batasanAvatar border
TS
batasan
Menko Sofyan: Perang Masa Depan Bukan Karena Minyak, Tapi Air


Jakarta -Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Sofyan Djalil hari ini memimpin rapat koordinasi terkait Sumber Daya Air (SDA). Saat membuka rapat Sofyan mengeluarkan sedikit candaan.

"Saya senang memimpin rapat ini selaku ketua dewan SDA, SDA-nya bukan Suryadharma Ali tapi Sumber Daya Air, ketuanya saya," canda Sofyan ketika membuka rapat yang membuat peserta rapat tertawa, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (9/1/2015).

Rapat yang juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaja, Menteri PU Pera Basuki Hajimuljono, Ketua Umum Air Minum Dalam Kemasan Hendro Baruno, dari Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) yang diwakili Tri Mumpuni dan banyak lagi, membahas masalah fokus pemerintah dalam menata sumber daya air Indonesia.

"Banyak analis memperkirakan, di masa depan perang terjadi bukan karena minyak tetapi air. Jadi bagaimana kita bisa menata sebaik mungkin SDA kita agar selalu mencukupi kebutuhan masyarakat kita," ucap Sofyan.

Ia menambahkan, pemerintah juga memiliki target dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), di mana pada 2019 100% masyarakat Indonesia dapat menikmati sarana air yang baik termasuk untuk kebutuhan Mandi Cuci dan Kakus (MCK).

"Kita juga mencari cara bagaimana mengatasi masalah air diberbagai daerah di mana saat musim hujan terjadi banjir tapi saat kemarau terjadi kekeringan. Bagaimana kita juga makin banyak menyediakan DAM. Pasalnya, jika dibandingkan jumlah DAM di Malaysia kita kalah jauh, bagaimana juga pemanfaatan maksimal air untuk PLTA di mana potensi listrik dari air sangat besar di Indonesia, salah satunya di Kalimantan Utara," tutupnya.

(rrd/ang)

sumber : http://finance.detik.com/read/2015/0...i-air?f9911033
----------------




Untuk itu kita harus hemat air. kita juga dapat berpartisipasi menyelamatkan air sumber kehidupan dengan biopori
0
3K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan