- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kotak Hitam Air Asia QZ8501 Ditemukan


TS
ifacleopradnya
Kotak Hitam Air Asia QZ8501 Ditemukan
Selamat hari Senin Agan Se-KASKUS Raya
Masih lekat diingatan Agan-Agan semua dong peristiwa jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501, Minggu 28 Desember 2014 lalu?


Hingga saat ini pencarian jenazah korban pesawat tersebut dan kotak hitam alias black box masih berlangsung. Alhamdulillah nih Gan, kabarnya dari thread Blackbox Air Asia QZ8501 Sudah Ditemukan
ane coba update beberapa beritanya disini ya, Gan.
Masih lekat diingatan Agan-Agan semua dong peristiwa jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501, Minggu 28 Desember 2014 lalu?



Hingga saat ini pencarian jenazah korban pesawat tersebut dan kotak hitam alias black box masih berlangsung. Alhamdulillah nih Gan, kabarnya dari thread Blackbox Air Asia QZ8501 Sudah Ditemukan
ane coba update beberapa beritanya disini ya, Gan.
Quote:
Kotak Hitam AirAsia Ditemukan, Panglima TNI Kembali ke KRI Banda Aceh
KALIMANTAN TENGAH, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko akan kembali mengunjungi KRI Banda Aceh, Senin (12/1/2015). Moeldoko kembali ke KRI Banda Aceh setelah tim SAR menemukan kotak hitam atau black box AirAsia QZ8501.
"Dalam dua jam lagi, Panglima akan segera kesini. Akan langsung diadakan konferensi pers," kata Lettu Wahyu Widadi, staf Dinas Penerangan Angkatan Laut kepada wartawan di KRI Banda Aceh, di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Senin pagi.
Namun, Wahyu belum mengetahui apa yang akan disampaikan Moeldoko. Dia hanya mendapatkan informasi mengenai kedatangan Panglima dan konferensi pers itu dari para petinggi KRI Banda Aceh yang sedang menggelar rapat tertutup.
"Belum tahu konferensi persnya mengenai apa," ujar Wahyu.
Wartawan dan para awak KRI Banda Aceh mulai bersiap menyambut kedatangan Moeldoko. Meja dan kursi untuk konferensi pers disiapkan. Kamera juga mulai dipasang. Tempat Moeldoko mengadakan konferensi pers juga dibersihkan.
Adapun tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut, sejak kemarin sudah turun mencari black box pesawat AirAsia. Black Box itu terdeteksi oleh Kapal Navigasi Jadayat, sekitar 1,7 mil laut dari penemuan ekor pesawat yang telah berhasil dievakuasi.
Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Bambang Soelistyo sebelumnya menyebut flight data recorder sudah diangkat. (baca: Kepala Basarnas: Kotak Hitam AirAsia Sudah Diangkat)
"Saya mendapat informasi dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bahwa pada pukul 7.11, kami berhasil mengangkat bagian dari kotak hitam yang disebut flight data recorder," kata Bambang dalam konferensi pers di Jakarta.
"Saat ini kami masih mencari cockpit voice recorder," lanjut dia
SUMBER
Quote:
TNI Serahkan Kotak Hitam AirAsia ke KNKT
KALIMANTAN TENGAH, KOMPAS.com - Kotak Hitam berupa Flight Data Recorder pesawat AirAsia QZ8501 berhasil ditemukan dan dibawa oleh tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut dari dasar laut di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Senin (12/1/2014). Kotak hitam tersebut kemudian diserahterimakan secara simbolis kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko datang langsung ke KRI Banda Aceh untuk menyaksikan serah terima tersebut. (baca: Kotak Hitam AirAsia Ditemukan, Panglima TNI Kembali ke KRI Banda Aceh)
Moeldoko dan rombongan tiba dengan tiga helikopter sekitar pukul 13.05 WIB. Turut serta Ketua KNKT Tatang Kurniadi dan rombongannya. Mereka langsung masuk ke dalam bagian kapal ditemani Komandan KRI Banda Aceh Letkol Arief Budiman dan Komandan Gugus Keamanan Laut Barat Laksma TNI Abdul Rayid.
Setelah sekitar 45 menit, mereka keluar dengan kotak hitam yang diangkut tim penyelam. Panglima Armada Barat Laksda TNI Widodo langsung menyerahkan secara simbolis kotak hitam itu kepada Tatang Kurniadi.
Flight Data Recorder itu berwarna orange dan putih dan diletakkan di sebuah kotak yang masih berisi air.
Sebelumnya, tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut, sudah turun mencari kotak hitam sejak Minggu kemarin.
SUMBER
Quote:
KNKT: FDR AirAsia Dalam Kondisi Bagus, Memori Aman
Jakarta - Tim SAR berhasil mengevakuasi Flight Data Recorder (FDR) yang merupakan salah satu bagian black box AirAsia QZ8501. FDR yang merekam data-data teknis pesawat seperti ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, autopilot, itu masih dalam kondisi bagus.
"FDR ini aman dan benar (milik QZ8501)," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi dalam jumpa pers di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Senin (12/1/2015).
Tatang menjelaskan, meskipun sudah terendam air laut lama, memori yang tersimpan di dalam FDR itu tidak akan rusak dan dijamin aman. Sebab pelindung memori FDR terbuat dari bahan metal yang sanggup menahan panas hingga 1.000 derajat.
"Kalau terbakar sanggup tahan 1.000 derajat pelindung memorinya," jelas Tatang.
FDR itu nantinya akan dibersihkan lalu dibuka untuk diambil memorinya. KNKT tidak merasa sulit membuka FDR itu meski sudah berada di laut selama dua minggu.
"Ini sudah 2 minggu di dalam air. Kita punya pengalaman membuka black box yang sudah 8 bulan (di dalam laut)," ungkap Tatang, mengenang kotak hitam Adam Air, pesawat yang celaka pada 1 Januari 2007.
FDR yang diambil penyelam dimasukkan ke kontainer berisi air dan akan diterbangkan dari Pangkalan Bun ke Jakarta dengan menggunakan wings TNI AU. Setelah itu FDR akan dibawa ke kantor KNKT untuk dianalisis. FDR yang ditemukan di air harus selalu disimpan di wadah berair agar tidak rusak memorinya.
SUMBER
Quote:
Quote:
Sebenarnya apa dan bagaimana sih cara kerja dari Black Box tersebut?


Quote:
Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.
Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.
Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.
SUMBER
Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.
Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.
SUMBER
Quote:
Mengenal Isi & Cara Kerja Kotak Hitam Pesawat
VIVAnews - Namanya kotak hitam (black box). Tapi jangan membayangkan kotak itu berwarna hitam seperti namanya. Warnanya justru ngejreng, oranye. Ketika terjadi kecelakaan pesawat, kotak hitam menjadi benda yang paling dicari untuk mencari tahu penyebab celaka.
Begitu pula ketika pesawat Sukhoi Superjet 100 berakhir nahas. Pencarian kotak hitam pun menjadi prioritas selain evakuasi korban.
Penyelidikan akan membuka data yang terekam pada Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) yang dikenal dengan
sebutan kotak hitam ini. Kotak ini berisi data suara percakapan dalam kokpit.
Pita Magnetik
Menurut dokumen L-3 Communications, Wright Bersaudara selaku pengembang perdana pesawat juga memelopori penggunaan perangkat untuk merekam rotasi baling-baling.
Perang Dunia II meluaskan penggunaan perekam penerbangan. Sejak itu, media rekaman kotak hitam telah berkembang untuk merekam lebih banyak informasi tentang pesawat.
Meskipun banyak dari kotak hitam yang digunakan saat ini menggunakan pita megnetik, alat ini kali pertama diluncurkan sekitar 1960-an. Perusahaan penerbangan beralih ke papan memori solid pada 1990-an.
Tipe pita magnetik bekerja seperti alat perekam kaset yang populer dulu. Pita Mylar digulung kepala elektromagnetik yang kemudian meninggalkan data pada pita.
Kini produsen kotak hitam tidak lagi membuat tape recorder dengan pita magnetik. Pesawat telah bertransformasi ke teknologi penggerak zadat (solid-state).
Solid-State Drive
Menurut juru bicara produsen kotak hitam Honeywell, Ron Crotty, teknologi perekam penggerak zadat (solid-state) lebih bisa diandalkan dari pendahulunya, pita magnetik. Solid state menggunakan chip memori sehingga tidak ada bagian yang harus bergerak seperti putaran pita kaset. Tanpa bagian bergerak, perawatan lebih mudah. Risiko rusak saat kecelakaan pun menurun.
Data dari CVR dan FDR disimpan pada papan memori di bagian dalam unit memori tahan-benturan (CSMU). CSMU merupakan kompartemen silinder pada alat perekam. Papan memori berdiameter sekitar 4,45 cm dan tinggi 2,54 cm.
Papan memori ini memiliki kapasitas penyimpanan data digital yang dapat mengakomodasi data audio selama 2 jam untuk CVR dan 25 jam penerbangan untuk FDR.
Pesawat dilengkapi sensor yang mengumpulkan data. Sensor ini mendeteksi akselerasi, kecepatan di udara, ketinggian, temperatur luar, temperatur kabin beserta tekanannya, performa mesin, dan banyak lagi.
Perekam dengan pita magnetik bisa melacak 100 parameter, sementara perekam solid-state bisa melacak lebih dari 700 pada pesawat yang lebih besar.
Semua data yang dikumpulkan oleh sensor pesawat dikirim ke unit akuisisi data penerbangan (FDAU) di bagian depan pesawat.
Perangkat ini sering ditemukan di dalam perangkat elektronik di bawah kokpit. FDAU merupakan manajer menengah untuk keseluruhan proses perekaman data. Unit ini membawa informasi dari sensor dan mengirimnya ke kotak hitam.
Kedua kotak hitam didukung salah satu dari dua pembangkit listrik yang menarik daya dari mesin pesawat. Satu generator memiliki 28 volt sumber daya DC. Satu lagi 115 volt dan 400 Hz tenaga AC.
Menurut Direktur Teknik untuk perusahaan perekam penerbangan L-3 Communications, Frank Dolan seperti dilansir dari Howstuffworks.com,
itulah perlengkapan standar pasokan daya pesawat.

Tahan Bencana
Dalam berbagai kecelakaan pesawat, satu-satunya yang bisa bertahan hanya unit memori tahan-benturan (CSMU) dari perekam data penerbangan dan perekam suara kokpit. Biasanya, sisa chasis perekam dan komponen bagian dalam sudah hancur.
CSMU merupakan silinder besar yang terpatri ke bagian data rekaman. Perangkat ini dirancang tahan panas ekstrem, hantaman keras, dan tekanan hingga berton-ton.
Menggunakan tiga lapisan bahan, CSMU dalam kotak hitam solid-state melindungi tumpukan papan memori yang menyimpan informasi digital. Berikut beberapa penghalang yang melindungi informasi berharga penerbangan:
Bungkus alumunium: ada lapisan aluminium di sekitar tumpukan kartu memori.
Isolasi suhu tinggi: material silika kering ini memiliki tebal 2,54 cm. Bahan ini mampu melindungi dari temperatur tinggi. Inilah yang membuat papan memori tetap aman hingga kebakaran setelah insiden.
Cangkang baja anti-karat: material tahan suhu tinggi ini berisi lapisan baja tahan karat setebal 0,64 cm. Titanium juga bisa digunakan untuk menjadi baju pelindung besi perangkat ini.
Menurut L3 Communications, teknologi kotak hitam akan mengalami peningkatan. Pengembangan yang telah dilaporkan akan mampu merekam video aktivitas di dalam pesawat.
SUMBER
Quote:
Ini Data yang Bisa Dibaca dari Black Box AirAsia

Jakarta - Black box AirAsia QZ8501 telah ditemukan. Apa saja data yang bisa diperoleh dari black box?
Ada dua jenis black box yang ditemukan, yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (VCR). FDR telah diangkat dari kedalaman 32 meter dan diserahkan ke KNKT. CVR ditemukan 20 meter dari FDR, saat ini masih berada di dasar laut.
Black box yang sejatinya berwarna oranye ini didesain antirusak, tahan air hingga selama dua bulan, tahan benturan, dan tahan panas hingga 1.000 derajat. Kalaupun rusak, biasanya hanya bagian luarnya, memori black box tetap dalam kondisi baik.

FDR merekam data teknis penerbangan. Durasi rekamnya 25-30 jam. Artinya, setelah 25-30 jam, data sebelumnya akan dihapus dan data baru direkam. Sementara CVR merekam data suara yang ada di pesawat. Durasi rekamnya 30 menit. Artinya, setelah 30 menit, data sebelumnya akan dihapus dan data baru direkam. CVR dan FDR ini akan hidup secara otomatis apabila mesin pesawat dihidupkan.
Baik FDR maupun CVR akan dibaca di Indonesia. KNKT telah memiliki alat untuk membaca kedua alat tersebut. Pembacaan akan dilakukan di laboratorium KNKT di Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.
SUMBER

Jakarta - Black box AirAsia QZ8501 telah ditemukan. Apa saja data yang bisa diperoleh dari black box?
Ada dua jenis black box yang ditemukan, yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (VCR). FDR telah diangkat dari kedalaman 32 meter dan diserahkan ke KNKT. CVR ditemukan 20 meter dari FDR, saat ini masih berada di dasar laut.
Black box yang sejatinya berwarna oranye ini didesain antirusak, tahan air hingga selama dua bulan, tahan benturan, dan tahan panas hingga 1.000 derajat. Kalaupun rusak, biasanya hanya bagian luarnya, memori black box tetap dalam kondisi baik.

FDR merekam data teknis penerbangan. Durasi rekamnya 25-30 jam. Artinya, setelah 25-30 jam, data sebelumnya akan dihapus dan data baru direkam. Sementara CVR merekam data suara yang ada di pesawat. Durasi rekamnya 30 menit. Artinya, setelah 30 menit, data sebelumnya akan dihapus dan data baru direkam. CVR dan FDR ini akan hidup secara otomatis apabila mesin pesawat dihidupkan.
Baik FDR maupun CVR akan dibaca di Indonesia. KNKT telah memiliki alat untuk membaca kedua alat tersebut. Pembacaan akan dilakukan di laboratorium KNKT di Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.
SUMBER
Sekian update terkini dari ane, Gan! Kalau ada update terbaru Insya Allah ane update, Gan. 






Diubah oleh ifacleopradnya 12-01-2015 09:46
0
134.3K
Kutip
1K
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan