ane pernah antri di sebuah cafe bandara airport jakarta mau berangkat ke kota lain untuk jalan jalan, waktu itu masih pagi gan ,tapi masih ada waktu cukup banyak,dan ane lihat keliling2 toko,terus ane lapar,cari makanan di foodcourt airport yang didalam bandara,sesudah masuk dari pemeriksaan ,sebelumnya ane ambil uang di atm dlu sejumlah uang,lalu masuklah ane ke toko makanan+minuman yaitu cafe,lalu ane antri dari orang yg memesan.
Lalu giliran ane,ane lakukan pesanan, secangkir kopi dan roti untuk sarapan pagi.pelayanan itu seperti biasanya melayani,lalu dibelakang ane ada 3 orang ,laki olah raga,baris ke 2 laki bisnisman dan baris ke 3 ibu memakai baju bagus dan modern,lalu pelayan kasirnya (jumlah 4orang 3 laki 1 perempuan) yang bagian kasir minta bayaran,lalu ane bayar, ane minta pesanan roti ane di masukin ke oven.sesudah itu ane duduk,nunggu...dengan sabar,orang ke 1 yg antri sudah dapat pesanannya,orang ke 2 juga sudah dapat ,disini sudah sangat lama nunggunya, terus ane lihatin dan datangi ke kasir cofeenya plus disana juga tempat buat kopi dan sedia makanan oven maupun yang dingin,tapi ane diabaikan,terus ane tegur sudah belum pesanan saya mana? pegawainya baru kerjain ,tapi bilang udah ke ane pesanan sudah siap,lalu ane duduk kembali (*mikir* ane klau gak negur,pesanan ane gak dibuat mereka(para pelayannya),lalu orang ke 3 ibu itu juga sudah dapat pesanannya.
Ane kesal sama para pelayan tersebut,lalu ane datangi,sudah batalin aja pesanan dan balikin uang ane,kata pelayannya tidak bisa sudah masuk ke kasir,dan pesanan sudah dibuat. tidak mau tahu,batalin segera,orang saya duluan pesan,kq yang lain yang dibelakang saya dilayani terlebih dahulu,sudah 3 orang saya dilewatin,lalu saya balikin bonnya ke mereka ,tapi mereka tetap bilang maaf tidak bisa,ini pesanannya.pesanan ane :roti aja masi dingin belum di oven,kopi baru dibuat dan selesai sesudah habis orang ke 3 itu. jadi ane dilangkahi 3 orang sekaligus oleh pelayan cafe di bandara airpot jakarta.ane dengan muka kesal lalu ane marahin ,gimana sih layanannya? ane agak kasar dikit ane bilang dasar pelayan bego...roti masih dingin,belum di oven,nunggu sudah lama,rasa kopi juga gak enak,ditambah badmood ,nunggu terlalu lama hampir kurang lebih 45menit-1jam. disitu ane masih ga puas sama sikap pelayannya,terus ane marahin lagi kedua kalinya dan mungkin ane males balik lagi kesana(pelayan perempuan jutek(judes tengik),dan seperti merasa tidak ada rasa bersalah). tapi jujur ,ketemu pelayan yang begini kesalin juga sih,tapi gimanapun waktu itu ane sudah sangat sabar dan sopan akhirnay jadi kelepasan dan kasar. pergi dalam keadaan badmood.
"ane pribadi termasuk orang sabar dan sopan,tapi ada kalanya lepas kendali ,dimana hal itu sudah keterlaluan,ane orang berdosa yang tidak sempurna gan dan perlu yang namanya bertobat selalu"
bagi para aganwan/aganwati yang jadi pelayan dimana saja :
-hati lagi tidak bagus moodnya.
-ada masalah keluarga/pribadi lain.
-masalah gaji/pendapatan yang tidak memuaskan.
-masalah pacar
-dimarahi boss/atasan
-melihat orang dari luarnya
-dan seterusnya...
sebaiknya jangan membawa masalah tersebut ke pekerjaan gan,tapi belajar jadi orang bijak dan profesional,bisa memilih masing masing urusan pada tempatnya.
"buatlah diri anda bernilai dimata orang dan lakukan pekerjaan sebaik baiknya, yang membuat anda pantas dibayar dengan harga yang layak dari apa yang anda lakukan. janganlah mencari pekerjaan dengan nilai gaji tertinggi,tapi buatlah diri anda layak untuk dibayar dengan nilai yang tertinggi.Tuhan tidak tidur dan Dia tahu sebaik apa yang anda lakukan dalam hidup untuk menuju ke level berikutnya,tentu perlu perjuangan bukan?? seperti emas dibakar sampai menjadi barang yang bernilai tinggi,kadar maupun bentuknya pantas untuk dibayar dengan harga yang layak,begitulah anda diuji dalam hidup,mempunyai kualitas dan kuantitas diri dimanapun anda menjadi berkat"
Saran:
Khusus untuk orang(kita) yang tidak tahu bagaimana caranya bertindak/menegur ya,modalnya sabar saja dan mengalah untuk kebaikan.
Pengalaman tidak enak Aganwan/Aganwati
Quote:
Quote:
Original Posted By my5sn11mqr2►kalo pengalaman gw sih, waktu puasa gan, kongkow sama temen2 satu geng buat bukber. udah keburu sore ngider2 akhirnya sampelah ke daerah bintaro plaza, moto restorannya "mutu kaki lima, harga bintang lima".
ternyata ngantri dan nggak dapet meja, sampe bedug maghrib masih antri meja. pas udah dapet meja, bikin pesenan dan nunggu lagi. jam udah pukul 7 nggak ada tanda2 pesenan dianter, salah satu temen gw dah esmosi, total nunggu dari antri meja sampe nunggu pesenan udah 1 jam lebih gan, plus lagi puasa.
salah satu pelayan yang hilir mudik dipanggil, ditanyain soal pesenan. jawabnya apa coba, note pesanan miss/hilang/nggak sampe dapur, dengan kata lain satu geng gw (ada yang bawa istri dan anak yg masih bayi) duduk di meja selama itu nunggu sesuatu yang nggak dibikin.
temen gw meledak, kenapa nggak konfirmasi, dsb. akhirnya temen gw ngajak cabut dr situ dan ke restoran lain. di mobil temen gw ngoceh2 melulu, kesel kali. kalo gw cuma bisa diem, gw orangnya nggak enakan gan, mungkin karena terlalu rame kali pelayannya jadi bingung, nobody perfect.
btw nice share gan
Quote:
Original Posted By malam.resah►kalo ane sih spele, pesen nasi goreng di warung nggak ngantri, cuma mungkin penjualnya aja rada picek...
jadi pesenan ane dikasihan sama orang yang baru dateng. padahal ane yg duluan dateng.. akhirnya ya keburu esmosi ane katain aja pnjualnya : "matamu picek" langsung ngacir

Quote:
Original Posted By aditaresya►pernah gan , malem2 jam 2an ane lagi laper mau makan di emperan jalan gan , niatnya mau beli nasi lele goreng gan , antri gan , tapi ane datang lebih awal , eh yang belakangan dilayanin duluan , padahal ane udah bilang ama ibunya pesan ini itu , tetep aja kagak di denge gan

, yaudah ane cari tempat lain aja gan

Quote:
Original Posted By cl0ud►pernah gan, tp ane sih biasanya langsung bayar n langsung pergi tanpa ngomong apa2
Quote:
Original Posted By ....s....►woooh pasti gara2 penampilan

rudapaksa aja itu watressnya gan

saya jugak pernah loh waktu itu sama temen saya cewek dia mintak ater beli wireless adapter di toko komputer di xxxxx

ya saya sih biasa make baju gak bagus2 amat pokonya biasa aja lah

waktu saya liat aksesoris gak ada satupun spgnya yg nyamperin gan

mungkin gara2 penampilan gue sama temen gue kek orang kampung kali yak
padahal ada orang masuk mereka selalu senyum dan melayani tanya mau beli apa

tapi saya dicuekin dianggep bukan orang kali

ya udah skip2 curhatnya

terpaksalah saya nyari sendiri wi-fii adapternya dan saya nemu

terus saya nanya mbak beli ini satu yah

dengan tampang males2an dia bilang mas2 kalo mau beli pendrive disana mas itu bukan pendrive

ya saya jawab dengan spontan siapa yg mau beli pendrive mbak

karna sedikit esmosi saya keluarin yg ada dalem tas saya mac booc ,iphone,pokoknya gadget2 intinya show off lah

akhirnya dia senyum jugak oh ya maaf mas baru dapet itu wi-fiii

Quote:
Original Posted By jo24valid►pernah gan, ane kan mau beli pakaian renang buat ce ane, yang 2 piece, beha ma color, di tempat situ ada tulisan boleh dicoba.
kan yg jaga pakaian renang tu nanya ukuran ce ane brapa.
ya ane kan ga inget dan belum pernah tau ukurannya,
tp pernah liat dia pake 2 piece, jadi ane minta yang jaga pakaian renang nya buat contohin itu di depan ane ( berhubung lagi sepi jadi ane ngomong gitu)
eh si penjaga di toko pakaian renang tu nya malah nabok ane di pipi dan di perut ( untung si otong ga di tabok jg)
dia blg, mas kurang ajar ya! sono pergi lo, nanti w aduin ke POLISI pelecehan..
gitu gan.. miris banget,
nama SPG nya BAMBANG Susila, tapi di nametag nya Susila aja, ya ane mah kira dia ce

Quote:
Original Posted By Hiashi►
pernah, di salah satu resto fast food di bekasi sekitar tahun 2004-2005 an. ane di tegur pegawai karena di anggap ngobrol gak makan ma adik ane. ane bilang, lha ane udah pesan kue dan spaghetti di bungkus kok. ini bukti nya, wakakakak
1 jam ane nunggu + 30 menit lg
besok2 nya gak kesitu lg sampe detik ini

Quote:
Original Posted By alpieny►pernah gan, waktu beli makanan di pinggir, ane yg drtd antri blm dilayani masih ngikuti antrian, eh waktu ada 2 ibu ibu yg pake seragam instansi pemerintah, langsung dilayani dgn ramah, ane marah ga, ane bilang apa bedanya uang ane sama uang mereka, bedanya mereka pake seragam ane pake kaos, penjualnya ngeles katanya mereka sudah pesen daritadi, pembeli lain bilang bohong gan. emg penjualnya suka gitu katanya, orang yg pake seragam instansi selalu diduluin

Quote:
Original Posted By rokopetasan►ane juga pernah kayagitu sist..
kejadiannya pas ane mau beli pecel ayam, ane udah mesen lama lama tapi ormg yg antri di belakang ane malah di layanin lebih dulu. pedahal ane cuma mesen ayamnya doang, sedangkan costumer yg laen belinya banyak
Quote:
Original Posted By jackdaniel12►klo ada punya pengalaman..bukan ane sih,tp kbtulan ane liat sendiri....
jadi ada cewe 2 mau pesen nasi goreng,tapi minta telornya di cepolok..si abang nya bilang ga bisa kalo di ceplok,lama..masi banyak yg ngantri buat digorengin..trus itu cewe nunggu ada sekitar 20 menit disana,trus ditanya pesenan nya gimana,si abang cmn jawab santai "nanti kalo uda sepi baru dibuatin,ini masi rame..lagian disuruh campur aja ga mau"
Quote:
Original Posted By egen18►ane kalo jadi ente siram pake kopi dah

atau ga manggil atasannya tuh cafe

ane juga pernah tuh, pas lagi mau sewa sepeda di suatu taman (jadi curhat

)
awalnya bilang sepedanya lagi abis. ga lama ada yg baru selesai. terus ada ibu2 dateng dan mau sewa. sepeda yg baru dateng itu mau di kasih sama tuh ibu2. sontak ane kesel gan udah nunggu masa dilewatin. bukan bermaksud gamau ngalah sama ibu2 tapi ane udah nungguin sekitar 15 menit (kalo dilewatin bisa jadi sejam kali nunggunya). terus ane manggil mbaknya pelan2 awalnya. sampe ane kesel ga didenger, ane teriakin dah
Quote:
Original Posted By fadilrw►kalo ane dilangkahin gan. ngantri beli pulsa, 15 menit abis, 5 menit sebelumnya ada cewek dateng. tiba giliran ane, tu cewek nyelonong, parahnya lagi dilayanin. beli pulsa nomernya ada 3. buset dah. panas ni ati...

Quote:
Original Posted By alfionassis►pernah ane di fast food terkenal gan
udah lama ane psen gk dilayani,skitar 30mntan,ane sabar aja sekalian numpang wifi,sabar ane udh lepass.ane teriak begini:resto macam apa ini!!! saya psan koq gk dilayani!!
sontak oranglain melongok ke ane
langsug cabud aja kesell gan
*kesel nya tuh disinii
nunjukin perut
Quote:
Original Posted By gorillamuda►beberapa kali gan...karena pakaian ane keliatan gak bermerk...padahal cara pakai ane dah sopan lho gan...dikira gak punya duit kali ya gan

Quote:
Original Posted By NY.tapsi►kalo ane pernah ngalamin kasus kayak agan tapi beda nya ane di warung

. yaa kalo ane bisa maklumin soalnya ane pernah jualan juga gan jadi tau rasanya punya pelanggan banyak and kewalahan ngurusinnya
Quote:
Original Posted By delaphan►Kalo ane d kasus tukang cukur gan,
Yg baru datang langsung duduk manis aja depan kaca.
Minta d kemplangin kali dianya.

Quote:
Original Posted By simbahdah►ane pernah gan waktu beli bakso. waktu itu ane sama bini ane penasaran ada orang jual bakso rame bgt,ceritanya sama kyk agan pesenan ane belom jadi tapi ane lihat pesenan orang yang baru dateng malah udah jadi duluan.malah minuman yang ane pesen udah datang duluan dan hampir habis ane minum sambil nunggu.lama2 ane rada emosi tp istri ane sabar dia datengin lagi ke penjualnya sambil nunggu barangkali kalo udah jadi lgsg di bw sendiri aja ama bini ane.ane nunggu lumayan lama istri ane belom balik2. ane emosi lgsung ane samperin istri ane yang lagi nunggu trus ane dateng trus bilang ke istri ane dengan nada yang rada lumayan keras biar denger tuh penjualnya. ane bilang ke istri ane "nek pesen ojok nang wong iki, wong iki kupinge budeg (nek pesen jangan ke orang ini, orang ini telinganya budeg) trus ane bilang ke istri ane udah ayo balek ae. lagsung pelayanya itu takut kayaknya. baksonya pun lgsg di kasih ane tapi ane bilang dianter ke meja ae sy males bawa . udah gt baksonya gak enak..
Quote:
Original Posted By shafanya►klo ane ceritanya agak laen gan, di konter HP
jadi waktu itu mau beli perdana buat internetan. Harga kartu 35rb. Trus ane nanya "total berapa mas?" dijawab "40 ribu sama isi pulsanya" oke, duit di dompet pas 40rb buat beli tu kartu.
skip skip, kartu diaktifin dan sudah selesai dipaketkan internet, siap digunakan. Ane nyodorin duit 40rb, eh si masnya bilang total 72rb mas. perdana 35rb, pulsa+paket inetnya 37rb.
oh ya udah klo gitu saya ke ATM dulu. pas ke ATM gw udah ambil 50rb, gw mikir lagi... shid... kalo gini namanya ane dikadalin ma yg jual, td katanya 40rb ja 72rb... alhasil ane ga balik lagi ke tu counter, untung jauh dari rumah tempatnya. Kesel aja ngasi informasi ke customer tentang masalah yg krusial :HARGA: kok setengah-setengah
Quote:
Original Posted By weekwood►ane ngelola bengkel gan, mungkin beda juga ya, tp ane liat dari sisi pemilik bukan custumer, ane punya 4 montir, 3 utama 1 cadangan
yang 3 ini buat yang service yang 1 ini buat ngerjain yang ringan2, macam ganti bohlam aja, atau ganti oli, yang rigan deh, ada tuh bapak2 mau service, udah ane bilang dari awal nunggu sejaman, abis motor ini sambil nunjuk salah satu motor yang lg di service, bapak itu setuju, lalu duduklah dy,
waktu nunggu ada bbrp motor yang cuma ganti bohlam, oli aja, atau kencengin rantai, trus pulang, nah bapak2 itu emosi, marahin ane, trus ane jelasin aja sistem ane, bla bla bla, sampe ane bilang "kan dari awal saya sudah bilang nunggu sejaman, klo bapak mau di tanganin sama saya boleh pak, tapi saya ga jamin motor bapak bener," tp bapak itu ngerti trus nunggu sih gan, mungkin dy malu mau pergi,,
bner sih kata sista di atas, ngatur orang itu susah, pasti klo bapak2 itu ngeluh trus d bkin trit mungkin kayak trit yg ente buat, dan ane di posisi pelayannya, tp ah sudahlah, maap panjang yak

Quote:
Original Posted By On3DaY►Ane pernah gan beberapa kali, cuma yang paling ane inget banget yang terakhir sebulan lalu. Di I***M*rt daerah Sunter, waktu itu ane beli sendal jepit. Trus tiba-tiba ada bapak-bapak yang beli Sabun cuci mobil K*t. Tuh mbak-mbak malah ngeduluin tu bapak-bapak, ane emosi. Tinggalin aja tuh sendal jepit, ane cari ke tempat lain. Yah walaupun ane ga beli banyak barang cuma sepasang sendal jepit, ga kaya tuh bapak-bapak yang beli sabun cuci mobilnya 4 buah. Tapi kan tau sendiri harga sendal jepit di toko retail itu, bukan sepuluh ribuan. Tuh mbak-mbak bingung ane tinggal pergi tuh sendal jepit

Quote:
Original Posted By keithekidrs►kalo ane sih udah biasa gan. ane masih bocah baru 13 thn. jadi kejadiannya pas lagi ke tukang sayur disuruh emak ane, emak ane cuma suruh ane beli tempe 1. pas ane mau bayar si tukang sayur malah acuhin ane dan dia cuma nunggu ibu ibu itu. ane udah nunggu 10mnt dia layanin ibu ibu pas ane datengin lagi ane bilang "mas ini dong tempe cuma 1" terus ada ibu ibu bodoh bilang "yang sabar dong dek, kita udah dari tadi" sontak ane marah "dasar gendut" karna ibu ibu nya gendut gan

terus ane cabut langsung ke rumah ngadu ke emak ane.
kejadiannya gak lama baru 4 blnan yang lalu
Nasihat Aganwan/Aganwati
Quote:
Original Posted By stev098►dah biasa gan... ntu sebabnya mengatur manusia tuh susahhhhhhnyaaa ga ke tulungan gan...
manusia itu sebenernya hal yg paling burukkkk dari sebuah industri.. kalo bisa di ganti robott saja pasti semua akan jadi lebih baik jauh banget..
ane 10 tahun jg berkecimpung di dunia management gan.. dan sampe detik inipun ane blom bisa menemukan cara agar SERVICE selalu berjalan baik terus2an.. pastii aja ada celah gagalnya.. selama masih yg menjalankan service itu "manusia" gan..
dan masalah ini pun terjadi di seluruh bidang layanan service koq.. mau kelas warteg sampe kelas mewah sekalipun selalu terjadi.. mau pegawai gaji cuma 200 rebuan sampe yg bergaji 10 juta sekalipun tetep aja gan ga ngaruh.. selama masih "manusia" tabiatnya tetep sama...
bahkan di china dan jepang pelayan restaurant nya robot gan.. so ga bakalan mengecewakan
Quote:
Original Posted By stev098►
gan... bahkan di negara maju sekalipun human erorr juga masih sering terjadii.. jangan salah coba search berapa banyak complain terjadi di tempat2 mewah di negara maju juga sama aja gan...
gw sendiri waktu ke singapore dan new york taun lalu itu lebih parah lagi.. karena pekerja disana ga peduli soal kenyamanan sampean.. yg penting mereka bekerja cuma memperhatikan waktu saja dan SOP.. begitu ada celah kesalahan ( SOP ga selamanya aman tetep ada kesalahan bisa terjadi.. negara aja berkali2 rubah sistem koq karena memang ga ada sistem yg sempurna gan ).. bahkan pelayan di resto yg saya kunjungi itupun ga ada minta maaf sama sekali tuh cuma berlalu pergi aja.. sibuk layanin yg lain lagi..
so skrg juga makin banyak outlet2 yg menerapkan sistem self service.. selain costnya murah ( ga perlu bayar pegawai ) juga.. customer ga komplain2 karena self service kan??
kalo agan masuk ke bisnis manajemen bakal ngalamin gan susahh nya dan betapa tidak mungkinnya mencegah kesalahan dan di buat 100% tanpa cacat sangat2 tidak mungkin...
Quote:
Original Posted By MilanDiavolo►sering gan

yeah, ane maklumilah, standar SDM Indonesia yang belum ber-standar (kadang memaksa)
dan komunikasi hubungan antar owner dan pelayan yang kurang baik, sangat berpengaruh.
Quote:
Original Posted By captain.fuck►ente berarti termasuk masih sabar gan soal ngomel2nya.. kalo ane mungkin udah keluar kata2 yg jauh lebih kasar gan.. gedek ane ma pelayan yg cuma suka ngeliat casing kyk gitu..
Quote:
Original Posted By fx.kemplo►
langsung komplain ke bos nya langsung aja tuh, biar di pecat
Quote:
Original Posted By st.valentine►pernah ane gan kaya agan gitu, tapi untungnya ane ga bayar dulu kalo kaga dapet barang yang ane inginkan.
diamnya orang sabar itu seperti gunung merapi loh hati2

Quote:
Original Posted By blinfolds►Sabar juga ada batasanya gan, sama kaya yang dilayani mereka juga sering bikin kesel ngomong yg ga enak. Kalo ane digituin sama pelayan manapun ane ngerti gan karna ane ada di posisi mereka saat ini
