Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bingunghidupAvatar border
TS
bingunghidup
[Muslim Nasehatin Ane] Ane bingung cara hidup ane dan ga yakin sama hidup ane
Agan-agan, ane bingung sama hidup ane gan.

Ane jujur berpenghasilan lumayan dan bisa buka bisnis sendiri tetapi ane ga berani. Dan ane sekarang masih kerja sama orang dan harus bangun pagi dan senggol menyenggol di kereta dan hidup di antara keramaian orang-orang kantor yang sibuk cari-cari kesalahan buat di promosi.

Ane jujur bingung sama kehidupan begini, hidup demi kerja, demi uang, seolah-olah ga ada lagi yang dipentingkan dalam hidup. Ane tahu hidup memang perlu uang, tetapi tidakkah itu semua hanya aturan-aturan pemerintah dan orang-orang pendahulu kita saja yang menciptakan sistem uang?

Sama sekali hidup ga ada nikmat nikmatnya, senin-jumat kerja terus menerus tanpa ada hasil lain selain uang. Hati ini terasa kosong gan, pingin menemukan orang yang benar-benar bisa menunjukkan jalan kehidupan ane.

Ane bukan seorang muslim, tetapi saat ane melihat kehidupan muslim yang cenderung sederhana dan tidak berlebihan, ane salut gan. Contohnya saja muslim itu tidak neko-neko dalam hidup, harta seadanya dan lgsg dipergunakan, bermanfaat buat diri sendiri maupun orang lain. Walau terkadang berhutang demi keluarga, mereka masih hidup harmonis dengan saudara-saudaranya.

Sedangkan hidup ane harta ada, tetapi selalu saja terasa kekurangan. Gak pernah puas gan sama harta. Agama ane memang berubah-rubah tetapi dari kaum ane, byk yg ingin harta berlebihan, pingin jadi boss, bergaya mewah, tetapi itu bukan style ane gan. Ane ga mau jd org yg bergaya seperti itu karena ane prinsipnya sederhana aja asal bahagia.

Toh org-org yg hartanya byk selalu saja dapat masalah, seperti rebutan harta dari saudara, iri dengki dari teman, saling sikut menyikut. Ane ga mau itu semua gan. Ane mau hidup bahagia, apa adanya, ga kekurangan maupun kelebihan.

Ane saat ngeliat ekstrimis muslim sejujurnya malah ane ngedukung gan. Karena ane ngeliat org-org yg derita byk, tetapi org yg kayanya sampai berlebihan jg byk, kenapa yg kaya banget ga mau nolongin yg derita? Malah biarin? Kita sesama manusia gan. Dari kaum yg derita itu akhirnya dibantu sama FPI atau organisasi2 kemanusiaan yg jauh lebih ikhlas, bukan buat pamer di TV2. Dan mereka selalu menyerukan perang terhadap Amerika yg telah membuat dunia ini materialistis, apa2 demi uang. Dan ane sejujurnya salut dan bangga sama org seperti itu walaupun byk yg cemooh terhadap kaum muslim yg ekstrimis itu.

Ane hidup ga suka diatur-atur gan. Asal ikutin moral masyarakat yg bisa diterima masyarakat ane udah puas. Tetapi ane ga mau diatur misalnya harus kerja, harus bangun pagi, ane ga kuat gan. Karena ane sukanya menyendiri di kala malam, ngeliat bintang dan bulan, rasanya damai. Ane yakin Tuhan menciptakan dunia ini pasti ada maksud lain selain bekerja demi mengkayakan konglomerat. Sedangkan yang bekerja mati matian hartanya cuma segitu-segitu aja dengan gaji pas pasan yg udah di tekan seminimal mungkin. Jd ane sadar gan, manusia yang membuat aturan hidup sekarang pasti ada salahnya juga, suatu saat dari kaum yg tertindas pasti akan ngelawan mereka, dan ane dukung mereka gan.

Jadi mungkin ada yg ngatain ane ini calon teroris, atau apa. Bukan begitu gan. Ane hanya ingin agar kita tidak diperbudak oleh pendahulu kita yang menciptakan kehidupan glamor, berjas, berdasi, kita makan jutaan, sedangkan org miskin mau makan aja susah. Tuhan itu maha adil gan, jadi ane lebih percaya kalau semua org itu berhak untuk makan, bukan cuma org yg berjas berdasi konglomerat aja. Toh konglomerat juga berusaha sedikit dan sisanya mereka bayar org lain untuk meneruskan usaha mereka, manusia itu ada limitnya, ibarat klo kerja cocok tanam, ladang segede apa yg bisa digarap dalam sehari ya itulah hasil manusia itu. Jadi jangan hanya karena membayar orang membantu garap, kita bisa kaya banget, itu artinya kita telah menipu org lain, padahal kita untung besar dan kita cuma bermodalkan duit saja dan ambil hasil kerja keras orang lain dengan membayar gaji yang sudah ditekan serendah mungkin. Mungkin kita bisa berdalih, ladang itu punya kita, tetapi Tuhan tidak pernah membagi-bagi tanah ini milik elu itu milik dia, atau elu bisa membeli dari dia, semua sama gan.

Jadi ane tidak percaya sama sistem kapitalisme sekarang yg telah membuat org makin kaya karena bermodal, dan dari situ mereka menjadi sewenang-wenang menindas orang lain hanya karena punya uang. Kita walaupun kaya harus tetap saling menghormati gan. Setiap manusia punya harga diri masing-masing yang dibawa dari lahir diberikan Tuhan, bukan hak kita untuk menindas mereka hanya karena mereka miskin.

Ane bingung gan, ane harus bagaimana menjalankan hidup yang sudah diatur-atur penguasa ini. Ane harus ikutin jalannya, atau ane menyendiri aja.
0
3.7K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan