Evolusi Mobil Toyota Dari Tahun ke Tahun Gan! Nggak Nyangka Sekeren Ini!
TS
samuelmariobros
Evolusi Mobil Toyota Dari Tahun ke Tahun Gan! Nggak Nyangka Sekeren Ini!
Quote:
Dari jaman ane kecil di era 90-an, ini mobil udah banyak beredar di Indonesia gan.
Sebenernya, ini sempet dibahas di salah satu kelas di kuliah ane gan. Karena keliatannya menarik, ane coba share di kaskus.
Nggak bisa dipungkiri gan, mobil yang satu ini emang udah jadi salah satu saksi bisu perkembangan bangsa Indonesia. Mulai dari 40 tahun lalu, merek mobil Toyota udah seliweran di Indonesia.
Quote:
Kalo disingkat, sejarah mobil Toyota dari 40 tahun lalu kayak gini gan:
PT Toyota-Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971. Peranan TAM semula hanya sebagai importir kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Pada tanggal 31 Desember 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan antara lain :
PT Multi Astra (pabrik perakitan, didirikan tahun 1973)
PT Toyota Mobilindo (pabrik komponen bodi, didirikan tahun 1976)
PT Toyota Engine Indonesia (pabrik mesin, didirikan tahun 1982)
Gabungan semuanya diberi nama PT Toyota-Astra Motor. Merger ini dilakukan guna menyatukan langkah dan efisiensi dalam menjawab tuntutan akan kualitas serta menghadapi ketatnya persaingan di dunia otomotif.
Selama lebih dari 30 tahun, PT. Toyota-Astra Motor telah memainkan peranan penting dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia serta membuka lapangan pekerjaan termasuk dalam industri pendukungnya. PT. Toyota-Astra Motor telah memiliki pabrik produksi seperti stamping, casting, engine dan assembly di area industri Sunter, Jakarta. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kemampuan produksi, pada tahun 1998 diresmikan pabrik di Karawang yang menggunakan teknologi terbaru di Indonesia.
Spoiler for Mobil Toyota Yang Pertama Kali Nongol :
Nah, agan tau nggak mobil Toyota pertama yang nongol di Indonesia? Gambarnya ini gan:
Quote:
Setelah 10 tahun revolusi, di tahun 1970, ada kebutuhan kendaraan bermotor di Indonesia gan.
Nah, waktu itu, toyota mensupplai tiga model pick-up di tahun 1977. Ada Hi-Ace, Hilux dan Kijang pick-up (PU). Uniknya, ketiga model ini muncul di tahun bersamaan yaitu 1977.
Spoiler for Model Yang Dulu Paling Laris Gan:
Quote:
Dari ketiga model tersebut, Hi-Ace menduduki posisi teratas karena kemampuan daya angkutnya yang terbesar. Dengan bak berukuran besar, desain cab-over, mesin tangguh, serta daya jelajah tinggi menjadikan Hi- Ace sebagai idola dalam sektor kendaraan niaga. Mesin digunakan adalah tipe 12R berkapasitas 1.600 cc. Tahun 1977 Hi-Ace dijual dengan harga Rp 1,89 juta.
Spoiler for Kijang Pertama:
Toyota Kijang Pertama
Quote:
Masih kotak kaku. Belum sekeren sekarang gan. Cuma kalo pas 40 tahun lalu, kalo pake mobil ginian, agan udah jadi kayak juragan-juragan besar jaman sekarang gan
Diperkenalkan pertama kali pada 9 Juni 1977 dalam bentuk yang sangat sederhana. Pickup kotak berpintu setengah, dengan jendela samping terbuat dari terpal dan plastik. Engsel pintunya tampak dari sisi luar. Generasi dengan kode KF10 ini menggunakan mesin tipe 3K berkapasitas 1.200 cc, seperti mesin Corolla. Transmisi yang digunakan 4 percepatan.
Kijang generasi pertama ini terkenal dengan julukan Kijang Buaya, karena kap mesin yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang Buaya ini sudah mampu merebut hati masyarakat Indonesia. Ini terbukti dari angka penjualannya yang mencapai 26.806 unit hingga diluncurkan generasi selanjutnya.
Spoiler for Jadi Angkot Gan :
Karena dirasa berguna, mobil Toyota makin banyak diminati masyarakat gan. Nggak Cuma buat angkutan pribadi, tapi juga buat jadi angkutan umum. Kayak ini:
Quote:
Mobil toyota yang punya ketahanan dan mesin keren bikin mobil ini dilirik pengusaha angkutan umum. Tidak butuh waktu lama bagi Kijang untuk segera terlihat di terminal-terminal utama Ibukota setelah peluncurannya. Awalnya hadir versi beratap dengan boks mirip rumah, berikutnya tampil wujud mirip minibus konvensional.
Menariknya, penggunaan angkutan perkotaan (angkot) tidak sampai merusak image Kijang. Justru, hal ini membuktikan bahwa Kijang adalah sosok tangguh, bandel, efisien dan mudah perawatannya. Tanpa parameter tadi, tidak mungkin ada pengusaha angkutan yang memilih Kijang sebagai periuk nasinya.
Seperti pepatah every beginning has its end, kisah jaya Kijang sebagai penggerak perekonomian harus berakhir pada 2006, dua tahun setelah model Kapsul digantikan Kijang Innova. ‘Injury time’ ini muncul sebagai akibat permintaan pasar yang tak mau pindah ke lain hati. Sampai akhirnya PT TAM menyiapkan model pengganti tak kalah sakti dalam sosok Hilux.
Seiring berkembangnya waktu, Toyota Kijang buat angkot dipensiunkan gan.
Spoiler for Mobil Toyota Generasi Sekarang:
Buat Gantiin Kijang PU yang tadinya satu basis dengan model penumpang dipensiunkan, akhirnya toyota merilis toyota kijang berlabelkan Kijang Innova, kendaraan legendaris ini memfokuskan diri pada model MPV.
Sementara predikat kendaraan pengangkut barang dikembalikan pada Hilux medio 2006. Ini penampakanya gan:
Quote:
Sumber: Modul Kuliah, diskusi temen-temen ane, dan ceramah dosen.
Sebenernya, ini Cuma rangkuman kecil ane dari perjalanan toyota yang udah 40 tahun ada di Indonesia gan.
Agan sendiri, pasti punya banyak cerita yang ada hubungannya sama mobil Toyota dari tahun ke tahun.