KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Lounge Pictures /
Pengalaman Seorang Turis di Korea Utara yang Mengejutkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54a93885128b467b348b456b/pengalaman-seorang-turis-di-korea-utara-yang-mengejutkan

Pengalaman Seorang Turis di Korea Utara yang Mengejutkan

Tampilkan isi Thread
Halaman 65 dari 77
www.koryogroup.com adalah perusahaan travel yang telah 20 tahun menyediakan jasa pariwisata untuk semua orang yang ingin mengunjungi Korut. Selama itu, puluhan ribu orang telah ikut tur ke sana. (agan2 juga bisa ke sana dengan membayar sekitar USD2000++).

Mengapa sampai sekarang, selain Aram Pan ini tidak ada yang kembali dengan cerita yang sama? (setahu saya. kalau salah, mohon koreksinya) semua bercerita bahwa selama di Korut, mereka tidak diijinkan untuk jalan2 sendiri tanpa ditemani 2 orang agen pemerintah yang selalu mengikuti mereka ke mana2. Dokumentasi orang2 yang mengunjungi Korut bisa dilihat di youtube. search aja sendiri ya.

Silahkan juga anda google foto satelit Korut di malam hari. Anda akan lihat sendiri bahwa hanya pyongyang yang memiliki lampu sedangkan semua kota lain di Korut gelap gulita. Normalkah? Apakah ini propaganda Amrik? Mungkin saja. Atau mungkin tidak. Ingat, kemiskinan negara tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membangun kota selain pyongyang karena mereka bisa membangun & meluncurkan satelit (http://www.kcna.co.jp/item/2013/2013...0123-01ee.html) dan senjata nuklir.

Banyak orang2 yang kabur dari Korut bercerita tentang situasi di sana. Silahkan google sendiri juga ya. Propaganda amrik juga?

Kalau anda google siapa Aram Pan, jelas sekali bahwa dia adalah fotografer komersial yang spesialis virtual tour (http://www.360cities.net/profile/arampan). Apakah proyek fotografi di Korut sepenuhnya ditanggung oleh beliau, atau apakah beliau dibayar oleh pemerintah Korut untuk menciptakan persepsi yang berbeda? atau apakah situasi yang difoto itu memang propaganda Korut karena di halaman proyek Aram Pan, dia menyatakan bahwa ijin dia untuk foto di"Review" dan di"approve" oleh Korut. Kalau negaranya normal, kenapa foto aja harus review dan approve? Saya tidak tahu dan tidak bisa komentar. Saya hanya memberikan options yang menurut saya mungkin.

Contohnya begini:
Ada satu restoran di Jakarta yang dikomplain banyak orang karena tidak higienis dan memberi layanan buruk. Banyak sudah foto2 yang menunjukkan bukti masalah di sana. Suatu saat, ada 1 fotografer yang menyatakan bahwa restoran tsb telah review dan approve izin untuk ia foto di sana, kemudian fotografer tsb posting di sosmed menyatakan bahwa foto2 dia menunjukkan bahwa semua berita itu bohong belaka dan foto2 dia yang benar. Kalau agan2 baca berita itu, menurut agan fotografernya beneran atau dibayar sama itu restoran? mungkin juga restoran itu beberes supaya saat difoto terlihat bagus. propaganda restoran pesaingkah beritanya? mungkin. atau mungkin memang sejak awal beritanya benar.

Buat bahan pikiran juga:
- Pernah dengar ada turis Korut ke luar negri? saya jg ga pernah.
- Bagaimana Kim Jong Un yang berusia 31 tahun menjadi pemimpin Korut jika demokrasi ada di sana? Normal kah?
- Korut terkenal selalu memanipulasi berita2. Contoh berita aneh di website resmi berita korut:
http://www.kcna.co.jp/item/2012/2012...1129-20ee.html
silahkan dilihat2 juga berita lain di website itu.

Sebenarnya masih ada banyak hal yang jika dipikir secara logis, membuat kita berpikir banyak tentang apa yang sebenarnya terjadi di dalam Korut. Satu2nya cara untuk tau pasti adalah dengan berkunjung langsung dan berbagi cerita di sini. Tentunya cerita akan kredibel jika banyak orang dari Indo yang telah berkunjung dan berbagi cerita yang kurang lebih konsisten.

Dan saya setuju dengan pesan untuk tidak pernah menelan berita mentah2 dari media. Tidak terkecuali kisah Aram Pan & trit ini... dan tentunya post saya jg jangan ditelan mentah2. silahkan research sendiri dan percayalah apa yang anda temukan atau apa yang hendak anda percayai.

n.b saya tidak pro negara manapun selain Indo karena saya lahir, tumbuh, dan bekerja di Indo. Saya tidak pernah mengunjungi Korut tapi saya berminat mengunjungi suatu saat. Mudah2an kesampaian sehingga saya bisa berbagi pada teman2 Kaskus.
Diubah oleh iwiLL
Quote:


Komen agan ini mewakili apa yg saya pikirkan banget!

Sebenrnya sih ya ada 2 kemungkinan kalo menurut saya. Saya mencoba tidak memihak satu sisi.
Mungkin emang bener gan apa yg selama ini media seperti BBC memberitakan negara ini terlalu lebay bisa jadi memang propaganda Amerika terselubung di dalamnya. Apalagi as we know 2 negara ini lagi 'panas'. Amerika mau menjatuhkan negara ini dengan menarik simpati warga dunia terhadap keprihatinan masyarakat korut, begitukah? Bisa jadi dan sangat mungkin.

But di sisi lain, bisa jadi justru sir Aram Pan ini yg dipropaganda korut? Well as we know negara ini kan tertutup banget we don't know exactly what actually this country is sebaliknya jg warga korut maybe gatau apapun tentang dunia selain negaranya sendiri so maybe mereka gatau tentang berita ini.
Hampir semua yg diliput turis ketika akan keluar korut semua dicek lagi sama pemerintah. Bahkan sebelum masuk negara ini turis diperiksa ketat tidak semua media elektronik boleh. Jadi kemungkinan apa yg disebarkan ke luar korut semua sudah diatur cukup besar ya.
Apalagi almost of his photos tentang kota pyongyang selain itu cuma ada 1-2 kota lainnya. Mana kota2 lainnya yg dikatakan sangat menyedihkan bahkan gelap gulita saat malam?Yg view malam cuma ada pyongyang aja. Bukankah masih banyak kota2 lainnya? Tidak bolehkah publik dunia tau? Saya malah jauh lebih penasaran itu semua dibanding kota pyongyang. Bisa jadi itu lah wajah korut yg sebenarnya.
Mungkin ibu kota negara ini 'sengaja' diciptakan begitu luar biasa semata untuk propaganda korut untuk menepis terciumnya kekejian pimpinan Kim Jong Un oleh publik dunia? Dan sebagai pencitraan untuk para turis? Karena kebanyakan yg pernah merasakan tanah korut sebatas di Pyongyang saja.
Mungkin Jong Un ingin menjatuhkan Amerika dimata dunia dan melawan 'propaganda' Amerika dengan 'propaganda' ini. Bisa jadi apalagi kondisi kedua negara yg sangat tidak harmonis.
Mungkin juga Jong Un tidak ingin warga dunia menhujat2 dirinya dan hilang simpati padanya.

Saya merasa banyak kejanggalan sih di foto2 pak Aram seperti sudah settingan. Cuma pak Aram ini aja yg mengatakan korut tidak seperti yg dunia pikir. Tapi selain dia, yg pernah ke korut lagi sperti yg pernah disiarkan Metro TV justru sebaliknya. Apa mungkin metro 'antek' Amerika? Who knows?
Tapi saya setuju banget sama salah satu komen di atas yg bilang each countries should have their own dark side. Kaya Indonesia lah ya yg banyak publik dunia tahu mungkin sebatas luar biasanya Bali dan ibukota kita Jakarta but saudara2 kita yg di Papua? Dipedalaman2 tiap2 daerah? Sangat jauh perbandingannya ya.

Well tapi ya itu semua bisa beropini masing2. Siapa yg benar? Nobody knows sampai kita sendiri yg membuktikan ke sana.
Saya juga mau banget menjelajah korut tapi ga hanya sebatas pyongyang aja terutama kota2 kecil lain saat malam. emoticon-Smilie no offense just sharing.

Diubah oleh Rain=livi
Quote:


Cewe sana cantiiknyq masih alami ya gan emoticon-Peluk

lha jadi yg kemaren dibilang wanita2 korea ga boleh naek sepeda itu hoax donk gan?
Quote:


Setuju gan.. kita harus open minded terhadap semua kemungkinan. Saya tidak percaya Korut 100% buruk, sama seperti saya tidak percaya juga Amrik 100% baik atau 100% buruk. Kebenaran tidak selalu hanya hitam & putih.

Saya juga sangat ingin berkunjung ke daerah di luar Pyongyang, tapi sayang tidak mungkin diijinkan. Saya pernah baca kesaksian defector Korut di www.nknews.org bahwa Pyongyang itu isinya keluarga orang2 pemerintahan dan diplomat. Karena itulah kota itu dibuat sangat indah dan rapi. Sesuai komen agan, kita memang tidak bisa menilai kehidupan Korut dari Pyongyang saja.

Sebenarnya bisa berkunjung ke Pyongyang saja sudah menawarkan pengalaman unik karena begitu tertutupnya negara ini. Mudah2an suatu hari bisa kesampaian sebelum mereka perang terbuka dengan Amrik.

weh jauh banget dr yg selama ini diberitakan ya gan... tp salut ama korsul berani berdiri sendiri
selama ini media hanya memberitakan dari sisi negatif dari Korea Utara
Quote:


saya suka produk Korea macam ini emoticon-thumbsup
Diubah oleh Just.Junz
foto2nya bagus gan.. =P
Klo yang ane baca, pernah liat di buku geo apa lupa,, jdi klo travel kesana hrus pake pemandu and nda bole jalan sndiri, pokoknya nda bole macem2 smbarang dsna, dan perna ada foto jdi di blakang tmpat yg bagus2 itu kliatan bangunan2 tua jalan nda beraspal gtu gan,, heheh cmiiw ya
indah juga sebenarnya korut ini
Entahlah emoticon-Bingung (S) Jauh banget dari yang diberitakan emoticon-Ngakak
Kejahatan media
ada bagusnya jg si ngikut kaya korut gini
biar budaya barat gak masuk sembarangan
kek di Indonesia gini emoticon-Malu (S)emoticon-Sundul Gan (S)
beda banget sm berita2 yg bilang negara serem, byk orng kelaparan, dll
Quote:










Spoiler for The Munsu Water Park:


Spoiler for North Korean Men:


Tidak seperti turis yang pernah mengunjungi negara ini sebelumnya, Mr Pan tidak menyembunyikan foto dan video yang dia ambil selama di Korea Utara, dia hanya sekedar meminta ijin kepada pihak yang berwenang.


Spoiler for North Korea Beach:


Spoiler for Sang Fotografer Aram Pan:


Spoiler for Mount Kumgang:


Spoiler for Hairdressers:


Spoiler for Consumer Goods:


Spoiler for Volleyball:


Spoiler for Arirang Mass Games 2013:


Spoiler for Artistic Performance:


Spoiler for Woman and a Statue:


Spoiler for The City of Pyongyang:


Spoiler for Kaesong Town:


Spoiler for Landmarks:


Spoiler for The Meari Shooting Range and a House:


Spoiler for Stunning Sunset:


Spoiler for Harvest:


Spoiler for Local Cuisine:


Spoiler for Early Morning :


Spoiler for Clocking Off:


Spoiler for The Pyongyang Metro:


Spoiler for Pyongyang Streets:


Spoiler for Empty Avenues:


SUMBER : KLIK DISINI



Bagi yang ingin lihat - lihat lebih jauh bisa kunjungin Sosmed Mr Pan di sini:

FACEBOOK
WEBSITE



[/QUOTE]

Keren, info yang bagus gan. Ternyata mereka menikmati apapun dinegara mereka sendiri dan yang ane tau orang Korea Utara itu sangat mencintai negaranya sendiri walaupun banyak sekali kekurangan
bertolak belakang dgn yg selama ini koq
indah juga korut ya. emg ga begitu diketahui gmn korut yg sesungguhnya krn mereka tertutup

Ini kok mallnya sepi ya pas kim jong un apa di sterilkan
Mungkin itu setingan ?emoticon-Bingung (S)
Halaman 65 dari 77


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di