Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eCIPUTRA.comAvatar border
TS
eCIPUTRA.com
Nikmatnya Nugget dari Kerang


Bisnis nugget dari ayam sudah biasa. Tapi nugget dengan bahan dasar kerang baru unik. Kreativitas itu lahir dari tangan lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Mereka adalah Fitri Ratna Juwita, Dina Nafea Hanifah, Afida Kholifatunnisa, Frendi Wardhana, dan M. Irfan Arganata. Melalui Nugget kerang, mereka melatih masyarakat Kecamatan Kenjeran, Surabaya untuk meningkatkan pendapatan. Bahkan saat ini, produk hasil pelatihan mereka telah dipasarkan di enam Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Timur.

Menurut Ketua Tim Fitri Ratna Juwita, program pelatihan yang mereka usung bernama Bisnis Unggulan Nugget Kenjeran (Bunaken). Mereka sengaja memilih kawasan Kenjeran lantaran kawasan itu merupakan daerah penghasil kerang terbesar di Jawa Timur.

"Masyarakat Kenjeran belum mampu menghasilkan diversifikasi produk berbahan dasar kerang dengan baik. Padahal kerang bisa menjadi olahan khas dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," tutur Fitri.

Kelima mahasiswa memproduksi nugget dari berbagai macam jenis kerang. Mulai dari Kerang Waduk, Kerang Manuk, Kerang Kur-kur, Kerang Baling-baling, Kerang Gelatik dan Kerang Tebon. "Kami menggunakan rumput laut sebagai campuran pengganti tepung," kata mahasiswi Jurusan Kimia itu.

Program yang mereka lakukan meliputi pelatihan, pendampingan pascapelatihan, dan bimbingan yang berkelanjutan. Pelatihan pengolahan Nugget Kerang telah dilakukan sejak 26 April 2014. Selain melakukan pelatihan, tim Bunaken juga melakukan pendampingan secara berkala seminggu sekali.

Tak hanya melatih masyarakat Kenjeran membuat Nugget Kerang, tim Bunaken juga membantu memasarkan nugget hasil olahan masyarakat. Hingga saat ini, produknya telah terdistribusi di 31 kecamatan di Surabaya dan beberapa kota di Jawa Timur, seperti Tuban, Jember, Kediri, Malang, dan Sidoarjo.

Bahkan, Bunaken mendapatkan dana hibah Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) untuk kategori Pengabdian Masyarakat bersama dosen Jurusan Kimia, Dra. Sukesi, M. Si. Program ini pun membawa Fitri menjadi salah satu delegasi ITS dalam Indonesia Youth Forum (IYF) 2014.

Tidak hanya itu, program ini pun mendapat apresiasi, Lurah Kelurahan Kedung Cowek Kenjeran, Purwoto. Kenjeran memang menjadi daerah binaan mereka. Purwoto mengaku senang melihat usaha tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar.

"Ini program yang sangat baik. Home industry Nugget Kerang kini jadi tren di sini. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa ITS yang bisa memberdayakan warga kami untuk menjadi pelaku usaha di tempatnya sendiri," tutur Purwoto.

Fitri dan kawan-kawan berharap bisa mengembangkan Nugget Kerang ini dengan beberapa variasi rasa. Dia juga berharap agar produknya dikenal lebih luas sebagai olahan khas pesisir Surabaya.

"Ke depan, Nugget Kerang ini akan punya stand khusus di Pasar Sentra Ikan Bulak dan menjadi salah satu pilihan utama oleh-oleh khas Kenjeran," urai Fitri.

sumber
0
2.3K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan