Dear Sony Xperia serta agan dan aganwati sekalian,
Perkenalin gan nama ane Paksi Reza , ane ini sebiji dari sekian umat manusia yang demen make produk produk sony gan cuma baru kali ini ane nemuin pelayanan after sales terburuk . Ya walaupun ane baru pertama kali klaim garansi, maklum gan ane orangnya apikan . Ane beli produk Sony Xperia M2 dual pas tanggal 2 September 2014.
Singkat cerita Sony Xperia M2 Dual punya ane nih gan punya cacat kayaknya nih gan dan beneran pas tanggal 28 Oktober 2014, belom genap 2 bulan handphone ini ane pegang ane nemuin cacat mesin pas ane lagi ngehubungin seseorang via telepon nih gan yak pas sore sore jam jam pulang kantor, ane ngedapetin handphone ane geter terus. Nah, pas itu ane sih masih berasumsi bahwa ada telepon lain atau sms dsb yang masuk gan, tapi pas ane check gak ada kontak masuk laennya.
Akhirnya ane tutup dulu dah tuh telpon ane, tapi bukan ketutup gara gara pulsa abis nih gan yak sorry sorry aja nih. Tapi udah sampe sepuluh menitan,h pane masih geter terus gan kagak berhenti berhenti geternya. Ane udah yakin tuh pas disitu ni h pane udah mulai kagak bener nih, terus ane pencet aja tombol restart darurat yang disamping tuh yang punya sony. Soalnya hp ane battery nya non removable gan.Eh pas ane pencet tombol restartnya, geternya tetep gak ilang ilang juga gan malah pas layarnya item doang cuma nongol lightnya doang itu juga biasa aja gak kayak lightningnya DWP kemaren gan. Ane mencoba optmis aja gan disitu, ane piker paling cuma bentaran, eh udah 10 menit tu hape ane tmasih begitu aja gan, geter sama backlight doang gan terus ane pencet lagi aja gan tombol restart daruratnya terus baru bener lagi dah gan.
Tapi pas ane nyampe rumah, tu hape kumat lagi gan tapi bukan geter apa backlight doang tapi ngerestart sendiri mulu. Soalnya pas ane baru kelar bersih bersih tuh hape tiba tiba nyala padahal tadi hapenya nyala pas ane tinggal, berarti kan ke restart. Pas ane pantengin, beneran gan tu hape ane ngerestart terus sampe malem, akhirnya ane putusin buat matiin tu hape aja sampe pagi. Besokannya tanggal 29 ane ngikutin saran temen ane buat gak usah make tu hape terus batterynya dikuras dulu sampe 0% terus didiemin, sempet bener bentar sih gan tapi gak nyampe 3 jam kumat lagi tu hapenya. Yaudah emang kudu di opname ni hape ane kayaknya gan.
Pas tanggal 30 Oktober ane pergi dah tuh ke sony xperia care terdekat di cibubur junction gan, maklum rumah ane pinggiran Jakarta gan hehe Pas jam 1an ane nyampe Bujang (Cibubur Junction) eh pas nyampe ke service mobile centernya katanya customer servicenya lagi istirahat dulu gan, baru kelar jam 4 gan katanya. Ane sempet bingung tuh gan, karyawan mana yak yang istirahat dari jam 1 sampe jam 4 yak gan yak? Kalo ada, ane mau nyoba jam kerja kayak gitu gan rasanya hehe
Akhirnya ane keliling keliling bujang dulu dah tuh sampe jam 4 sambil nyantai baru balik dari kampus langsung ke bujang, udah 3 jam ane keliling keliling jam 4 teng ane balik ke xperia care itu dah gan. Pas ane dateng disitu ada tante tante sama suaminya gitu gan lagi klaim garansi juga , terus suruh bayar duit administrasi 110ribu gan. Pas tuh tante tante itu kelar baru giliran ane nih gan klaim garansi, terus ane ditanya tanya gitu sama suruh kasih unjuk in voice, ktp, sama kartu garansinya gan. Dan saat itu ane inget banget gan, CS (Customer Service) yang ngelayanin ane lagi makan ice cream cone gan, jadi dia nanya nanyain ane sambil megang ice cream cone gitu gan kayak masa bodo aja …..Untung cakep, kalo jelek udah ane kasih topping tuh ice creamnya sekalian terus ane yang makan dah haha
Sekitar 20 menitan dah tuh ane ditanya tanya disitu, nah pas ane lagi ditanya tanyain tuh ada cewek sepantaran ane gitu gan umur 20 taunan, tapi tuaan dia kayaknya haha nah dia disitu nyeletuk ke CS ane gan sambil bilang
“Hp saya juga kayak gitu mbak rusaknya, tapi ini gak bisa dipake sama sekali ngerestart terus soalnya kalo dinyalain. Padahal kemaren udah disservice juga disini, tapi masih kayak gini”
Hmmmmm…… Ane disitu udah mulai jiper dah tuh gan pas ane tau udah disservice masih kumat aja. Terus mbak mbak CSnya nanya
“Hp kamu Sony Xperia M2 Dual juga?”…… “Bukan mbak, Sony Xperia L”
Karena ane udah gak ada keperluan lagi jadi ane langsung cabut aja pas tu cewek lagi curhat, terus ane diaksih kertas repair ordernya tuh sama mbak mbaknya terus estimasi waktu perbaikannya 3 hari. Oke ane langsung cusss dah disitu.
Spoiler for SMS Pertamax, 2 November 2014:
2 November 2014 13:08:27, ane dapet sms dari sony xperia care Cibubur Junction: “Slamat siang pak paksi reza syahroni.kami ingin menginformasikan untuk hp yg disservice sudah selesai dan bisa diambil hari ini.pengambilan hp sampe jam 15.00wib.thx sonyCBB"
Karna disitu ane lagi di luar kota, ane langsung bales gak bisa ambil hari ini paling besok apa lusa ane baru bisa ngambil.
Spoiler for Sms Kedua, 3 November 2014:
3 November 2014 10:46:04, ane dapet sms lagi dari sony xperia care Cibubur Junction: “Slamat siang pak paksi reza syahroni.kami inigin menginformasikan untuk hp yg disservice masih problem yg sama(restart)pada hari minggu sore kami test running hp restart.bagaimana bpk bila hp mau diproseslanjut dikirim ke pusat.untuk estimasinya akan dikabari jika hp sudah dilakukan pengecekan (14 hari kerja pengecekan hpnya)dipusat.thx sonyCBB”
Ane langsung kasih izin dah tuh buat service lanjut dan jawabannya:
"Baik pak.mohon ditunggu kbr baiknya.thx”
Spoiler for Sms Ketiga, 17 November 2014:
17 November 2014, karna ane piker udah tepat dari waktu estimasi 14 hari ane sms dah tuh soalnya belom ada konfirmasi lagi, jam 12:53:19 jawabannya: "Untk hpnya masih dikantor pusat.dan prosesnya belum selesai.thx”
Disitu ane udah mulai curiga kenapa waktu yang diestimasikan tidak sesuai dan harus customer dulu yang ngehubungin yak gan.
Spoiler for Sms Kempat. 19 November 2014:
19 November 2014 17:22:11, ane nanyain lagi dah tuh kondisi hape ane via sms tapi jawabannya : “Untuk hp bpk sampai saat ini blom selesai.mohon ditunggu kbr terbaru.thx.”
Disitu ane masih sabar karna untuk pengecekan aja butuh waktu 19 hari dan belum kelar.
Spoiler for Sms Kelima, 20 November 2014:
20 November 2014 14:25:28, ane dapet sms lagi setelah ane nanyain status terbaru hape ane gan nah jawabannya sedikit menenangkan sih gan : “Selamat siang Bpk. Paksi, utk hp nya saat ini statusnya msh pending part Battery Assy dan Adhesive Battery Cover. Akan kami informasikan kembali jika sudah aa kabar terbaru dr pusat. Trmksh. Sony CBB Junction”
Tapi di hari kedua puluh itu dia baru tau masalah handphone ane dimana dan ane tanyain lagi dong apa hp ane mengalami cacat di battery karna kayak gak sesuai rasanya sama permasalahan awal dan ane juga nanyain biaya yang harus ane keluarin, dan jawaban mereka: “Benar Bpk, utk hp Bpk permasalahan di batterynya.. Utk biaya tidak ada (free)”
Ane rada sedikit tenang walupun gondok karna udah 20 hari handphone ane baru ditanganin.
Spoiler for Sms Keenam, 29 November 2014:
29 November 2014, udah hampir sebulan hp ane di opname akhirnya ane kembali meng-sms pihak sony xperia care cab. Cibubur Junction soalnya mereka gak ngasihnomor yang bisa dihubungin via telepon dan jawaban sms ane adalah: “Selamat siang Bpk. Paksi, utk hp nya sampai saat ini statusnya msh pending part Battery Assy dan Adhesive Battery Cover. Akan kami informasikan kembali jika sudah ada kabar terbaru dr pusat. Trmksh. Sony CBB Junction”
Ada yang aneh gak gan sama smsnya? Iya, mereka cuma resend sms dan Cuma nambahin kata “sampai” bener dugaan ane dari awal nih kayaknya pihak sony xperia care ini kurang baik dalam penanganan pelanggan via sms, dari mulai penulisan ama malesnya pengetikan yang hanya diresend dan ditambahkan satu kata. Sebuah CS sebuah perusahaan yang sudah mendunia memliki pelayanan yang berstandar kurang baik, mulai dari tidak diberikannya nomor fast call, email, dsb?
Spoiler for Sms Ketujuh, 2 Desember 2014:
2 Desember 2014 13:24:09, ane mendapat jawaban kembali dari sms konfirmasi status ane.. Kayak lagi pacaran terus break ya gan hehe: “Selamat siang pak paksi reza, kami ingin menginformasikan status terakhir utk hp Bpk saat ini msh pending battery assy& adhesive. Mohonh kesabaran waktunya untuk menunggu. Dan bila sudah ada kabar terbaru akan kami kabari.Trmksh. Sony CBB Junction”
Ane gak bales itu gan, timbang sakit ati cuma diresend
Spoiler for Sms kaskusnan, 3 Desember 2014:
3 Desember 2014, ane mulai cari cari nomer sony yang bisa dihubungin tuh gan mulai dari yang di bujang sampe yang pusatnya langsung terus ane telpon dah tuh 02129357669. Terus ane dapet beberapa opsi yakni dapat diambil/ cancel pengerjaannya karena ane pikir udah kelamaan pengerjaannya atau opsi tukar tambah di pihak sony xperia care dan saya juga diberitahu bahwa part yang rusak baru akan dikirimkan pertengahan desember mendatang. Lalu ane tanyain hal tersebut ke pihak sony xperia cab. Cibubur Junction untuk opsi tukar tambah yang diberitahukan oleh pihak sony CS pusat dan pukul 17:02: 15 ane dapet jawaban: “Mohon maaf Bpk, kami disini tidak melayani tukar tambah. Kami sdh follow up ke kantor pusat kemarin, utk partnya kemungkinan baru dtg pertengahan bulan ini. Trmksh”
Lagi lagi ane dikasih estimasi waktu buat yang ketiga kalinya dan ada misscom parah disini HAH!
Spoiler for Sms Kesembilan, 13 Desember 2014:
13 Desember 2014 12:19:38, karna menurut ane udah memasuki pertengahan bulan desember ane tanyain lagi dah status handphone ane dan jawabannya: “Mohon maaf Bpk utk hp nya masih blum selesai. Akan kami kabari jika sdh ada kabar terbaru”
Spoiler for Sms Ke-10, 21 Desember 2014:
21 Desember 2014 12:04:17, menurut ane ini udah ngelewatin pertengahan bulan desember dan gak ada konfirmasi lagi, ane udah mulai keabisan kesabaran soalnya tu hp punya program reader yang beda jadi walaupun ane udah nge-back up data data ane tapi Cuma bisa di restore di handphone itu doang dan ane juga jadi kewalahan gara gara lost contact sama keluarga dan temen temen ane gan. Terus ane tanyain lagi dah tentang status handphone ane dan ane mendapati ada kalimat pelecehan di sms kali ini yang berbunyi: “Slamt siang bpk/ibu, untuk status perbaikan sampai saat ini masih menunggu paart battery assy danadhesive battery.mohon maaf atas keterlambatan proses service hp bpk.bila sdh ada kbr terbaru akan kami kabari kembali bpk.thx”
Masa ada ibunya? Jelas jelas kan dari sms pertama dan pas ane kesitu kan ane laki, apa ane terlalu rewel kali yak? Soalnya udah mau 2 bulan kali gak kelar kelar. Tau gini mending ane servis di counter aja dah gan daripada di servis center.
Spoiler for Sms Ke-11, Terakhir Dibales :
23 Desember 2014 11: 43:36 ane mulai tanya lagi statusnya: “Selamat siang, saya paksi reza syahroni pemilik sony xperia m2 dual yang sedang disservice. Bisa minta konfirmasi keadaan handphone saya sekarang?”
Baru kali ini ane gak make ucapan terimakasih banyak dan mohon penanganannya di akhir sms karna udah gondok abis ane gan dan jawabannya : 11:57:27, “Slamt siang bpk/ibu, untuk status perbaikan sampai saat ini masih menunggu paart battery assy danadhesive battery.mohon maaf atas keterlambatan proses service hp bpk.bila sdh ada kbr terbaru akan kami kabari kembali bpk.thx”
Lagi lagi cuman ngeresend sms, ane mulai gusar soalnya dalam waktu dekat ane ada keperluan lagi ke luar negeri dan ane bales dah tuh smsnya dengan sedikit curhat : 12:23:41, “Bisa diberitahu berapa lama lagi saya harus menunggu? Karna saya ada keperluan dengan handphone tsb dan harus pergi ke luar negeri. Selain itu ini sudah melewati batas estimasi ketiga yang diberikan, tidak ada proses percepatan seperti yang dijanjikan pihak sony pusat juga”
Disini ane sedikit emosi dan tidak dilayani dengan baik, dan belum lama ane juga denger beberapa surat pembaca lain yang mengkritik pedas sony hingga ada yang ditinggalkan begitu saja, ada yang mengadukan ke kementrian perdagangan dalam negeri sampe masih banyak lainnya kalo kita melakukan penelusuran pun yang keluar hanya kritik dan klaim dari para user sony doang yang di halaman pertama. Akhirnya jam 12:28:34 jawabannya: “Bpk untuk dpt info yg detail silahkan telp ke call center 021 3913119”
Pas ane liat jawaban kayak gini ane tuh kayak mau ngunyah gunung semeru gan ane makin emosi , terus ane langsung jawab sms tsb dengan nada tinggi : 12:43:17 “Jadi pihak sony xperia care cibubur junction tidak bisa menghubungi sendiri ke pusatnya? HArus customer yangmenghubungi sendiri? Karena secara teknis saya mempercayakan handphone saya kembali ke pihak sony dan bukankah tidak etis jika customer disuruh menghubungi pihak lain/ dialihkan?”
Menurut logika ane , sesama pihak sony aja masa gak bisa saling menghubungi dan harus customer yang ngehubungin sendiri gan? Sambil nungguin jawaban dari pihak sony xperia cibubur junction ane telpon ke pihak sony pusat di nomor 02129357669 , dan ane dapet jawaban kalo status handphone ane saat ini sedang dalam masa pengerjaan dan udah gak nunggu part yang dibutuhkan. Dan jam 12:53:30 dibales:
“Sebelumnya kami sdh follow up Sony cbbr junction sampai saat ini status perbaikan yg kami terima pending part batt assy dan adhesive”
Terdapat kejanggalan antara dua pihak dan dua konfirmasi yang ane terima pada saat yang hampir bersamaan saat itu. Pas saat itu pula ane ngerasa diperlakukan buruk oleh pihak sony xperia care cab. Cibubur Junction.
Spoiler for Via Email:
Ane juga melakukan kontak dengan pihak sony via email, tapi respon yang ane dapet via email tergolong lama yakni 3 hari baru ada balasan dan informasinya sama aja.
Paling sering ane malah dapet jawaban dari mesin gan, kayak gini nih!
Semalem tanggal 26 Desember ane ngirim 3 email balasan ke sony tapi emang gak ada balasan sampai saat ini. Tanggal 27 Desember 2014 hari ini ane tanya lagi status handphone saya ke pihak sony cibubur junction tapi gak ada balesan sampe ane 4x sms juga tuh Sony Cibubur Junctionnya tapi gak dibales bales terus ane kesel gilak terus ane telpon dah tuh sony CS pusat dan statusnya masih dalam pengerjaan dan gak bisa ngasih estimasi waktu kapan bakalan selesai. Dan sampe sekarang hape ane belom kelar dan gak tau kapan kelarnya
Hape Mana? Hape Mana? Hape Mana? Dimanaaaaaa? Di Jonggol
Spoiler for SARAN DAN MASUKAN!:
Saran dari saya untuk pihak Sony yakni, ketika melakukan penanganan Customer di after sales harus ditingkatkan lagi dan tidak adakah sumber daya manusia yang bisa melakukan penaganan langsung service di tempat cabang cabang sony xperia care. Sehingga tidak memerlukan penanganan pengiriman ke pusat semuanya terlebih dahulu. Saya juga membaca artikel beberapa waktu lalu bahwa pihak sony xperia memberikan produk baru jika penanganan service lebih dari 14 hari, namun ketika ditanyakan ke CS pusat hal tsb tidak berlaku. Di internal pihak sony pun komunikasi harus diperbaiki karna banyak penanganan dan ketidak singkronan komunikasi yang didapat oleh customer.
Terimakasih banyak kepada para pembaca dan media yang memberikan tempat untuk saya menuliskan keluhan saya terhadap produk sony dan penangannya.
Mohon maaf jika kalimat ane terlalu gak ngenakin atau gimana ya gan?