Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaxetosAvatar border
TS
kaxetos
[PANTESAN KECELAKAAN] "Pilot AirAsia Tak Pernah Dibriefing Sebelum Terbang"

Maskapai AirAsia saat akan melakukan take-off di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Kementerian Perhubungan akan menerbitkan surat edaran untuk mewajibkan seluruh maskapai melakukan briefing awal sebelum penerbangan. Upaya ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Nanti akan kami terbitkan edaran resminya. Jadi seluruh pilot wajib ada briefing secara fisik (langsung) dengan Flight Operations Officer (FOO) atau pilot senior sebelum penerbangan," kata Staf Khusus Menhub, Hadi Mustafa Djuraid di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat, 2 Januari 2015.

Dengan adanya briefing sebelum penerbangan, pilot bisa mengetahui rencana terbang atau flight plan secara menyeluruh. Mulai dari informasi cuaca, jumlah penumpang, rute terbang bahkan hingga ketersediaan bahan bakar.

Pantauan Kemenhub selama ini kata Hadi, banyak maskapai yang sudah jarang melakukan briefing secara langsung terhadap pilot mereka. Umumnya, hanya berkas flight plan yang dibawa pilot untuk dipelajari sendiri oleh pilot sebelum terbang.

"Cuma Garuda yang masih melakukan briefing fisik. Ruang briefingnya juga lebih memadai. Sementara yang lain sudah jarang," kata Hadi.

Terkait penerbangan pesawat AirAsia QZ 8501 pada Minggu, 28 Desember 2014 lalu, Hadi mengakui bahwa maskapai ini tidak melakukan briefing awal. Bahkan terungkap, AirAsia justru mengambil data laporan cuaca, usai pesawat yang membawa penumpang 155 orang dan awak tujuh orang tersebut hilang dari radar.

"Karena ini juga, ke depan kami akan mewajibkan seluruh maskapai untuk melakukan briefing awal sebelum pilotnya terbang," kata Hadi.

Sumber

---

Memang harusnya briefing dulu, jangan menganggap remeh pentingnya briefing emoticon-Cape d... (S)

Bagus masih ada Garuda Indonesia yang selalu briefing sebelum take off emoticon-thumbsup
0
7.3K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan