Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RajaBolonAvatar border
TS
RajaBolon
[Jgerrrrrrrrrrrrrrr!!] DPR Putuskan Tak Cari Pengganti Busyro, KPK Dipimpin 4 Orang
DPR Putuskan Tak Cari Pengganti Busyro, KPK Dipimpin 4 Orang



Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat paripurna DPR, Kamis (15/1), memutuskan untuk menunda pemilihan pimpinan KPK yang baru. Artinya, pimpinan KPK hanya akan berjumlah empat orang dari semula lima hingga masa tugasnya habis pada Desember 2015.

Keputusan untuk menunda pemilihan pimpinan KPK itu diambil setelah mendengarkan pemaparan Komisi III DPR terkait pemilihan calon pimpinan KPK.

"Berdasarkan hasil pembahasan Komisi III, maka DPR RI menetapkan proses pemilihan pimpinan KPK pengganti Busyro Muqoddas ditunda dan akan dilakukan bersamaan dengan pemilihan empat pimpinan lain," ujar pimpinan rapat, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, di hadapan paripurna.

Sesungguhnya tidak semua anggota DPR yang hadir di paripurna menyetujui keputusan tersebut. Ada satu fraksi yang menyatakan tidak sepakat dengan keputusan itu, yakni Demokrat.

Benny K. Harman, Wakil Ketua Komisi III dari Demokrat, menyatakan akan ada ketimpangan hukum apabila KPK hanya dipimpin empat orang. "Pembuat Undang-Undang KPK dengan sengaja menegaskan lima slot pimpinan itu wajib untuk dipenuhi," kata Benny.

"Konsekuensi hukum yang akan terjadi jika lima pimpinan itu tidak dipenuhi adalah mereka tidak diperkenankan mengambil keputusan. Akibatnya putusan yang diambil tidak sah dan tidak berkekuatan hukum," lanjut Benny.

Benny berargumen, KPK akan kehilangan legalitasnya untuk mengambil keputusan hukum sejak pimpinannya hanya berjumlah empat orang. Sayangnya keberatan Partai Demokrat tersebut tidak berpengaruh banyak karena mayoritas anggota DPR yang hadir tetap menyetujui penundaan pemilihan pimpinan KPK.

Desember 2014, masa tugas Busyro Muqoddas habis dan mengharuskan DPR mencari penggantinya. Dua nama yang diajukan oleh panitia seleksi, Robby Arya Brata dan Busyro Muqoddas, telah melaksanakan tes uji kelayakan dan kepatutan yang digelar oleh Komisi III DPR RI.
(pit/agk)

http://www.cnnindonesia.com/politik/...impin-4-orang/

Kan...kan...kan......., apa kata abang, yang pengen liat KPK mandul siapa kan.... Pantes aja kualitas fit & proper test kemarin kaya gitu, ngeyel bilang "bermasalah" tapi prosesnya tetep dilanjutin, eh malah disahkan pula .. Hadeduuhhhh.
Diubah oleh RajaBolon 15-01-2015 05:59
0
1.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan