CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Budaya Di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54b74eba14088df03f8b4575/penyebab-terjadinya-keanekaragaman-budaya-di-indonesia

Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Budaya Di Indonesia

--- Terima Kasih Sudah Membaca Gan ---
Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Budaya Di Indonesia
Image Courtesy of embassyofindonesia.com

Indonesia memiliki banyak kebudayaan, tapi apa penyebabnya ya Gan? Nah, Ane kali ini mau membahas penyebab terjadinya keanekaragaman budaya di Indonesia. Apa saja sih penyebabnya, Cekidot :

1. Tempat Tinggal

Dimana seseorang itu tinggal, mempengaruhi suatu kebudayaan yang mereka jalani.

Misalnya seseorang yang tinggal di daerah pantai mata pencaharian hidupnya tidak mungkin mencari teh karena tidak sesuai dengan tempat tinggalnya.

2. Pengaruh Dari Luar

Pengaruh dari luar ini tidak terbatas.

Misalnya bagi daerah Jawa Tengah, lalu terpengaruh oleh Jawa Timur. Bagi Jawa Tengah, Jawa Timur itu termasuk pengaruh dari luar. Namun, pengaruh dari luar ini juga termasuk pengaruh dari bangsa asing yang dulu memang pernah menjajah Indonesia. Misalnya di Indonesia bagian timur banyak yang menganut agama kristen, sedangkan di bagian barat banyak yang menganut agama islam karena terpengaruh Turki.

3. Iklim

Iklim juga mempengaruhi kebudayaan yang dijalani oleh masyarakat. Hawa dan suhu lingkungan juga dapat menentukan apa yang kita lakukan.

Misalnya, bagi orang-orang yang tinggal di daerah Eropa, udara disana dingin, sehingga mereka membutuhkan sesuatu yang dapat menghangatkan badannya, salah satunya dengan meminum alkohol. Sedangkan di Indonesia hal tersebut dilarang untuk dilakukan, karena Indonesia beriklim tropis sehingga udaranya tidak terlalu dingin dan juga terkadang tidak begitu panas, sehingga memang tidak membutuhkan alkohol untuk dikonsumsi.

4. Turunan Nenek Moyang

Turunan dari nenek moyang ini, atau bisa katakan semacam tradisi yang diturunkan kepada setiap anggota keluarganya.

Misalnya bahasa Jawa yang berbeda-beda, walaupun namanya itu sama-sama bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan keturunan dari nenek moyang kita yang terdahulu. Mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa tersebut sehingga dari generasi ke generasi bahasa yang digunakan berbeda-beda, walaupun biasanya tingkat kekentalan berbahasa daerah itu semakin berkurang.

5. Mobilisasi

Mobilisasi ini dapat menciptakan budaya baru.

Misalnya ada orang Jawa yang tinggal di Palembang. Sehingga apa yang ada disuku Jawa orang tersebut di gabungkan dengan apa yang ada di Palembang, sehingga terbentuk budaya baru (terjadi akulturasi).

6. Jarak dan Lingkungan

Ketika terjadi jarak dan lingkungan yang berbeda maka juga terjadi perbedaan budaya.

Misalnya budaya didaerah Sumatera Utara berbeda dengan budaya di daerah Jawa Timur. Bahkan hal ini juga bisa terjadi didalam satu rumah, misalnya kebiasaan si adik dan si kakak dikamar mereka masing-masing.

7. Kepercayaan

Kepercayaan juga mempengaruhi kebudayaan. Misalnya di daerah Bali kebanyakan menganut agama Hindu, sedangkan di Medan banyak yang menganut agama kristen. Ritual-ritual dan upacara agama yang dilakukan disetiap daerah tersebut berbeda-beda, dan hal ini karena dipengaruhi oleh perbedaan kepercayaan.

Ada juga yang disebut dengan daerah kebudayaan yaitu penggabungan atau penggolongan dari suku-suku bangsa yang beragam kebudayaannya, tetapi mempunyai beberapa unsur dan ciri mencolokyang serupa. Penggolongan beberapa kebudayaan dalam suatu daerah kebudayaan dilakukan berdasarkan atas persamaan ciri-ciri yang mencolok. Tidak hanya dari ciri-ciri fisik (misalnya alat-alat berburu, alat-alat bertani, senjata), tetapi juga unsur-unsur kebudayaan yang lebih abstrak dari sistem sosial atau sistem budaya (misalnya unsur-unsur organisasi kemasyarakatan, sistem perekonomian, upacara-upacara keagamaan, ataupun adat istiadat).

--------------------------------------------------------

Kebudayaan memang beraneka ragam, tetapi perbedaan itulah yang membuat kebudayaan itu menjadi unik dan khas Gan.

Kebudayaan yang sekarang masih ada ini, harus dapat kita lestarikan bersama agar dapat tetap terus ada dan tidak hilang.

Sekian dari Ane, sampai ketemu lagi di thread Ane berikutnya.

Semoga bermanfaat.
Halaman 1 dari 2
Mobilisasi dan Nenek Moyang yang utama gan emoticon-Cendol (S)

CMIIW
Quote:


Yap bener...itu namanya Budaya !
baru tau ane nice info

Quote:
Diubah oleh gilaerkah82
ada juga asimilasi dengan budaya luar , kayak betawi asimilasi antara cina sama arab kalo gak salahemoticon-Bingung (S) . dari segi kuliner juga banyak terjadi asimlasi contoh kayak klappertart, bir pletok, serabi(pancake emoticon-Bingung (S)), pempek, dll cmiiw
tritnya bagus gan, klo bisa dirapihin dikit mungkin bisa jadi HT nih emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


setuju sama ente gan.. emoticon-I Love Indonesia
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Rapihin lagi gan Threadnya gan, pembahasannya menarik, moga bisa HT. Aku Cinta Indonesiaaaaaa
emoticon-I Love Indonesia emoticon-Matabelo emoticon-I Love Indonesia
nice info gan...inget pljran antropologi.
ksh mulustrasi lbh keren gan emoticon-thumbsup
ini kaya pelajaran senibudaya ane waktu smk gan
Berbeda beda tetapi tetep satu jua emoticon-Malu
Kulinernya gan emoticon-Request
penyebabnya mungkin gara2 indonesia negara kepulauan gan, jadi kebanyakan pulau banyak suku & budaya...
berbagai aspek dari iklim sampai pengaruh luar dapat berpengaruh terhadap budaya
Quote:


setuju gan
ane bangga dengan keanekaragaman budaya kita gan
Quote:


sama gan ane juga bangga
tarian dan kuliner emoticon-I Love Indonesia (S)
pejwan ane GEMBOK
Keanekaragaman di Indonesia sudah Ada jauh2 hari gan, sejak Jaman kerajaan Hindu Kali.
Dulu Nusantara Ini terkenal dengan sebutan jagoan2 Dari banyak pulau.
Nah para jagoan2 Ini dulunya terpisah2 membentuk kerajaan Dan kebudayaan sendiri2 di masing2 daerah nya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di