jadi tidak asal investor bisa masuk. Musti dicek dulu kinerjanya, punya uang atau tidak, dan lain-lain,” ujar Sudirman.

Untuk membangun pembangkit listrik yang menghasilkan 35 ribu megawatt, Sudirman mengatakan, PT PLN mendapat jatah pembangunan sebanyak 10 ribu megawatt. Adapun sisanya sebanyak 25 ribu megawatt dikerjakan swasta (independent power producer).

Sudirman menjelaskan, dari rencana penambahan kapasitas listrik sebanyak 35 ribu megawatt pada periode 2015-2019, 7.000 megawatt di antaranya akan terealisasi pada akhir tahun ini. “Kebanyakan di Sumatra dan satu-dua di Kalimantan,” katanya.

Adapun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang yang berkapasitas 2 x 1.000 megawatt, Sudirman memperkirakan akan beroperasi sekitar dua atau tiga tahun lagi.

DINDA LEO LISTY
--------------------------------------
Semua dianggap darurat.....PLT Kapolri juga darurat....emoticon-Big Grin
PLN tender juga darurat.....

Bancakan....yo...bancakan

Karena kita adalah....JAS MERAH emoticon-army:
0
2.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan