LiefdeZoekersAvatar border
TS
LiefdeZoekers
Gunung Soputan Meletus
Jakarta - Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus dinihari tadi. Namun menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), keadaan masih aman dan status masih belum dinaikkan dari level siaga.

Menurut informasi dari BNPB yang diterima detikcom, Selasa (6/1/2015), Gunung Soputan meletus pada pukul 02.47 WITA dinihari tadi. Status siaga (level 3) tetap diberlakukan dengan radius steril 6,5 km dari puncak gunung.

"Kepala PVMBG Badan Geologi telah melaporkan kepada Kepala BNPB dan BPBD bahwa telah terjadi letusan Gunung Soputan. Aliran lava teramati mengarah ke lereng Barat-Barat Daya sekitar 2.000 m dari puncak gunung," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya.

Menurut Sutopo, hasil pengamatan visual dari Pos Pengamatan Gunungapi Soputan di Desa Silitan Tiga yang berada di 10 km sebelah Barat Daya puncak Soputan, terpantau kolom letusan berwarna kelabu tebal kehitaman dengan tekanan kuat. Estimasi ketinggian kolom letusan mencapai sekitar 6.500 m di atas puncak gunung.

"Saat letusan, angin condong ke arag timur-tenggara. Status tetap siaga (level 3) radius steril 6,5 km dari puncak Gunung Soputan," kata Sutopo.

Sutopo pun menjelaskan hingga saat ini kondisi di sekitar lokasi Soputan masih aman sehingga belum perlu dilakukan pengungsian warga. Aktivitas warga juga disebutnya masih berjalan seperti biasa.

"Belum perlu ada pengungsian. Kondisi masyarakat normal dan tetap beraktivitas seperti biasa," tutupnya.

Submber :http://m.detik.com/news/read/2015/01/06/070709/2794810/10/gunung-soputan-di-sulut-meletus-bnpb-nyatakan-warga-belum-perlu-mengungsi

Semoga bencana di Indonesia segera berakhir gan 🙏
0
1.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan