helmy456Avatar border
TS
helmy456
Misteri Kerangka "Racton Man" Terpecahkan, Ini Pernyataan Terbaru Ilmuwan


'Racton Man' meninggal sekitar tahun 2300 SM dan 2150 SM. Bukti luka di lengan kanan atas dan bahu menunjukkan bahwa ia meninggal dalam perang masa lalu.

Jakarta, Aktual.co — Para ilmuwan mencoba mengungkapkan pemecahan misteri ‘Racton Man’ sejak tahun 1989, saat kerangka manusia Zaman Perunggu tersebut ditemukan, sedang menggenggam sepucuk belati di pedesaan Racton di wilayah Inggris Tenggara.

Sekarang, berkat analisa terbaru dari senjata dan tulang kerangka serta gigi manusia purba tersebut, ilmuwan memiliki hipotesa kuat tentang siapa itu ‘Racton Man’ dan bagaimana ia meninggal?.

"Belati ini adalah perunggu dan persis sama sangat langka dan berharga pada saat itu; warna dan bentuknya yang keras serta tepi yang tajam akan dibedakan dari objek tembaga yang lebih umum digunakan," kata Dr. Stuart Needham, seorang Ahli kajian Logam Zaman Perunggu, dari British Museum di kota London, dalam sebuah pernyataan tertulisnya.

"Kami tidak memahami struktur sosial saat itu, tapi ia (Racton Man) merupakan anggota yang sangat menonjol dari komunitasnya. Dan, ia merupakan tokoh senior besar pada zamannya."

Belati yang terkait dengan 4.200 tahun lalu ini merupakan salah satu benda perunggu awal yang pernah ditemukan di Inggris. Karena teknologi perunggu mencapai Inggris dan Irlandia lebih lambat dari negara-negara Eropa lainnya.

"’Racton Man’ akan tepat dikaji menggunakan kemajuan teknologi abad ini," ujar Needham kembali.

Kemungkinan yang paling menonjol, bahwa ‘Racton Man’ adalah seorang kepala prajurit dalam pasukannya.

Analisis tulang kerangka tersebut menunjukkan bahwa ‘Racton Man’ memiliki tubuh sekitar enam meter dan berusia 40 tahun pada saat kematiannya, yang berada di luar hidup rata-rata mayoritas penduduk saat itu, menurut BBCNews melaporkan.

Pengujian pada gigi tengkorak tersebut, menyatakan ia dibesarkan di wilayah Inggris Selatan.

Analisis juga mengungkapkan, bahwa ia menderita sejumlah riwayat penyakit, termasuk kelainan tulang belakang, infeksi sinus yang parah, dan gigi yang tidak sehat.

Para peneliti percaya, bahwa ia meninggal sekitar tahun 2300 SM dan 2150 SM. Bukti luka di lengan kanan atas dan bahu menunjukkan bahwa ia meninggal dalam perang masa lalu.

Saat ini. Kerangka ‘Racton Man’ bersama belatinyadipamerkan di Museum Novium di kota Chichester, Inggris Raya.

source
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan