Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

celetukpolindo2Avatar border
TS
celetukpolindo2
Celetuk Politik Indonesia - Analisis BMKG Soal Mesin Air Asia Beku Keliru !!
Analisis BMKG Soal Mesin Air Asia Beku Keliru




TEMPO.CO, Jakarta - Ahli penerbangan dari Australia menjawab hasil riset Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501. Dalam penelitian tersebut, tim dari BMKG menyatakan pesawat Air Asia jatuh setelah mengalami kerusakan mesin akibat pembekuan.

Jose Silva, pengajar senior di sekolah Teknik Penerbangan, Mekanik dan Manufktur di RMIT, Melbourne, Australia menilai anggapan bahwa kecelakaan pesawat Air Asia QZ5801 disebabkan pembekuan mesin tidak tepat. "Pesawat komersil modern sudah melalui uji anti-beku untuk menghindari pembekuan mesin," kata Silva seperti dilansir The Sydney Herald, Senin, 5 Januari 2014.
Silva mengaku kaget karena lembaga pertama yang mengidentifikasi penyebab kecelakaan Air Asia QZ8501 adalah BMKG, bukan pihak penerbangan. Selain itu, kesimpulan yang dikeluarkan dianggap terlalu dini karena kotak hitam belum ditemukan.

“Meskipun bisa dibilang sebagai badan yang paling kompeten dalam memberikan informasi mengenai kondisi cuaca pada waktu dan lokasi kecelakaan tersebut, tetapi sulit dipahami bagaimana badan meteorologi dengan mudah menarik kesimpulan bahwa mesin tersebut rusak karena pembekuan,” katanya.

Selain Silva, seorang ahli penerbangan dari University of New South Wales menyatakan, sebelumnya pesawat mempunyai masalah dengan pembekuan tetapi sudah dibetulkan. "Pembekuan bukan penyebabnya karena pesawat modern dapat menghindarinya," katanya.

Pesawat Air Asia QZ5801 yang dijadwalkan terbang dari Surabaya menuju Singapura hilang dari pantauan radar otoritas penerbangan Indonesia pada Ahad pagi, 28 Desember 2014 dengan membawa 155 penumpang dan 7 awak pesawat


"Sepandai-pandai nya tupai melompat, Akhirnya jatuh juga" Kata kiasan yang mungkin tepat untuk BMKG. Seorang Ahli dan Pakar pesawat Air Bus juga telah menyatakan bahwa, Teknologi Anti Ice untuk Enggine Airbus A320 - 200 memang sudah Advance. Beda dengan pendahulunya, yang masih Half Feature. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika )bekerja sebagai ahli cuaca, dan memang bukan Ahli pesawat. Pernayataan dari Mr. Jose Silva memang benar adanya, dan memang ada Instruction manual dari seri Pesawat Airbus tersebut: Dengan sumber (Page 4) Sumber: http://www.satavirtual.org/fleet/A320LIMITATIONS.PDF
Source Info Airbus

Bagaimanapun tentang pernyataan dari BMKG, jelas terlihat nyaris tidak mungkin serta, harus memulai memikirkan penyebab lain, jelas harus mengkonsultasikan dengan pakar-pakar Air Craft yang sangat memahami tentang seluk-beluk pesawat-pesawat modern ini.

Pihak Air Asia pun, tidak berani memberikan pernyataan tentang penyebab terjadinya kecelakaan serta lebih baik menunggu Black Box nya terlebih dahulu, dan lebih baiknya Pihak pemerintah serta BMKG juga lebih baik menunggunya juga. Hingga bisa di pastikan penyebabnya, dan hindari memberikan asumsi-asumsi tak berdasar, seperti BMKG ini.

Hidup Indonesia...!!!!


Celetuk Politik Indonesia

[URL="Tempo News Source"]http://www.tempo.co/read/news/2015/01/08/061633457/Analisis-BMKG-Soal-Mesin-Air-Asia-Beku-Keliru[/URL]
Diubah oleh celetukpolindo2 08-01-2015 04:01
0
2.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan