prayogoabdhiAvatar border
TS
prayogoabdhi
cara mengetahui nama bintang dan kegunaannya dalam dunia navigasi


selamat malem gan, mohon ijin gan ane newbie mau belajar bikin trit. mohon pencerahannya ya gan kalo banyak yang masih kurang.

ane mau berbagi sedikit ilmu yang ane dapet di sekolah gan tentang 57 nama-nama bintang yang biasa digunakan, rasi-rasi bintang yang bisa agan liat di langit malem, dan apa sih kegunaannya.

Spoiler for agan cek di langit malem:


sebelumnya ane mau ngasih tau ni gan, kalo agan ngeliat ke langit kan banyak bgt tu titik2. biar gampang, agan nyari titik yang lebih besar dan lebih jelas dari yang lain. itu bisa termasuk dalam 57 bintang pilihan atau jg bisa jadi planet. nah, untuk mempermudah menentukan nama bintang, kita dikasih bantuan ni gan dengan Rasi atau Constellation. mungkin agan2 sering denger kayak scorpio, libra, aries, gemini dan lain sebagainya. jadi bintang2 ini tu deketan dan membuat suatu simbol gitu gan.
oh iya gan, bintang bisa keliatan jelas kalo ditempat yg gelap kayak dipantai atau di lapangan kosong atau pas bulan lagi redup bgt. jangan liat di tempat yang lampu dimana2 atau pas bulan purnama gan. susah keliatannya.

okee gan. lanjuuutt ke pelajaran dikit biar agan lebih faham emoticon-cystgemoticon-cystg


Rasi bintang disebut juga konstelasi bintang. Nah, kenapa disebut konstelasi? Sebab, ada sekelompok bintang yang terlihat saling berhubungan dan membentuk sebuah bentuk khusus.
Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang kita lihat tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam. Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang sebenarnya dilakukan secara acak, dan kebudayaan yang berbeda akan memiliki rasi bintang yang berbeda pula.

Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang.Woow, hebat, kan?
Dalam banyak peradaban kuno sebelum masehi bintang-bintang mempunyai kedudukan yang tinggi.Orang-orang zaman dahulu percaya bintang-bintang di langit mempunyai pengaruh terhadap kehidupan mereka di bumi.
Mereka melihat bintang sebagai konstelasi atau rasi bintang yang menempati suatu wilayah tertentu di langit. Lalu berkembanglah mitologi atau legenda dari berbagai peradaban kuno tentang rasi-rasi bintang.

Spoiler for macem2 pola rasi yg bisa agan temukan:


57 selected stars. ni ane kasih nama2 bintang pilihan yang paling gampang ditemuin dan digunakan oleh para navigator :

1. Alpheratz
Ankaa
Schedar
Diphda
Achernar
Hamal
Acamar
Menkar
Mirfac
Aldebaran
Rigel
Capella
Bellatrix
Elnath
Alnilam
Betelgeuse
Canopus
Sirius
Adhara
Procyon
Pollux
Avior
Suhail
Miaplacidus
Alphard
Regulus
Dubhe
Denebola
Gienah
Acrux
Gacrux
Alioth
Spica
Alkaid
Hadar
Menkent
Arcturus
Rigel
Zubenelgenubi
Kochab
Alpheca
Antares
Atria
Sabic
Shaula
Rasalhague
Eltanin
Kaus
Vega
Nunki
Altair
Peacock
Deneb
Enif
Al Na'ir
Fomalhaut
57. Markab

mungkin agan heran yaa. kok ini bintang cuma segini? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ni ga semuanya gan, ini cuman yg biasa dipake dalam navigasi dan ngeramal zodiak emoticon-Ngakak becanda gan kalo zodiak, eh tp jgn takut gan, semua zodiak agan ada kok di rasi bintang dari 57 bintang2 diatas emoticon-Peace
kalo total bintang kata mbah N*SA itu sekitar 100000.... "0" nya sampe 29 kira2.

dari nama2 bintang diatas, pasti ada kan salah satu temen agan yang namanya itu? itu karna para navigator atau astronom yang ngasih nama anaknya dgn nama itu. dengan alasan, KEREN emoticon-Ngakak ane juga rencananya gan, tapi nama rasi gan. hehehehe

oke deh lanjut, nah bintang2 itu tu punya altitude (tinggi) dan posisi masing2, biar ga berebut kekuasaan kayak di negara kita gitu gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
nah dari posisi itu, mereka dibagi jadi dua bagian. southern stars dan northern stars, buat nentuin mana selatan mana utara pun sama kyk dibumi. ditarik lah garis khayal di angkasa atau khatulistiwa angkasa. udah deh kebagi mana yg bintang2 utara dan bintang2 selatan. tapi ada beberapa bintang utara atau selatan yg ga bisa agan liat. agan harus berada di lintang utara atau selatan buat bisa ngeliat jelas northen stars atau southern stars.

nah kita bahas skg yg agan bisa temuin jelas disini. namanya eastern hemisphere dan western hemisphere. kenapa begitu gan? karna bumi berputar, bintang2 pun sama kyk matahari, mereka terbit dan terbenam. jadi sepanjang mlm itu bintang2 dilangit ada yg bisa keliatan atau ditemuin cuma pas baru senja ataupun pas udah subuh. ya alasannya karna itu, ada western dan eastern, dikarenakan bumi berputar.


1. eastern hemisphere
Daerah khatulistiwa dari belahan timur mencakup 16 rasi bintang, termasuk bintang dari rasi bintang Cetus , Aries , Taurus , Orion , Canis Major dan Minor Gemini , dan Hydra . Dari catatan khusus antara bintang-bintang ini " bintang anjing " Sirius , bintang paling terang di langit , dan empat bintang dari rasi Orion yang paling mudah diidentifikasi .

Spoiler for rasi di eastern hemisphere:


2. western hemisphere
Daerah khatulistiwa dari belahan bumi barat mencakup 13 rasi bintang, termasuk bintang dari rasi bintang Virgo , Bootes , Libra , Corona Borealis , Scorpio , Ophiuchus , Sagitarius , dan Aquila. Variabel Bintang Arcturus adalah bintang paling terang di grup ini.

Spoiler for rasi di western hemisphere:



dah segitu pelajaran dasarnya gan. sebenernya sih dasar pun belum gan, ibaratnya buku itu mah masih daftar isi gan. hehehe emoticon-Stick Out Tongueeace: tapi kalo buat kenalan itu udah nama sama nomer hpnya doi gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

sekarang kita tinggal nyoba gimana pemahaman agan, jadi agan sekarang keluar rumah trs liat ke awan, mudah2an lagi banyak bintang. maksudnya ga mendung atau lg ga purnama y gan. kalo bintangnya mah disitu terus kok gan ga lari2 kayak agan2 yang suka lari dari kenyataan emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

terus buat agan praktekin kita pake yang paling gampang ditemuin aja y gan yaitu rasi ORION. atau org bule bilangnya ORION BELT

Spoiler for rasi orion:

itu pasti yg agan liat kan? nah kalo udah ketemu dilangit, sekarang agan tinggal nyontek deh keatas. ada bintang2 apa aja di orion belt, trs tinggal nunjukin deh ke pacar atau pedekatean agan itu nama bintangnya apa aja. di bagian atas ada bellatrix sama betelguese. dibawah ada rigel. bener ga? sesuaikan sama bentuknya.
next step, kalo agan udah bisa nentuin yang mana namanya bellatrix sama betelguese, berarti agan udah ketemu lagi tuh rasi diatasnya orion (contek lagi keatas) diatasnya rasi orion itu ada rasi taurus. paling deket bintangnya aldebaran. nah sedikit rahasia, aldebaran itu sejajar sama ada titik yang paling terang dari yg laiinya disekitar itu, titik yang paling terang itu adalah JUPITER. ada yg tau? tp bukan jupiternya komeng yaaa emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
itu planet, itu alasannya lebih terang dan besar. karna planet mempunyai jarak lebih dekat dgn bumi.
gimana udah berhasil ketemu belum gan?

Spoiler for tu gambarnya gan, di bawah kirinya itu ORION BELT tadi:


nah kalo udah ketemu jupiter sama aldebaran, berarti agan2 udah ketemu tu taurus. jadi udah tau kan knp taurus lambangnya gitu? yaa semuanya emang berasal dari constellation gan. gituuu

next step lagi, atasnya orion udah kan? nah skg bawahnya. yang rada gampang buat agan2 aja deh yaa.
dibawah agak serong kiri. (ini ane jelasinnya daritadi agan posisinya menghadap langit ya) itu ada titik terang lagi 1 biji. contek lagiii. bintang apa itu? emoticon-Betty

itu namanya sirius. dibawah orion belt rada miring kiri dikit itu pasti ada bintang yg lebih terang sedikit dari yg lain. kalo udah ketemu sirius berarti agan udah nemuin rasi CANIS MAJOR. ada 2 bintang pilihan disitu, sirius dan adhara. yg paling dekat dengan ORION, itu sirius, skg agan urutin dmn coba adhara nya.

Spoiler for ni ane kasih contekan:


3 rasi dulu aja y gan? soalnya kalo semuanya ga habis 4 tahun gan kyk pendidikan ane emoticon-Sorryemoticon-Cape d...


gitu intinya gan, nyari nama bintang yang laiinya juga sama persis caranya. temuin rasi yang paling gampang dulu buat dijadiin patokan (tapi karna lokasi kita di Indonesia tercinta, jadi kita yang paling gampang ditemuin itu ORION BELT) udah dapet rasi patokannya, tentuin deh nama2 bintangnya. baru cari lagi rasi2 atau bintang2 yang terang disekitarnya buat nentuin itu rasi atau bintang apa.



oke gan? mantap?
ane sih biasanya buat sampingan dari pelajaran, ane pake buat ngerayu cewe jg gan pake bintang emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak




emoticon-Kiss emoticon-Kiss becanda gan becanda, biar ga ngantuk bacanya.

ane jg dulu paling benci gan pelajaran ini. ngerti juga kaga itu dosen ngmg apa. kalo bisa tidur langsung cari posisi aman gan buat tidur emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

tapi setelah ane praktek laut. kan ane tiap hari belajar ini gan.
ternyata, SERUUUU gan. seru bgt. ya tp tetep gan, kalo udah itung2an ane ngangguk2 doang pura2 ngerti biar ga tambah panjang penjelasannya emoticon-Malu emoticon-Malu


oke kembali lagi ke bintang.

sekarang kita ngebahas kenapa navigator pake itu.
jangankan navigator gan, nelayan juga pake itu gan buat nentuin arah pulang.
kok bisa? emoticon-Bingung emoticon-Bingung

disini ane jelasin gan.

Rasi bintang diidentifikasikan untuk menandai acuan arah mata angin (tentunya yang akan berfungsi terutama saat malam hari) dengan berbagai bentuknya. Metode kuno yang terbukti akurat hingga sekarang.
Berikut ini beberapa rasi bintang yang dapat dijadikan acuan sebagai penunjuk arah mata angin :

1. Rasi Bintang Ursa Minor, sebagai penunjuk arah Utara.
Rasi Bintang Ursa Minor atau disebut juga dengan rasi bintang Great Bear (Beruang Besar)/Biduk yang menunjukkan arah utara berbentuk seperti gayung, dan terdiri dari 7 buah bintang, karena itu juga terkadang rasi bintang ini disebut sebagai konstelasi bintang tujuh.

Rasi bintang ini terlihat sepanjang tahun di langit utara. Pada rasi bintang ini, ada satu bintang yang paling terang, dan biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α (perhatikan gambar peta rasi bintang dibawah ini).





2. Rasi bintang Crux, sebagai penunjuk arah Selatan
Rasi bintang ini berbentuk seperti ikan pari, layang-layang, atau salib dan bisa kita lihat pada langit malam dengan arah agak ke selatan. Sehingga Rasi bintang yang satu ini desbut juga sebagai Rasi bintang Salib Selatan. Pada rasi bintang ini, ada satu bintang yang paling terang, dan biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α (lihat gambar dibawah).





3. Rasi bintang Orion, sebagai penunjuk arah Barat.
Rasi bintang ini dapat dilihat di langit sebelah barat. Disebut juga dengan nama Rasi bintang Pemburu atau Rasi bintang Waluku. Dinamai Orion, yang artinya adalah pemburu dalam bahasa yunani, rasi bintang ini didedikasikan bagi Orion, putera Neptune, seorang pemburu terbaik di dunia.
Orion ini mudah dikenali dengan adanya 3 bintang kembar yang berjajar membentuk sabuk Orion (Orion Belt). Satu lagi yang menarik di rasi orion ini adalah adanya bintang Bellatrix dan Betelgeuse pada konstelasinya. Bellatrix identik dengan tokoh dalam Harry Potter, sedangkan Betelgeuse adalah salah satu judul film anak-anak waktu dulu.
Selain sebagai petunjuk arah barat, rasi bintang orion ini atau waluku dalam bahasa Indonesia sering dijadikan sebagai tanda bagi para petani jaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya.





4. Rasi bintang Scorpius/Scorpion, sebagai penunjuk arah Tenggara.
Rasi bintang keempat yang bisa dikenali dan menjadi petunjuk arah adalah rasi bintang kalajengking atau Scorpio. Rasi bintang satu ini agak susah dicari, karena jumlah bintang yang membentuk konstelasinya cukup banyak.
Rasi Scorpio ini menjadi petunjuk arah tenggara. Dalam mitologi yunani kuno, Scorpio ini adalah utusan Apollo untuk membunuh sang Pemburu, Orion. Pada konstelasi ini juga terdapat bintang Antares, salah satu bintang paling terang yang pernah ditemukan.






Nah, itulah pembahasan mengenai Fungsi Rasi Bintang.
Dimana selain sebagai penerang dan penghias langit dunia, Bintang yang berkelompok pada bola langit malam dan membentuk suatu rasi atau konfigurasi (bentuk/wujud) khusus ternyata juga dapat berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin.

Hal ini juga sesuai dengan ayat di dalam Al-Qur'an, yaitu Surat An-Nahl ayat ke-16, bahwa Allah SWT menjadikan bagi para musafir tanda-tanda yang mereka dapat gunakan sebagai petunjuk di bumi dan sebagai tanda-tanda di langit :

dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan).
Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk.
Q.S. An-Nahl (16)






okee gan, sekian trit ane. semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dari agan2 pembaca.

kalo berkenan boleh dikasih saran kalo ada yg kurang2. ini trit pertamax ane gan. boleh di komeng, boleh di bata boleh dikasih cendol, boleh di rate jg. bebas deh gan. hehehehe namanya jg baru pertama gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Mewek








silent reader dipersilahkan kok. yang penting bermanfaat juga buat agan SR.

NB : sorry ga pake sumur. sumurnya pengetahuan semampu ane aja gan. gambar ane ngambil di gugel emoticon-I Love Kaskus

emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus



Diubah oleh prayogoabdhi 22-12-2014 06:56
nona212
nona212 memberi reputasi
1
15.5K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan