Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mycodenamexAvatar border
TS
mycodenamex
ISSUE KEAMANAN DAN PENYALAH GUNAAN IMEI.. PART 1
Beberapa minggu yg lalu saat ane iseng browsing, prihal invalid imei ane tiba-tiba terpikir, beberapa produk SC, begitu hebat nya yah, mereka memberikan secret code untuk memperbaiki imei mereka yg terbaca invalid imei / null imei, atau dengan bantuan software tertentu yg bisa di download dari manapun asal ente rajin browsing, untuk bisa merubah atau memperbaiki imei perangkat HH ente. Mungkin sebagian rekan sudah paham ttg apa itu imei, dan mungkin juga sebagian besar juga paham kenapa setiap devices HH agan harus memiliki imei.. berdasarkan informasi dari wikipedia, IMEI yaitu serial number yg sifatnya unik, dan tidak dapat / tidak boleh digandakan, karena sebagai identitas dari tiap perangkat. seperti nomor mesin / rangka mobil / motor anda yg diberikan serial number atau kode registrasi mesin yg kemudian didaftarkan ke pihak kepolisian indonesia, untuk mendapatkan plat kendaraan atau kalo di kita sebut saja nomor telp msisdn nya yg kita bisa beli bebas berpindah2 operator sesuka hati kita, bedanya untuk plat nomor kendaraan tidak bisa se enaknya. walau ada nomor mesin dan nomor rangka, kendaraan sama seperti hh ente yg memiliki kode registrasi imei dari pabrikan. imei adalah : International Mobile Station Equipment Identity. IMEI terdiri dari 15 digit angka unik. tetapi pada kenyataannya, ternyata serial number imei itu oleh beberapa produsen HH brand china kebanyakan yah, bisa di gandakan sesuka hati ke perangkat HH / handphone produk mereka. trus masalahnya dimana??? ruginya buat kita apa?? terus masalah gitu?? hahaa.. jawabannya BISA "YA" BISA "TIDAK" tergantung sudut pandang dan memanfaatkannya. nanti akan ane berikan beberapa analisa nya emoticon-Smilie kalo bener alhamdulilah karena Allah kasih ane ide, tapi kalo salah yah semata-2 kekurangan diri ane yg masih newbie dan butuh banyak belajar dengan para master, dibidang keamanan teknologi. hehhe..

dibeberapa situs website kebanyakan mereka menulis bahwa kode imei itu digunakan untuk memblokir imei Handphone ente jika hilang, emoticon-Smilie betul gak hehhee, dan ada beberapa yg menulis untuk menekan angka penyelundupan ponsel illegal yang masuk ke indonesia,.. seperti yg beberapa rekan pakai emoticon-Smilie termasuk ane, terus terang ane pakai pertama kali karena tertarik model nya dan harganya dan explorer porting rom nya

seperti kutipan berita dari situs detikcom

  1. "IMEI atau International Mobile Equipment Identity, yang dianggap unlegitimated atau ilegal belakangan diusulkan oleh Menteri Perdagangan Gita Wiryawan untuk diblokir berdasarkan Peraturan Menteri perdagangan No. 82/M.DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet."

  2. kutipan dari beberapa berita lagi dari detik antara lain "Tujuan IMEI adalah untuk memudahkan pengidentifikasian perangkat telekomunikasi. Sehingga jika suatu perangkat telekomunikasi hilang, yang bersangkutan bisa meminta pihak penyelenggara telekomunikasi untuk melakukan pemblokiran."

  3. Dan ada beberapa kutipan berita lagi seperti "operator seluler bisa menggunakan IMEI untuk memberikan promosi atau diskon khusus untuk tipe ponsel tertentu. Jadi singkatnya operator bisa mengetahui tipe ponsel yang sedang Anda gunakan lalu memberikan penawaran yang tepat. Tidak ada gunanya kan menawarkan paket internet pada ponsel seperti nokia 1200 atau layar hitam putih yang tidak punya konektivitas data. Contoh nyata lain, di menu *123# XL menampilkan tawaran paket sesuai dengan tipe ponsel. Misalnya di Blackberry saya menu *123# menampilkan tawaran BB XmartPlan. Bila saya pakai ponsel Androidnya Samsung, maka tawaran yang muncul adalah Samsung XmartPlan."

  4. atau tawaran paket internet untuk produk smartphone tertentu seperti telkomsel yang menawarkan paket internet paket data untuk sam**ng tipe tertentu dan ini yang ane pernah coba" nanti ane cerita in berdasarkan pengalaman dan ane pernah uji. hehehe tetapi taukah rekan2 sekalian dahsyat nya lagi hacking imei ini jika di explorer lebih jauh lagi?? hmmm sekedar berbagi informasi sekali lagi ane hanya sekedar menulis, tanpa ada maksud mengajarkan / memberikan ide, atau memanfaatkan dari sisi buruk nya tetapi sekedar jadi pedoman kehati2an kita dengan perangkat devices handphone kita untuk kedepannya"


beberapa situs bisa kita temui untuk mengetahui valid / tidak nya atau imei produk kita sesuai dengan perangkat devices kita atau tidak salah satu nya :

1. http://www.imei.info/
2. http://www.numberingplans.com/?page=...ans&sub=imsinr
3. http://imei-number.com/imei-validation-check/
4. dll deh, ente bisa googling sendiri untuk mengetahui imei perangkat handphone ente sesuai produk dan spesifikasi atau tidak.

kalau kita teliti pemberitaan di internet prihal issue pemblokiran imei mungkin sudah keluar di kisaran tahun 2009-2010 pemberitaannya, seperti sebuah kutipan berita antara lain :

"Jakarta - Ponsel yang memiliki nomor IMEI ilegal yang jumlahnya terdeteksi sekitar 50 juta, akan mulai diblokir paling cepat 2014 mendatang untuk menekan perederan ponsel dari black market. Apa tidak ada cara lain?"
Ane lom bisa jawab untuk angka 50 juta perangkat yg di beritakan oleh detik, sumber data perhitungannya, akan tetapi anggaplah data itu benar artinya apakah operator telko rela kehilangan 50 juta pelanggan / phone illegal itu untuk di blokir secara massal hitung2 bisnis pasti nya mereka tarik ulur ya kan hehehhe. atau bisa jadi lebih dari 50 jt perangkat yg beredar wallahualam, hehe ane ga bahas untuk data valid nya, ada pihak yg lebih kompeten untuk bisa menghitung secara valid, karena yg ane bahas sisi lain pemanfaatannya.

oke setelah basa basi panjang x lebar sama dengan membosankan hahahaha. kita akan bahas ke pokoknya, kenapa ane tulis di judul

"ISSUE KEAMANAN DAN PENYALAH GUNAAN IMEI.."

ane harus sampaikan terlebih dahulu alasan yang ane akan tulis disini" jadi mohon bukan satu alasan pembenaran dari ane tetapi pembelajaran tapi ane mohon maaf, tidak ada maksud mengajarkan yg salah tetapi tergantung seberapa cerdas setiap orang yg membaca untuk menyikapinya" dan bukan sekedar black hacking atau white hacking atau apapun murni hanya sebuah tulisan" yang semoga bermanfaat buat forum dan semua bangsa dan setanah air "

mau lanjuttt??? akan ane sambung tulisan ini secepatnya di part 2 sabar yah gan kali aja seru hehehe tapi kalo ga yah maaf

SEMOGA HT emoticon-Smilie HEHEHE
DITUNGGU CENDOL NYA YAH GAN BUAT NEWBIE emoticon-Smilie
emoticon-Cendol (S)
klik disini PART 2 PENYALAH GUNAAN IMEIemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh mycodenamex 04-01-2015 07:56
1
9.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan