Perment103Avatar border
TS
Perment103
BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]
Proud To Be Part Of

Click To Visit Our Home
Spoiler for Thanks To: Breaman, Kaskus Officer and Kaskusers.. #HT 12/01/2015:



Ehm.. Biar agan-sista betah bacanya sampe tuntas, ane bikin format santai aja ya gan?.. emoticon-Big Grin
Ada yang jawab "jangan" ane lempar duit segepok dah.. emoticon-Ngaciremoticon-Big Grin

Akhir-akhir ini agan-sista pasti sering sekali mendengar istilah BONUS DEMOGRAFI dari berbagai media, entah agan-sista sadar atau ga sadar, iya kan?.. emoticon-Smilie
Sebagian dari kita (penduduk Indonesia) hanya akan melewatkan tanpa peduli sedikitpun tentang hal itu..

>>> emoticon-Cool : bodo amat, urusan gua gak mikirin.. masalo buat lah?..
Err.. ya gak apa-apa sih.. gak ada yang maksa juga harus update semua informasi semacam ini.. emoticon-Nohope Cuma, menurut ane sih generasi sekarang harus ngerti dah gan, soalnya nanti saat momentum itu tiba generasi kitalah yang berada didalam keadaan itu..

>>> emoticon-Cool : kita?.. lo aja kali, gua enggak..
Mmmm.. entahlah, apakah ane yang terlalu lebay ato kebanyakan pikiran sampe bela-belain bikin thread yang bahas beginian emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

LALU APA SIH SEBENARNYA BONUS DEMOGRAFIITU?..
APA PENTINGNYA BUAT KITA?..


Dalam bahasa umum, kata BONUS biasanya punya konotasi pada hal yang positif. Yah, kurang lebih mengandung arti tambahan, keuntungan atau hadiah. Kayak kalo agan pacarin cewek dapet bonus pacarnya emoticon-Betty (S).. eh emoticon-Shutup mak..maksud ane misal beli kopi 2 bonus 1 gitu gan.. emoticon-coffee
Lalu DEMOGRAFI, kalo agan di sekolah dulu gak ketiduran sih pasti udah pernah dijelasin sama guru agan..

>>> emoticon-Cool gua anak IPA coy, ga diajarin kalee..
Alesan aja dah.. emoticon-Nohope ga peduli agan anak IPA ato IPS, itu ada dijelasin sebelum kelas penjurusan soalnya.. DEMOGRAFI adalah adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia (meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan).. Jadi, istilah BONUS DEMOGRAFI mengandung arti gabungan keduanya yaitu keuntungan dari dinamika kependudukan. Definisi lebih spesifiknya sih: BONUS DEMOGRAFI adalah keuntungan ekonomi yang disebabkan oleh menurunnya tingkat kelahiran jangka panjang..

>>> emoticon-Cool : **garuk2 pantat lalu garuk2 kepala
Hadeh, masih belum nyantol juga?.. Makanya perhatiin.. emoticon-Mad
Begini nih:
Bonus demografi terjadi karena proses transisi demografi yang berkembang sejak beberapa dekade sebelumnya. Di Indonesia keadaan ini dipercepat oleh keberhasilan dalam menurunkan tingkat fertilitas yang berdampak pada natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian) dan pertumbuhan penduduk berkat keberhasilan program KB, kesehatan dan pembangunan lainnya.
Keberhasilan program-program tersebut selama tigapuluh tahun terakhir telah mampu menggeser anak-anak dan remaja, berusia dibawah 15 tahun, yang biasanya besar dan berat di bagian bawah dari piramida penduduk Indonesia, ke bagian piramida dengan usia yang lebih tinggi, yaitu usia diatas 15 tahun, atau pada usia 15-64 tahun.




>>> emoticon-Cool : itu mah gua tau.. Usia produktif lebih besar dari usia tidak produktif, jadi penduduk yang ditanggung lebih sedikit kan?
Nah itu pinter.. emoticon-Big Grin Bener banget, yang ente sebutin itu adalah dependency ratio, yaitu rasio yang menyatakan jumlah penduduk usia nonproduktif yang ditanggung oleh usia produktif. Di tahun 2020-2035 mendatang, Indonesia diperkirakan akan memiliki dependency ratio sebesar 0,4-0,5 yang berarti setiap 100 orang penduduk usia produktif hanya menanggung 40-50 orang penduduk usia nonproduktif. Hal ini tentu jauh berbeda dengan kondisi di tahun 70-an, di mana dependency ratio Indonesia berkisar di angka 0,8-0,9.

>>> emoticon-Cool : Asseek.. lebih enak dong kita..
Ya, namanya bonus.. Kemungkinannya sih iya, akan lebih baik.. emoticon-Smilie

>>> emoticon-Cool : trus?.. gitu doang?..
Ya enggaklah.. emoticon-Smilie.. Kita kan belum bahas semuanya..
Momentum bonus demografi nanti tidak akan berlangsung lama, maka manfaatkan sebaik-baiknya. Sebab angka ketergantungan 15 tahun berikutnya atau pada tahun 2035 akan mulai naik lagi karena sebagian penduduk yang sebelumnya berusia produktif akan memasuki usia nonproduktif.

>>> emoticon-Cool : waduuh.. trus gimana dong?.. emoticon-Bingung
Ya tergantung kita bisa melewati dengan baik ato enggak momentum BONUS DEMOGRAFI itu.. emoticon-Smilie

>>> emoticon-Cool : kita?.. lu...
Iyaaaa, kitaaaa.. bukan ane aja.. emoticon-Mad Maksudnya kita seluruh elemen masyarakat Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) baik rakyat maupun pemerintah.. emoticon-Smilie

>>> emoticon-Cool : ohh.. terus? gua harus bejimane nih.. emoticon-Bingung
Ehm.. Kata Bapak Sonny Harry B. Harmadi, Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI nih.. Sedikitnya, ada 4 prasyarat utama agar bonus demografi dapat diraih, di antaranya:

1. Pasar tenaga kerja harus mampu menyerap seluruh tenaga kerja dalam negeri.
Quote:


2. Kesadaran untuk menabung.
Quote:


3. Human capital atau sumber daya manusia yang mumpuni.
Quote:


4. Program Keluarga Berencana yang harus tetap berjalan.


>>> emoticon-Cool: waah, iya juga ya.. emoticon-Bingung (S) kalo kita, iya kita semua, gak berhasil melewatinya berabe juga ya bro?..
Makanya jangan cuekin.. emoticon-Nohope
Bonus demografi, atau juga the window of opportunity, hanya akan bermanfaat kalo mutu penduduk mendapat pemberdayaan yang memadai dan penyediaan lapangan kerja yang mencukupi. Dan kita termasuk didalamnya. Persaingan bakal makin ketat antar kita broo..

>>> emoticon-Cool : emoticon-Amazed emoticon-Amazed emoticon-Amazed..
Bonus demografi seharusnya berpotensi menghasilkan perubahan ekonomi secara drastis dan luar biasa dalam bidang industri besar emoticon-thumbsup
Namun justru akan menjadi malapetaka yang mengerikan jika ..... emoticon-Takut (S)

>>> emoticon-Cool: jika??..
Pada tahun 2050, dependency ratio Indonesia akan kembali naik menjadi 0,73. Jika saving tidak berhasil dilakukan, 73 orang tanggungan penduduk usia nonproduktif akan benar-benar menjadi beban 100 penduduk usia produktif ke depannya. Hampir mendekati kembali seperti pada tahun 1970-an, dengan tingkat kebutuhan (konsumsi) yang pasti jauh lebih tinggi..


>>> emoticon-Cool: waduuh, warning buat bapak-bapak ibu-ibu yang sekarang berusia 40-50 tahun dong bro?.. emoticon-Cape d... (S) Gimana caranya kasih tau bokap-nyokap ane nih?..emoticon-Frown
Ya nggak cuma beliau-beliau gebleek.. Ente jugaaa.. emoticon-Frown emoticon-Frown

>>> emoticon-Cool : iya iyaa.. emoticon-Frown.. jadi inti thread ini gimana dong?..
Ya, kita berharap momentum bonus demografi nanti dapat dimanfaatkan secara baik oleh pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Manfaat bisa dilakukan dengan adanya kesiapan kebijakan seperti memperkuat investasi di bidang kesehatan, pendidikan maupun ketenagakerjaan. Lalu untuk kita, siapkan diri kita masing-masing untuk mempunyai kesiapan karya.. Ada kesempatan mendapatkan kemudahan pada masa itu, rajinlah menabung jangan boros.. Inget masa tua ntaar.. Jangan jadi beban anak.. emoticon-Cape d... (S)





>>> emoticon-Cool: Wah.. Thanks infonya ya bro.. Mari berdoa dan berusaha agar pemerintah dan masyarakat Indonesia mampu melewati momentum BONUS DEMOGRAFI nanti.. Dan 2030 manjadi negara yang maju.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Oke sip.. Sementara ini dulu bahasan kita ya bro, makasih buat agan ekkyjull atas tambahan penjelasannya.. Semoga thread ini bermanfaat.. emoticon-Smilie emoticon-Smilie

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
KLIK JIKA BERKENAN

emoticon-Smilie



Sumber:
1.
2.
3.
4.

Diubah oleh Perment103 08-02-2015 17:27
0
50.4K
447
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan