- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Proyek Tol Bogor Ring Road Seksi IIA, Inovasi Metode Kontruksi Jembatan di Indonesia!


TS
alvePaung
Proyek Tol Bogor Ring Road Seksi IIA, Inovasi Metode Kontruksi Jembatan di Indonesia!
Halo Gan, Balik lagi ama ane ni, udah lama nih ane ga bikin thread di Lounge

Kali ini ane mau share salah satu karya dari anak bangsa di bidang infrastruktur gan,

Namanya adalah Proyek Pembangunan Jalan tol Bogor Ring Road Seksi IIA ( Ruas Kedung Halang- Kedung badak)
Latar Belakang dibangunnya proyek ini adalah (Orang Asli Bogor Pasti Tau Banget Nih)
1. Meningkatnya Traffic Lalu Lintas Di Kawasan Bogor ( terutama Bogor Utara) dengan berjamurnya perumahan-perumahan disekitar bogor

2. Terjadi kemacetan yang luar biasa di Kota Bogor ( Apalagi Weekend) di Sepanjang Jalan KH. Sholeh Iskandar ( Lebih dikenal olehWarga Bogor Sebagai Jalan Baru), 3 titik yang menyebabkan kemacetan adalah, simpang kedung halang, jembatan sungai ciliwung, dan underpass semplak, yang membuat jarak tempuh kedung halang sampai yasmin sepanjang 8KM ditempuh dalam 1 jam di waktu macet!!!!! sungguh sangat mengganggu dan menguras emosi warga bogor, apalagi jam berangkat dan pulang kantor hehe

3. Untuk merangsang pembangunan infrastruktur dan ekonomi di kawasan Bogor Utara yang memang agak tertinggal dibanding kawasan kota Bogor Yang lain

oleh Karena itu dicanangkanlah Proyek Pembangunan Jalan tol Bogor Ring Road Seksi IIA ( Ruas Kedung Halang- Kedung badak) sepanjang 2,6 KM yang design konstruksinya sudah mulai dikerjakan dari tahun 2005 namun pelaksanaan konstruksinya baru bisa terlaksana di Bulan Agustus 2012.
Berikut adalah Technical Specification dari Proyek Ini:
Technical Specification Bogor Ring Road Project :
Bridge Structure :
-Length : 1521,4 m
-Width : 2 x 10.3 m
-Abutment : 1 pcs
-Bored Pile F 1,2m : 128 pcs
-Bored Pile F 0.80m : 20 pcs
-Pier : 30 pcs
-Precast Box Girder : 1032 pcs
On Ramp Bridge Structure
-Length : 375 m
-Width : 9.0 m
-Abutment : 1 pcs
-Bored Pile F 0.80m : 78 pcs
-Pier : 11 pcs
Off Ramp Bridge Structure
-Length : 325 m
-Width : 9.0 m
-abutment : 1 pcs
-Bored Pile F 0.80m : 70 pcs
-Pier : 10 pcs
Yang Paling Membanggakan dari proyek ini adalah:
1. Proyek ini menggunakan metode konstruksi baru yang pertama kali diterapkan di indonesia, yang membuat proyek ini diselesaikan dengan waktu yang lebih singkat, sehingga meminimalisir gangguan terhadap traffic dibawahnya (karena proyek ini dikerjakan di tengah jalan Sholeh Iskandar)
2. Semua Elemen dari Proyek ini adalah Karya Anak Bangsa gan, mulai dari design jembatan ini oleh Prof Jody Firmanjah ( Ahli Jembatan dari ITB Gan), Fabrikasi Box Girder ( Wika Beton ), Fabrikasi Launching Gantry untuk Erection Box Girder ( Wika Steel), Kontraktor ( PT Wijaya Karya (WIKA), Konsultan ( PT TGP, Eskapindo,dan Indec)
Proyek Tol Bogor Ring Road Seksi IIA sudah dibuka dan bisa dilewati mulai tanggal 30 Mei 2014 kemarin gan

Berikut sedikit oleh2 gambaran dan foto saat pelaksanaan proyek ini gan
Semoga Sharing dari ane bermanfaat bagi kita semua, mudah-mudahan Engineer-Engineer Kita bisa membuat dan Melaksanakan yang lebih bagus, keren dan hebat daripada Proyek ini kelak gan,aminnnnn
UPDATE GAN
Ada tambahan foto dari "kaskuser" nih gan



Kali ini ane mau share salah satu karya dari anak bangsa di bidang infrastruktur gan,


Namanya adalah Proyek Pembangunan Jalan tol Bogor Ring Road Seksi IIA ( Ruas Kedung Halang- Kedung badak)
Latar Belakang dibangunnya proyek ini adalah (Orang Asli Bogor Pasti Tau Banget Nih)

1. Meningkatnya Traffic Lalu Lintas Di Kawasan Bogor ( terutama Bogor Utara) dengan berjamurnya perumahan-perumahan disekitar bogor


2. Terjadi kemacetan yang luar biasa di Kota Bogor ( Apalagi Weekend) di Sepanjang Jalan KH. Sholeh Iskandar ( Lebih dikenal olehWarga Bogor Sebagai Jalan Baru), 3 titik yang menyebabkan kemacetan adalah, simpang kedung halang, jembatan sungai ciliwung, dan underpass semplak, yang membuat jarak tempuh kedung halang sampai yasmin sepanjang 8KM ditempuh dalam 1 jam di waktu macet!!!!! sungguh sangat mengganggu dan menguras emosi warga bogor, apalagi jam berangkat dan pulang kantor hehe


3. Untuk merangsang pembangunan infrastruktur dan ekonomi di kawasan Bogor Utara yang memang agak tertinggal dibanding kawasan kota Bogor Yang lain


oleh Karena itu dicanangkanlah Proyek Pembangunan Jalan tol Bogor Ring Road Seksi IIA ( Ruas Kedung Halang- Kedung badak) sepanjang 2,6 KM yang design konstruksinya sudah mulai dikerjakan dari tahun 2005 namun pelaksanaan konstruksinya baru bisa terlaksana di Bulan Agustus 2012.
Berikut adalah Technical Specification dari Proyek Ini:
Technical Specification Bogor Ring Road Project :
Bridge Structure :
-Length : 1521,4 m
-Width : 2 x 10.3 m
-Abutment : 1 pcs
-Bored Pile F 1,2m : 128 pcs
-Bored Pile F 0.80m : 20 pcs
-Pier : 30 pcs
-Precast Box Girder : 1032 pcs
On Ramp Bridge Structure
-Length : 375 m
-Width : 9.0 m
-Abutment : 1 pcs
-Bored Pile F 0.80m : 78 pcs
-Pier : 11 pcs
Off Ramp Bridge Structure
-Length : 325 m
-Width : 9.0 m
-abutment : 1 pcs
-Bored Pile F 0.80m : 70 pcs
-Pier : 10 pcs
Yang Paling Membanggakan dari proyek ini adalah:
1. Proyek ini menggunakan metode konstruksi baru yang pertama kali diterapkan di indonesia, yang membuat proyek ini diselesaikan dengan waktu yang lebih singkat, sehingga meminimalisir gangguan terhadap traffic dibawahnya (karena proyek ini dikerjakan di tengah jalan Sholeh Iskandar)

2. Semua Elemen dari Proyek ini adalah Karya Anak Bangsa gan, mulai dari design jembatan ini oleh Prof Jody Firmanjah ( Ahli Jembatan dari ITB Gan), Fabrikasi Box Girder ( Wika Beton ), Fabrikasi Launching Gantry untuk Erection Box Girder ( Wika Steel), Kontraktor ( PT Wijaya Karya (WIKA), Konsultan ( PT TGP, Eskapindo,dan Indec)

Proyek Tol Bogor Ring Road Seksi IIA sudah dibuka dan bisa dilewati mulai tanggal 30 Mei 2014 kemarin gan


Berikut sedikit oleh2 gambaran dan foto saat pelaksanaan proyek ini gan
Spoiler for pada saat kunjungan Menteri PU Pak Djoko Kirmanto gan:
Spoiler for Pemasangan Bekisting Pier Head (Kepala Pier):
Spoiler for Erection Box Girder (Pemasangan Bentang Jembatan) di simpang KedungHalang Gan :
Spoiler for Penyambungan Bentang Jembatan:
Spoiler for Penyambungan Bentang Jembatan:
Spoiler for Alat untuk mengangkat bentang jembatan gan namanya Launching Gantry :
Spoiler for Saat Box Girder ( Bentang jembatan) disusun gan:
Spoiler for Saat Box Girder ( Bentang jembatan) disusun gan:
Spoiler for Pekerjaan dilaksanakan nonstop 24Jam sehari gan :
Spoiler for Bird View Proyek gan:
Semoga Sharing dari ane bermanfaat bagi kita semua, mudah-mudahan Engineer-Engineer Kita bisa membuat dan Melaksanakan yang lebih bagus, keren dan hebat daripada Proyek ini kelak gan,aminnnnn



UPDATE GAN
Ada tambahan foto dari "kaskuser" nih gan
Spoiler for update foto dr kaskuser:




[size="4"]Jangan Lupa Dirate, Dicomment dan Cendolnya yagan 

[/B] 


Diubah oleh alvePaung 02-01-2015 13:19
0
25.8K
244


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan