Ayo ayo agan sista yang gak mau akun sosial medianya jadi boomerang buat kerjaan, yuk mari dibaca artikel cakep dari web Soul of jakarta (
http://soulofjakarta.com/index.php?m...=5&id=NDE1NA== ) ini yuk gan
Quote:
Jakarta -
Saat ini perkembangan sosial media sudah begitu pesatnya sehingga hampir semua orang memiliki paling tidak akun di salah satu sosial media tersebut. Tak terkecuali pastinya sobat Souja, bukan? Sosial media memiliki sisi positif dan negatif bagi karir seseorang. Oleh karena itu dituntut kebijaksanaan dari sobat ketika menggunakannya. Jangan sampai opini atau hal yang sobat sampaikan di sosial media bisa menjadi boomerang tersendiri bagi karir sobat.
Lalu bagaimana menggunakan sosial media yang benar untuk peningkatan karir? Berikut ini ada tips cerdas untuk menggunakan sosial media , seperti dikutip dari laman JobsDB.
1. Mari pelajari dan pergunakan privacy settings atau pengaturan privasi yang ada di akun media sosial. Situs-situs media sosial saat ini memungkinkan penggunanya untuk mengatur privasi berbeda untuk kelompok sosial yang berbeda pula. Hal ini bisa sobat manfaatkan dengan mengelompokkan mana yang rekan kantor, saudara, sahabat, atau teman biasa. Jadi, sobat bisa mengatur kelompok mana yang melihat post sobat dan mana yang tidak bisa melihatnya.
2. Jangan pos apapun yang bisa membuat sobat tersandung masalah nantinya. Post-post bernada mengejek, menggunakan kata-kata yang tidak pantas dan sebagainya akan membuat reputasi digital sobat tercoreng. Sekarang personal branding juga bisa lewat sosial media loh sobat Souja. jadi pastikan hal-hal yang sobat post di akun sosial media tidak berbau hal-hal yang negatif.
3. Mari representasikan perusahaan sobat dengan baik. Beberapa perusahaan kerap meminta para karyawan sebagai duta tak resmi untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di akun pribadi. Jika sobat diminta untuk melakukan hal tersebut, lakukan dengan baik. Buatlah image yang baik dan mewakili nilai-nilai positif perusahaan sobat.
4. Jangan membicarakan hal-hal menyangkut pekerjaan yang sifatnya rahasia. Salah satu cara kehilangan kepercayaan dari perusahaan tempat sobat bekerja adalah mengungkap informasi yang harusnya rahasia kepada publik
5. Jaga profil media sosial sobat tetap positif dan bebas konflik. Jaga akun sobat tetap bernuansa optimistik dan merepresentasikan diri sobat sebaik mungkin. Artinya, jangan sampai sobat bertengkar secara online dan menulis komen atau memasang foto yang tidak pantas.
6. Jangan mengeluh tentang pekerjaanmu secara berlebihan di sosial media. Setelah hari yang melelahkan di kantor, apalagi di jalan pulang yang macet, rasanya sangat menggoda untuk mengeluh di Twitter atau Facebook atau blog tentang betapa menyebalkannya hari sobat. Selamatkan diri sobat dari drama yang tidak perlu di social media! Tahan dulu dan ceritakan persoalan sobat kepada sahabat atau orangtua.
Quote: