Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mamiqdatuAvatar border
TS
mamiqdatu
Fakta Tentang Surga Dunia Raja Ampat
GINI AJA GAN BIAR SINGKAT, RAJA AMPAT SURGANYA DUNIA DENGAN SEJUTA KEINDAHANNYA



Spoiler for Intro Dulu Gan:


Quote:



monggo mengenal lebih dekat raja ampat, walaupun sekedar lewat tulisan gan, tapi ane yakin pasti tertarik kesana emoticon-I Love Indonesia (S)


1. “Hutan Amazon” di bawah laut

Jika hutan Amazon merupakan hutan yang memiliki spesies binatang darat terbanyak, maka perairan Raja Ampat adalah “Hutan Amazon” di bawah laut. Di sini, penyelam bisa menjumpai Papuan Epaulette hingga hiu karpet Wobbegong Shark, kuda laut jenis pigmy yang sebesar ruas kelingking hingga ikan besar dengan bentang sayap mencapai lima meter, serta rombongan ikan Barakuda. Raja Ampat ibarat perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.
Spoiler for Hutan Amazon Dalam Air:


2. Nama Raja Ampat

Nama Raja Ampat diambil dari cerita rakyat yang ada di wilayah tersebut. Dalam Bahasa Indonesia, Raja Ampat berarti “Empat Raja”, yaitu empat orang Raja yang menguasai empat kerajaan di wilayah tersebut, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, and Batanta.

Dalam cerita rakyat tersebut dituturkan bahwa pada zaman dahulu kala ada sepasang suami istri yang tidak sengaja menemukan 6 butir telur naga di tepi sungai Waikeo. Karena lapar, mereka berniat untuk memasak keenam telur tersebut. Ketika hendak dimasak, empat dari enam telur tersebut menetas dan keluar 5 bayi manusia, 4 laki-laki dan satu perempuan. Mereka kemudian diberi nama War, Betani, Dohar, Muhammad dan yang perempuan diberi nama Pintolee. Semuanya dipelihara oleh suami istri tersebut.
Spoiler for Nama Raja Ampat:


3. “Ditemukan” saat mencari kapal yang karam

Kecantikan Raja Ampat mulai mendunia pada tahun 1990. Saat itu, seorang penyelam berkebangsan Belanda bernama Max Ammer mengunjungi kawasan ini. Tujuannya awalnya adalah menelusuri keberadaan pesawat dan kapal yang digunakan dalam Perang Dunia II yang diperkirakan karam di kawasasan tersebut. Ternyata Max Ammer sangat terpesona dengan keragaman biota di Raja Ampat, sehingga pada tahun 1998 ia mengajak Gerry Allen, seorang ahli perikanan dari Australia, untuk mengadakan survei di tempat ini.
Spoiler for Ditemukan:


4. Masuk dalam 10 Tempat Penyelaman Paling Populer di Dunia

Bagi seorang penyelam, keberadaan terumbu karang merupakan daya tarik yang tidak diabaikan. Sedangkan Raja Ampat merupakan surganya terumbu karang. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat yang memisahkan Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag.
Spoiler for Tempat Menyelam:


5. Festival Maritim

Seolah ingin mengokohkan posisinya sebagai “Hutan Amazon” di bawah laut, setiap tahun di kabupaten ini diselenggarakan Festival Maritim atau Festival Bahari. Festival digelar di sekitar ibu kota kabupaten di Waisai, sekitar 3 jam menumpang speedboat dari Kota Sorong. Festival ini mengundang kabupaten lain di Papua yang memiliki pantai untuk ikut berpartisipasi.
Spoiler for Festival Maritim:

Meskipun perjalanan menuju Raja Ampat mesti melalui Sorong dulu, namun tidak mengurangi minat wisatawan yang berkunjung. Padatahun 2007, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini hanya 1.000 orang. Sedangkan tahun ini, Saat ini, jumlah wisatawan ke Raja Ampat mencapai 15.000. 73 persennya berasal dari negara asing




Nah itu dia tentnag raja ampat gan.. kalo ada dari agan dan aganwati yang mau menambahkan, silahkan.......


Spoiler for Sumbernya gan:







Yang NATAL Kudu Baca : Sejarah Di Balik Natal ssssttttttttttttt
0
5.6K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan