CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/549c50e332e2e63b018b456c/bukit-sikunir-dan-sunrise-terbaik-di-jawa-tengah

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

Gunung Sindara yang biasa disebut Sindoro merupakan Gunung yang mempunyai tinggi 3.150 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan sebuah gunung volkano yang masih aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. sangat dekat denganTemanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara ini terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. deretan Gunung berapi yang cantik ini kita bisa menikmatinya di Bukit Sikunir Dieng, ya disinilah adalah spot yang paling baik untuk menikmati keindahan keindahan pegunungan Volcano aktif ini secara keseluruhan. untuk mencapai Bukit Sikunir Dieng ini kita harus menyusuri dan mendaki jalan setapak selama 1.5 sd 2 jam diwaktu subuh.

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

bisa dikatakan view terbaik untuk menikmati sunrise di Dieng adalah di Gunung Sikunir ini, Gunung Sikunir mungkin tidak sepopuler Gunung Merapi di Yogyakarta atau Gunung Bromo di Tengger. Gunung ini adalah salah satu gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2300 meter di atas permukaan laut. disini kita bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Slamet dan barisan gunung lainnya. lokasi ini Terletak 8 kilometer dari Dieng dan untuk menuju Gunung ini adalah dengan mendaki start mulai dari jam 4 pagi.

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

disini sangat diperlukan senter sebagai penerangan, jaket dan kondisi fisik yang kuat. umumnya untuk mendaki Gunung ini memakan waktu 45 menit dan paling lama 1 jam. perlu diingat disini diketinggian 2300 meter dari permukaan laut membuat udara tipis, sehingga akan membuat napas kita tersengal saat mendaki. cobalah untuk mengatur pernapasan anda melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut secara teratur.

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

Sebuah danau hijau kecil yang terletak di bagian bawah Gunung Sikunir, dilokasi Telaga Cebong ini sebenarnya adalah tempat parkir kita menuju gunung Sikunir. karena kita tiba pada saat subuh sehingga danau ini tidak terlihat, tetapi setelah menuruni Gunung Sikunir, dari jauh mulai tampak keindahan Telaga Cebong ini. konon danau ini dinamakan telaga cebong karena ada banyak kecebong di danau dan juga ada yang melihat telaga ini mirip berbentuk cebong, selain itu pemandangan sekitar telaga ini juga sangat indah.Di sisi lain dari danau ada sebuah desa bernama Sembungan. ini merupakan desa yang tertinggi di Jawa dengan ketinggian 2300m di atas permukaan air laut.

Bukit Sikunir dan Sunrise Terbaik di Jawa Tengah.

disini sangat diperlukan senter sebagai penerangan, jaket dan kondisi fisik yang kuat. umumnya untuk mendaki Gunung ini memakan waktu 45 menit dan paling lama 1 jam. perlu diingat disini diketinggian 2300 meter dari permukaan laut membuat udara tipis, sehingga akan membuat napas kita tersengal saat mendaki. cobalah untuk mengatur pernapasan anda melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut secara teratur. setiba di puncak gunung Sikunir sangat mengagumkan, anda dapat melihat kabut mengelilingi gunung. Bila cuaca jelas, Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Ungaran akan dilihat dari Sikunir. semakin pagi kabut semakin menghilang dan detail jelas Gunung Sindoro membuat berdecak kagum baik wisatawan maupun Fotografer, perjalanan yang lumayan berat dipagi hari terbayar sudah menikmati keindahan pagi disini.

Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”
Halaman 1 dari 42
reserved for update dari agan2...

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh bheka
Pas banget mau kesana..kira2 rute tempuh/aksesnya susah gk yah.. secara akses darat klo via banjarnegara kan lagi ada bencana tuh..terus gimana cuaca terkini, ada saran gk om ?
Kan lagi musim hujan belakangan.
Quote:


ke dieng bs ditempuh dari rute semarang atau jogja..memang jalannya agak rusak apalagi musim ujan gini..kalau mau kesana dan cuaca bagus3nya itu pas festival dieng..kemungkinannya bulan juni - juli - agustus utk dapat cuaca bagus seperti foto diatas...
kemarin ada rencana taun baruan mo kesini emoticon-Belo
tapi ga jadi emoticon-Hammer
Quote:


seru kali ya tahun baruan disini..sambil menikmati mentari pertama kali muncul ditahun 2015 emoticon-Smilie rekomended buat temen2 di Jawa Tengah nih..daripada ugal2an naik motor dijalan mending trekking ke sikunir hehe... emoticon-Ngakak
mupeeeeeeeeng banget kakak emoticon-Big Grin

om, kalo ke gunung bawa kamera ada perlakuan khusus gag ya terhadap dinginnya
Quote:


Kalau sikunir aja sih ga ada perlakuan khusus gan..tp ane pernah ke rinjani dan batere kamera dslr ane ngedrop..pas dipuncak gunung cara paling simple agan balutin kameranya pakai baju bbrp buah..lumayan buatngurangin dingin..
sikuniremoticon-Belo tempat favorit ane&temen2 buat melepas penat dikala eneg karna bikin laporanemoticon-Ngakak (S) , tp itu cerita 4thn yg lalu emoticon-Hammer (S) jd kangen masa2 kuliah duluemoticon-Hammer (S),
beuggghh pengen banget trekking ke sono emoticon-Frown
itu dari terminal dieng pake apa yah ke sono?
Quote:


sepertinya belum ada kendaraan umum yang lewat ke sikunir, kalaupun ada pasti siang..mending naik ojek aja gan..kalo siang disini udah jelek,bagusan sunrise..
Quote:


hebat juga di sono ada ojek pagi2 buta emoticon-Belo
mungkin kalo mau paling aman ya camping aja yah dekat situ emoticon-Big Grin
Quote:

Iya nihh kudu musim semi kayaknya..hehee
klo gk bs kaya ane nehhh..nekad kemarin
Spoiler for :
Quote:


waduh ini belum lama ya gan hehe..wah ga bisa liat apa2 ya.. saran memang juni sampai agustus kesananya...
Quote:

Iya omm 27 des kemarin emoticon-Big Grin

disana penduduk jg saranin pas dieng festifal sj pas rame.
tp kemaren ja yg kondisi macem itu aj yg antusias look sunrise aj bejibun wali tiada hasil..gimna pas peak season itu yahhh hehee
Quote:


pas festival dieng ga gt rame jg kok di sikunir, kan ga semua orang kesini krn aksesnya..

biasanya saya seminggu pas festival, jd sebelum festival bs hunting2..
Wah pgn cepet2 ngetrip kesana emoticon-Matabelo
mantep emang ni emang Sikunir, terakhir kesana kemaren pas semester 6 bareng temen-temen kampus buat ngejar sunrise habis UAS, walaupun harus berkabut dulu ama berdingin-dingin ria pas nanjak, tapi view sunrisenya manteb emoticon-Matabelo
emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh ufoterbang
Ane februari atau ngga awal maret besok rencana mau kesana,,
Kira" gimana gan apa di tunda aja
Ane takut cuaca nya ngga mendukung

Butuh pencerahan gan emoticon-Turut Berduka
Quote:

tergantung kesiapan agan sih, soalnya kalo pas musim ujan apalagi habis ujan biasanya jalannya licin, berkabut, buat jaga2 bawa payung/mantel ama senter, dan jangan terlalu ngejar sunrise kalo musim ujan, soalnya biasanya berkabut emoticon-Big Grin

tapi kalo menurut ane enak pas bulan juni juli gan, kalo gak pas ada festival di dieng kayak festival balon udara gitu emoticon-Smilie
Diubah oleh ufoterbang
Halaman 1 dari 42


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di