Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mortentAvatar border
TS
mortent
Penyebab Anjing Tidak Mau Makan atau Susah Makan & Cara Mengatasinya
Penyebab Anjing Tidak Mau Makan atau Susah Makan

Hampir semua anjing akan melahap apa saja tanpa ragu-ragu sedikit pun. Di sisi lain, ada beberapa anjing yang tidak begitu menunjukkan antusias kepada makanan ketika diletakkan di depan mereka. Agan mungkin pernah mengalaminya dengan anjing agan. Bisa jadi ada sesuatu atau alasan yang membuat anjing agan tidak tertarik dengan makanannya dan malah menjauhinya.


Beberapa alasan mengapa anjing tidak mau makan

Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Pastikan Anjing Anda Sehat
Hal pertama yang harus agan pastikan adalah anjing agan dalam kondisi yang sehat secara umum. Jika anjing agan pada kesehariannya selalu lahap atau nafsu makan dan tiba-tiba nafsu makannya berkurang, maka hal ini harus segera diperhatikan dan dicari jalan keluarnya. Jika anjing agan kehilangan berat badan baru-baru ini atau sering muntah atau diare juga, maka saatnya anda membawa anjing anda ke dokter hewan emoticon-Mewek


Masalah dengan gigi atau masalah dalam mulut juga bisa menyebabkan susah makan bahkan untuk anjing yang sangat kelaparan sekalipun
Periksa mulutnya apakah ada luka, tumbuh gigi, gigi rusak atau benda asing yang mungkin menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman pada anjing agan. Selain itu, masalah kesehatan lainnya mungkin bisa menjadi pemicu dan sebaiknya agan periksakan ke dokter hewan. Setelah diketahui penyebabnya dan diobati maka selera makan anjing agan harusnya dapat kembali dengan cepat.

Pengaturan Dog Food dan Kebiasaan Buruk
Jika penyebabnya bukan masalah kesehatan, agan mungkin perlu mempertimbangkan bahwa mungkin anjing agan mendapatkan kebiasaan buruk dari pemiliknya emoticon-MarahSering memberikan anjing anda cemilan ekstra dengan rasa yang lebih enak dan lebih menarik daripada dog food yang biasa ia makan, bisa menyebabkan anjing lama kelamaan menjadi "pilih-pilih makan". Jika ada banyak orang atau anggota keluarga dalam rumah yang suka memberikan cemilan atau makanan sisa dari meja makan kepada anjing agan, maka hal itu bisa menyebabkan beberapa masalah serius, termasuk obesitas/kegemukan.


Pada kasus dimana sering sekali memberikan makanan sisa meja makan kepada anjing, dapat menimbulkan kecenderungan pada anjing untuk bertahan (tidak memakan dog foodnya) sampai mereka diberikan makanan yang lebih enak dibandingkan dog food yang biasa mereka makan. Kebiasaan ini yang harus anda ubah dan berhenti untuk memperkuat kebiasaan buruknya ini. Sisa makanan meja dan cemilan yang berlebihan hanya akan menyebabkan kenaikan berat badan dan tidak memberikan gizi seimbang. Anjing agan memerlukan makanan dengan gizi seimbang dalam jumlah yang sesuai setiap hari untuk menjaga kesehatannya. Jadi, dalam kasus ini, membuat perubahan sangatlah Penting.


Berhenti memberikan cemilan atau makanan ekstra dan tetap berpegang pada pemberian dog food yang telah dijadwalkan setiap harinya

Berikan jumlah takaran dog food yang tepat secara teratur setiap hari dan menunggu. Jika anjing anda tidak mau makan dog food yang diberikan, coba lagi di hari berikutnya. Tidak akan membuatnya sakit jika dia tidak memakan makanannya selama satu atau dua hari, selama dia dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak dalam usia yang terlalu muda (atau menderita diabetes). Hal ini akan membantu mendorong nafsu makan terhadap dog foodnya dan setelah beberapa saat ia akan belajar bahwa hanya makanan ini yang akan dia dapatkan setiap hari.

Pilihan Dog Food dan Cara Memberi Makan
Periksa dog food yang anda berikan untuk memastikan bahwa tidak rusak atau sudah kadarluasa. Ini mungkin bisa menjadi alasan mengapa anjing anda tiba-tiba tidak mau memakan makanannya. Pastikan makanan anjing yang diberikan aman, bergizi, dan konsisten. Jangan mengganti-ganti makanan anjing terus menerus karena hal ini dapat mengganggu sistem pencernaannya. Jika anda ingin mencoba memberikan makanan anjing dengan rasa atau merek yang berbeda, ganti dengan perlahan dan campur sedikit makanan lama dengan makanan baru dari waktu ke waktu sampai akhirnya ia terbiasa dengan makanan baru.


Jika anjing anda tetap tidak juga mau makan dog food kering, berikut ada cara yang mungkin bisa membujuknya untuk makan
Agan bisa mencoba memberikan merek lain atau rasa yang berbeda yang mungkin lebih enak daripada makanan sebelumnya. Campur dengan satu atau dua sendok makan dog food kalengan (canned food) dengan dog food kering mungkin bisa memberikan dorongan rasa yang lebih enak. Dog food kaleng bisa dihangatkan sedikit dengan microwave, air hangat atau kaldu ayam hangat dan dicampurkan dengan dog food kering untuk memberikan kehangatan dan aroma yang lebih keluar.


Membawa anjing anda berjalan-jalan sebelum waktunya makan juga bisa membantu menambah nafsu makannya
Jika anda dapat mengatur jadwal latihan berjalan setiap hari sebelum waktu makan secara teratur, hal ini bisa membantu anjing anda untuk mengasosiasikan kegiatan berjalan itu dengan waktunya makan.

emoticon-2 Jempol Tetap Positif dan Bersabar emoticon-2 Jempol
Anjing anda mungkin menanggapi isyarat perilaku agan selama waktu makan. Atau ia mungkin menikmati perhatian yang diberikannya ketika ia tidak mau makan makanannya, sehingga memperkuat perilaku buruknya. Dengan memperlihatkan hal yang positif selama waktu makan akan memberikan dorongan positif kepada anjing agan. Puji anjing anda ketika ia memakan makanannya dan berikan perhatian hanya setelah ia selesai makan.


Tinggalkan anjing dengan dengan tempat yang aman untuk makan sendiri, jauh dari gangguan atau kompetisi dengan anjing atau hewan peliharaan lainnya, mungkin bisa membantu. Berikan makanan kepada anjing anda dalam jangka waktu yang singkat dan kemudian ambil makanannya. Hal ini akan mengajarkan kepada anjing untuk makan secara teratur dalam waktu yang telah diberikan.

Diatas semuanya, bersabar dengan anjing anda dan perhatikan secara cermat jika ada tanda-tanda anjing anda sakit emoticon-anjing emoticon-anjing
Konsultasikan dengan dokter hewan jika anda khawatir terhadap kesehatannya. Waktu, disiplin diri dan konsistensi akan berpengaruh besar untuk menyembuhkan perilaku anjing anda yang "pilih-pilih makan"

SAYANGI ANJING ANDA, JANGAN MEMELIHARANYA JIKA HANYA UNTUK MEMBUAT DIA SENGSARA
SEMOGA BERMANFAAT BUAT PARA PENCINTA ANJING emoticon-Peluk emoticon-Peluk
@MortentFs
Diubah oleh mortent 30-11-2014 12:27
nona212
nona212 memberi reputasi
1
5.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan