RikyoshiroAvatar border
TS
Rikyoshiro
[Berfikir Kritis] Dunia Tanpa Magnet!
Hi gan, permisi ane mau numpang share artikel yang ane baca pas lagi ngereview journal nih, ini ane translate sendiri tanpa pake kamus ya gan jadi maaf akalu berantakan. langsung aja..


Kita tahu bahwa adanya magnet di dunia ini bukan untuk mengacaukan kehidupan manusia, namun dari semua hal yang ada apabila kita fikirkan secara matang maka daya kemagnetan merupakan satu alasan kuat terciptanya teknologi modern yang ada saat ini. Benar sekali, apabila tidak ada magnet maka tidak akan ada vacuum cleaner, hair dryer, masin cuci ataupun mixer bahkan komputer atau internet yan kita gunakan saat ini. Semua benda yang disebutkan tercipta ataupun bergerak dengan perubahan gaya magnetik dari sebuah bahan magnet ke dalam sebuah gerakan dari motor listrik. Barang barang lain yang menggunakan motor listrik contohnya adalah MRI machine, microphones dan baterai yang akan hilang or tidak berfungsi dengan tanpa adanya kemagnetan.

Bahkan lebih dari itu, akan tidak ada listrik yang dapat kita manfaatkan! Semua pembangkit listrik semuanya tidak lepas dari pemakaian magnet di dalamnya. bahkan jika kita kembali kemasa pre-industrial dipastikan tidak ada kompas yang dapat bekerja bagi para explorer untuk mencari dan mejelajahi dunia baru.Tapi saat kita berbicara mengenai hal tersebut, kompas bekerja dengan membaca daerah magnetisasi yang berada di sekitar bumi, dan oleh karena itu ada sebuah hipotesis yang menyatakan bahwa bumi tidak akan bisa stabil melayang diangkasa tanpa adanya medan magnet. Kita lihat, interrior dari panas bumi (komposisi inti bumi) memproduksi medan magnetik yang menyebar keseluruh permukaan bumi. magnetoshpere (medan magnet yang menyelubungi bumi) membuat medan pelindung (mantel) disekitar bumi dan mengalihkan partikel partikel bermuatan yang menghantam bumi baik dari matahari ataupun benda langit lainnya dan melindungi kita dari efek efek yang ditimbulkan partikel tersebut (radiation effect). So kita gak akan bisa hidup tanpa adanya magnet.

sumur : http://dailyinfographic.com/a-world-...ts-infographic

Spoiler for Visual:
Diubah oleh Rikyoshiro 23-12-2014 00:53
0
3.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan