Rockabilly.diceAvatar border
TS
Rockabilly.dice
inilah sebab mengapa orang yahudi (israel) menjadi lebih pintar
Artikel Dr Stephen Carr Leon patut menjadi renungan bersama. Stephen menulis dari pengamatan langsung. Setelah berada 3 tahun di Israel karena menjalani housemanship dibeberapa rumah sakit di sana. Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu:

Mengapa Yahudi Pintar ?”

Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas di benaknya, apa yang membuat Yahudi begitu pintar? Kenapa Tuhan memberi kelebihan kepada mereka? Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri?


Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk Phd-nya. Sekedar agan tau, tesis ini memakan waktu hampir delapan tahun. Soalnya harus ngumpulin data-data setepat mungkin.

Oke gan dimulai dari persiapan awal melahirkan.

Di Israel, setelah mengetahui sang ibu sedang mengandung, sang ibu dan bapak akan membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama-sama.

Stephen heran karena temannya yang lagi mengandung sering bawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang cukup sulit buat diselesain. Kebetulan Stephen suka matematika.

Spoiler for "image":


Stephen :
“Apakah ini untuk anak kamu?”

Temannya yang sedang mengandung :
“Iya, ini untuk anak saya yang masih di kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.”

Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikut terus perkembangannya.

Dan soal latihan matematika ini diselesain si calon ibu sampe bener-bener melahirkan.
Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan. Sejak awal mengandung, suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Menurut wanita itu,daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak didalam kandungan. Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan.

Spoiler for "image":


Pada saat diundang untuk makan malam orang-orang Yahudi. Stephen menceritakan :
“Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan"

Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja.

Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang harus, terutama kacang badam.

Nah uniknya, mereka makan buah-buahan dulu sebelum hidangan utama.
Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) terus abis itu makan buah buahan, akan menyebabkan kita merasa ngantuk.

Spoiler for "image":


Di Israel, merokok adalah tabu, apabila diundang makan dirumah Yahudi, jangan sekali-kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh agan keluar dari rumah mereka dan merokok di luar rumah mereka.

Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan yang dari saintis gen dan DNA Israel.

Spoiler for "image":


Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan.

Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi lebih cerdas. Rata-rata mereka paham tiga bahasa :
Hebrew, Arab dan Inggris.

Terus di kelas 1 - 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen,“Perbandingan dengan anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun ke belakang,”

Katanya, segala pelajaran dengan mudah di tangkap anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi, olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari.

Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak untuk fokus. Di samping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara.

Spoiler for "image":


Spoiler for "image":


Selanjutnya perhatian Stephen ke sekolah tinggi (menengah). Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk.

Meski proyek mereka kadang-kadang terlihat aneh, tetapi tetap diteliti dengan serius.

Apa lagi kalau yang diteliti itu berupa :
senjata, medis dan teknik . Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.

Spoiler for "image":


Satu lagi yg di beri keutamaan yaitu fakultas ekonomi.
Diakhir tahun di universitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek dan mereka harus mempraktikkanya.
Hanya akan lulus jika team (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta!

Spoiler for "image":


Bagaimana di negeri kita gan? Apa syarat kelulusannya ?
Syarat acuannya cuma pake nilai kan, mau itu IPK atau nilai rata-rata ijazah. Praktek lapangan juga seada-adanya, ga mikirin bener-bener buat proyek yang berguna bagi semua manusia, sekalipun ada juga itu ga dihargain. Yaa..mau gimana lagi, ngasih pendapat ga ditanggepin, kalo diem aja makin parah. emoticon-No Hopeemoticon-Cape d...

Sumber :

http://www.theglobal-review.com/cont...e=9#.VJpuCSugA
Diubah oleh Rockabilly.dice 12-01-2015 16:18
0
10.6K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan