BOBROKNYA DISTRIBUTOR SONY MOBILE INONESIA BESERTA SONY SERVICE CENTER "TAM & ERAJAYA
TS
atazkia90
BOBROKNYA DISTRIBUTOR SONY MOBILE INONESIA BESERTA SONY SERVICE CENTER "TAM & ERAJAYA
MAAF MOHON WAKTUNYA SEDIKIT, SAYA BARU BUAT POLING JADI PENASARAN JUGA GIMANA SI TANGGAPAN TEMAN TEMAN SEBELUM / KHUSUSNYA SETELAH MEMBACA THREAD INI TENTANG PENILAIAN SSC TAM ERAJAYA DAN GRUB NYA???
!FOR YOU'R INFORMATION!
!WARNING TAM, ERAJAYA and BUSINESS UNITS!!
TERIMAKASIH BUAT YANG UDAH BACA SP ini total VIEWER sudah lebih dari 3000+++ pasang mata dalam waktu 7 hari
dan cukup banyak feedback, dan yang pasti dapat mencerahkan pandangan beberapa gadget lover, bahwa yang kita tahu selama ini hanya PRICE and SPEC.
masalah aftersale ga pernah kita pikirin karena sudah terlalu yakin, nyatanya ini malah jadi masalah besar bagi SAYA dan BEBERAPA orang di POSTING ini
Buktinya :
HASIL POLING 6-10-14 sampai 12-10-14
Spoiler for HASIL POLING 6-10-14 sampai 12-10-14
:
STATUS SAAT INI
saya pun sudah mengajukan surat pembaca ke media media e-news indonesia
dan masih belum ada informasi mengenai unit saya akan di tindak lanjuti seperti apa
dan akhirnya UNIT saya dikabarkan jadi dalam 2 minggu tapi belom sempet cek barang alias masi di SSC ENIN tanggal 13 cekkidot deh ya jadinya gmn
Quote:
FORUM INI AKAN SAYA TUTUP KETIKA SUDAH ADA KEJELASAN DAN PERMOHONAN MAAF DARI PIHAK TERKAIT MENGENAI SERVICE UNIT DENGAN "RO : JRM00031281"
REVIEW DARI POST kenapa HARUS/TIDAK HARUS BELI SONY?
Spoiler for KENAPA HARUS / TIDAK HARUS BELI SONY DI INDONESIA? - QUOTE FROM POST = :
Quote:
Original Posted By dongkalak►Sony Mobile Indonesia itu cuma kantor perwakilan dan marketing aja di Indonesia.
Beda dengan samsung atau Lg yang juga memiliki pabrik disini. lalu soal service centre duo merk korea dipegang langsung oleh vendornya bukan pihak ketiga.
Sony tau sendiri pabriknya sudah hengkang dari indonesia dan pindah ke malaysia nah semenjak itu Manajemen Sony jadi kacau dan juga saat peralihan dari ericsson ke sony ericsson ada masalah internal dalam perusahaan. makanya liat aja orang orang penting sony ericsson pada pindah saat mau beralih jadi Sony mobile.
dulu waktu jaman ericsson gw sempet ngalamin service hp dan bagus cuma 3 hari kelar. Sekarang mah jangan disebut deh tau sendiri gimana. Soal service lama gw sempet ngalamin pas jaman sony ericsson pake c905 belum 3 minggi dipake layar garis garis dan earpiece mati ternyata hampir semua yang pake c905 pasti ngalamin karena kable flexy yang bermasalah. Itu di service 3 bulan dan baru digubris setelah masuk koran pembaca di pikiran rakyat.
Terus soal tam dan erajaya itu masih satu group. jadi masih sama sama aja. distibutor besar di indo cuma ada trikomsel dan erajaya.
wah informatif banget ni, jadi emang dasar SONY nya yang bobrok dong?
terus ERAJAYA jd korban?
tapi emang ni resiko ERAJAYA juga sebagai DISTRIBUTOR utama di indonesia walaupun SONY ga ada lagi pabrik di INDO harusnya mereka tetep supply sparepart sesuai kebutuhan, kalo emang udah ga mampu ya udah lahh ya STOP PENJUALAN SONY di INDONESIA kalo beli nebeng temen aja sekalian - KONTROVERSI DI KALANGAN SONY-MAN -
kalo BAHASA INGGRIS ANE EXELENT BAKALAN ANE KIRIM ke BBC news, NEW YORK times, CNN, ni wkkawkakwakaww
langsung anjlok abis saham nya di luar, untung lah bahasa inggris ane masi se lvl google translate ^^
Quote:
ini yang lebih naas dari ane gan :
Spoiler for cekidot:
Quote:
Original Posted By alfie23►mantap gaan
ane juga ngalamin hal sama gan, bayangin gan ane beli xperia z2 pre order aja nunggu 2 minggu trus ane make gak nyampe sebulan eh rusak trus di service katanya paling lama 3 bulan , sedangkan kemaren udah jatuh 3 bulan eh dianya ngomong kalo barang ane belum ada kejelasan dari SSC yang di jakarta
nyesel rasanya ane beli tu hp mahal mahal gan, soalnya ane gak tahu SSC nya sebobrok ini gan bayangin aja brand SONY yg jadi sponsor piala dunia , film2 box office dunia mempunyai service center ancurr kayak gini
WAHHHH ini lebih parah dari ane, Beli Z2 berapa duit tu gan? sekarang di jual lagi berapa? MIRIS BANGET. dah gitu itunganya garansi ente ttp jalan lagi ya. kalo service 3 bulan maki 1 bulan berarti garansi ente tinggal 9 bulan kalo service nya 4 bulan garansi ente tnggal 7-8 bulan T.T parah banget kalo ini
D share aja gan coba code RO nya biar saya pajang di depan siapa tau bisa di liat juga ama pihak SSC
Makanya gan d post sebelomnya ane sempet SKEPTIS ama DISTRIBUTOR INDONESIA,apa ia BRAND SONY ga punya QUALITY CONTROL sampe sampe biarin customernya nunggu sebegini lama.
apa IMPORTIR itu RESMI cuman karena BAYAR PAJAK AJA? tapi mereka tidak bekerjasama secara resmi, secara dari sisi pelayanan sama kaya barang BM? - hanya pemikiran buruk saja tidak ada maksud apa apa -
ya pokoknya mudah mudahan AGAN juga cepet kelar gan, soalnya saya di kasi tau sama SSC untuk seri Z1 Z2 emang pengerjaan jauh lebih lama dari pada seri seri lainya.ada yang sampe 4 bulan. kalo bisa bilang aja ke SSC nya minta tolong sekalian di jualin hahahaha
waktu itu ane beli di 8 jutaan gan , sekarang mah kalo di jual di counter palingan ngambil di 4 jutaan kan rugi banget ane tu kan , belum lagi gransi ane tetap jalan
ini gan kode RO ane : PDG00031727
mudah mudahan deh gan punya agan juga cepat kelar trus SSC nya dapat tamparan biar lebih baik lagi
Spoiler for Quote Keluhan dari Thred dan pengalaman USER + BEST COMMENT di Thread ini :
Quote:
Original Posted By mybrokenboard►Emang embel2 garansi resmi indo itu udah gak guna
Coba tanya pemakai hp garansi resmi di sekitar kamu?
Rata2 pasti kesel kalo mau claim garansi ribet dan lamanya minta ampun, iphone jg sama rusak tombol lock aja bisa 2 bulan.
Herannya temen saya ada jg yg rela sony experia z nya diservis selama 1 semester kuliah..
Satu semester kuliah yaa
Quote:
Original Posted By mengecewakan►wah senasib juga sama agan nih
kemaren ane masukin xperia z ultra ane ke SSC Bogor
hari minggu ini udah jalan 3 minggu
moga moga cepet kelar deh
Quote:
Original Posted By iih►sepertinya sony ini menjadi member platinum di semua surat pembaca
setiap hari pasti ada aja maslaahnya
sudah saya blacklist , takut mengalami kejadian serupa
mending samsul, pelayanan cepat, gak pake nunggu lama(pengalaman saya)
Quote:
Original Posted By exodoniaracing►Klo baru beberapa hari udh rusak. Agan berhak minta one to one replacement. Seminggu jga belom masa udh rusak. Klo nggk di gubris jga, buat SP di koran nasional aja gan. Saya jga di janjiin kemaren kelar. Sampe hari ini nggk ada yg kabarin.
Quote:
Original Posted By kingofpulsa►makanya gan, jangan beli hp di conter2. kalo mau dapet garansi lebih langsung beli di distributornya. pengalaman ane setiap beli langsung di distributornya contoh global teleshop dapat garansi tuker baru selama 1 minggu jg aksesoris diberikan garansi.
Quote:
Original Posted By prayitnoers.bie►Aduh bner gan mungkin beberapa perusahaan udah mulai setres, jadi karyawannya ikut setres
Quote:
Original Posted By balak6►Klo bgini kejadiannya, peraturan ttg perlindungan konsumen harus dirubah, misalnya :
1. Kerusakan dibawah satu bulan harus diganti unit baru atau uang dikembalikan sesuai nota pembelian.
2. Jangka waktu perbaikan unit maks 1 bln, lbh dari itu diberi sangsi atau denda.
Distributor jgn hnya mengejar untung tanpa memikirkan keluhan konsumen.
ini ane jg ngalamin gan dg komplain dr bbrp penjuru,akhirnya 2 bulan kurang sudah beres
walopun ane jg dapet komplain balik.dr CS SSC nya,gara2 komplain ke pusat terus.
hahaha
gila aja ente di complain balik, emang bener bener dah kelewatan.
kalo ane emang ga mau marah marah di CS nya gan percuma soalnya dia cuman front liner, selama mereka bae ya ane paham lah kemana harus complain jgn HP nya doang yang smart tapi kita juga harus SMART wakwakawk
kalo sampe ane di complain balik ama CS-nya ya bakal ane ngomel ngomel balik dahhhh...
Ditunggu di surat kabar nasional gan
Biar mereka tahu customer adalah raja
Kalo perlu sampe somasi kek sodara sebelah
saya ga ngarep gan sampe jadi RAJA mentri AJA ga ngarep apa lagi anggota DPRD hahahah
saya cuman ngarep dia minta maaf ke saya dan percepat prosesnya, secara ibarat-nya ane tu COWO GANTENG yang ga tau apa apa kena imbas, karena apes berada di tempat dan waktu yang salah
sampe saat ini sih saya masi dapet tanggepan baik, tapi ya kalo ga ada kelanjutanya ya nanti pelan pelan aja kita sharing info ini ke beberapa tempat yang bisa di jadikan sarana sharing seperti kaskus
Quote:
Original Posted By mybrokenboard►Emang embel2 garansi resmi indo itu udah gak guna
Coba tanya pemakai hp garansi resmi di sekitar kamu?
Rata2 pasti kesel kalo mau claim garansi ribet dan lamanya minta ampun, iphone jg sama rusak tombol lock aja bisa 2 bulan.
Herannya temen saya ada jg yg rela sony experia z nya diservis selama 1 semester kuliah..
Satu semester kuliah yaa
THREAD INI SAYA BUAT MENGGUNAKAN ID KASKUS ASLI SAYA YANG SAYA PERGUNAKAN JUGA UNTUK BERNIAGA DAN CARI NAFKAH.
SEGALA SESUATU YANG SAYA INFORMASIKAN DI SINI ADALAH BENAR ADANYA DAN TERBUKTI ADANYA, SAYA PASTIKAN APA YANG SAYA TULIS DI SINI BUKAN SEKEDAR SULAT KALENG DENGAN TUJUAN BURUK UNTUK MENJATUHKAN BRAND TERTENTU, SAYA HANYA INGIN KEJELASAN SEBAGAI CUSTOMER DAN SAYA JUGA INGIN MENDAPAT PELAYANAN SELAYAKNYA CUTOMER SAYA GA PINGIN JADI CUSTOMER ADALAH RAJA CUKUP SAYA INGIN DI HARGAI DAN DI BERI KEADILAN !!!!
Bayangkan betapa berartinya Gadget / Handphone di jaman sekarang terlebih bagi para pedagang online, tentu saja kerugian material secara tidak langsung akan di derita hanya karena rusak nya gadget kesayangan.
it's ok kalo memang kerusakannya karena kebodohan saya sebagai pengguna, tapi apesnya kerusakan yang terjadi kerna di sebabkan MINIM nya quality CONTROL IMPORTIR / DISTRIBUTOR lokal sebuah brand ternama SONY.
TAM dan ERAJAYA disini saya rasa merupakan distributor atau Service center yang berkaitan, karena ketika saya membeli jelas jelas ada SEGEL TAM dan ERAJAYA
Kronologi singkatnya :
Spoiler for Kronologi 1:
SAYA INGIN memberi himbauan kepada DISTRIBUTOR RESMI SONY MOBILE.
Sedikit kekecewaan saya muncul kepada PROSES REGULASI DAN DISTRIBUSI SERVICE CENTER SONY INDONESIA !
ALASAN YANG BERKAITAN :
Awalnya saya cukup bahagia karena memang sony bisa di bilang memiliki kempetisi harga yang cukup baik, dalam kasus Z ULTRA yang saya bicarakan.
dengan spesifikasi yang cukup di idamkan dan menarik hanya di bandrol dengan harga 4200.000 bahkan ada yang kurang dari itu. dengan layar nya yang cukup lebar 6.4" dan Display yang sangat baik cirikhas SONY.
Namun selang beberapa hari pembelian GADGET saya tersebut tepatnya 4-5 Hari, saya mulai menemukan kendala. muncul nya semacam doff hitam atau bercak hitam seperti bayangan di pojok kanan bawah layar Gadget saya.
Tentunya saya segera bawa ke service center, dan tahu apa informasi yang saya terimaS E N S O R?
SAYA : Mbak Saya mau service ini HP pembelian 4 hari yang lalu ada bayang hitam di sudut kiri Gadget
CS : Oke pak saya cek
CS : Ohh ia pak ada, mohon maaf untuk Xperia Z series semua service center akan di kirim ke jakarta, dengan estimasi perbaikan 2 bulan - maxsimal 4 bulan
SAYA : Mba beneran ini baru 4 hari beli
CS : Ia Pak mohon maaf seperti itu memang regulasinya
Akhirnya saya bawa pulang HP saya karena itu dekat weekend pikri saya paling jg cuman stay di JOGJA aja belom dikirim ke jakarta.
MOHON TANGGAPAN DARI DISTRIBUTOR Erajaya / TAM beri kejelasan mengenai hal ini.
Saya rasa tidak wajar sangat amat tidak wajar USER baru pakai barang 4 hari , lalu menemukan kerusakan pada gadget nya yang hampir bisa di pastikan itu merupakan cacat produksi tapi harus menunggu 2 bulan untuk servicS E N S O R.
Dan besok akan segera saya bawa ke service center saya harap ada etikat baik dari pihak Distributor TAM dan Erajaya beserta SSC.
Akhirnya setelah kejadian di atas saya taruh service center itu HP karena memang nyatanya prosedurnya ga ada perubahan tetap dapet estimasi 1-4 bulan
akhirnya saya geram juga saya coba email ke SONY Quesstion hasilnya cuman suruh telfon 021-29357669. <<<< and it's such a bullllllsssshh***t number di telfon ga jelas susah sekali APA EMANG SEBANYAK ITU YANG COMPLAIN ya sampe susah gitu
untuk complain yang kesekian kalinya akhirnya saya dapat tanggapan yang lumayan baik hingga saat ini.
STATUS Saat INI :
`saya masih e-mail CS SONY dan masih di beri tanggapan cukup baik terakhir sudah di tanya no SERVICE dan HP saya, tapi saya belom tau apa memang benar ada etikat baik untuk saya atau hanya sekedar etika saja alias basa basi
`HP on service saya taruh tanggal 29-9-14 menurut infonya hari ini unit di kirim ke jakarta UPDATE TERBARU TIDAK ADA TANGGAPAN APA PUN DARI PIHAK SONY MOBILE INDONESIA. SETELAH SAYA EMAIL 2X 2- 10 -14
`Saya email pihak SONY sampai sekarang jawabanya, sudah di ekskalasi / di push dari pusat biar segera, tetapi belom ada informasi dari pihak service ternyata sistemnya ga integrated 06-10-2014
` BARUSAJA dapet telffon dari pusat SONY di jakarta, intinya unit saya sudah sampai dan dalam proses pengecekan, kata bag service bayang hitam di HP tidak ada, tapi sudah saya jelaskan keadaanya dan sudah di kroscek oleh CS yogya bahwa itu ada. menurut info mereka akan di lakukan penggantian bagian depan INTINYA kalau sudah jadi akan segera di informasikan 07-10-2014
saya harap segera selesai. dan masalah ini dapat menjadi pelajaran berbagai pihak
HIMBAUAN = Untuk SSC. TAM. ERAJAYA barangkali ada dari kariawan yang membaca :
Spoiler for e-mail saya ke Sony:
Baik saya akan tunggu, dan saya harap segera ada kejelasan-nya, saya harap ada quality control yang lebih baik untuk produk baru dan saya harap dengan kejadian seperti ini akan di berlakukan kebijakan lebih sederhana untuk produk yan masa pemakaianya dibawah 1 bulan atau 2 minggu untuk jenis kerusakan bawaan yang bukan di sebabkan konsumen seperti yang sudah di berlakukan oleh beberapa distributor Gadget yang ada di INDONESIA.
Akan tetapi jika memang kerusakan yang terjadi di sebabkan oleh tindakan konsumen maka wajar saja jika harus menunggu sampai masa service normal 1 bulan - 4 bulan karena itu merupakan konsekuensi
akan sangat di sayangkan isu yang kurang baik mengenai aftersale Distributor atau Importir ternama "PT.TAM,Erajaya," Brand "SONY, BB, Venera, dan lain-lain" kedepannya akan mempengaruhi penjualan secara berkala, dan apa yang saya katakan dari e-mail saya yang sebelumnya saya dasarkan pada pengalaman pribadi dalam menjalan kan usaha di bidang Sales IT Product
BAGI CUSTOMER YANG INGIN BELI GADGET!!!
LEBIH hati hati untuk membeli gadget dengan merek ternama meski pun dengan dalih resmi garansi indonesia.
GARANSI INDONESIA kalo lamanya bisa sampe 4 BULAN, ya mending beli di singapore nitip temen atau beli tiket langsung ke sana PP juga paling 1jt bisa JALAN - JALAN. banyak juga seller yang sering bolak balik SG kok gan
di sampin itu PRODUK QUALITY nya UMUMNYA lebih baik, kalaupun rusak GARANSI NYA juga 1000% dijamin lebih mudah.
Saya punya pengalaman buruk seperti ini dulu waktu jaman PRODUSEN asal FINLAND masih populer di indonesia, garansinya ber-bulan bulan serie N95 pada masa itu
Dulu betapa tenangnya kita beli HP BB dari distributor TAM meski umumnya pasti harga lebih mahal 50-100rb ga masalah karena yakin dengan pelayanannya !!!!!! tapi sekarang saya mendadak kecewa, beli HP yang dengan dalih RESMI pelayanan sama kaya beli HP di distributor lokal yang harganya bisa 10%-20% lebih murah
MEMANG tidak semua produk brand memiliki kasus yang seperti ini, pada umumnya sebelumnya saya menggunakan gadget besutan KORE si BIRU garansi paling lama saya taro di SSC ga sampe 30 menit itu sudah termasuk penggantian sparepart. kalo sparepart belom ada paling lama 7 hari dan di kerjakan di kota service tidak di CENTRALISASI di JAKARTA yang membuat waktu service lebih lama
saya buat ini di surat pembaca KASKUS dengan harapan agar kita sama sama belajar untuk mengenali bukan hanya SPESIFIKASI HP aja tp KONSEKUENSI dari kita membeli HP tersebut dari distributor atau penjual mana.
jika kedepan nya saya khusunya dan para sahabat yang mengalami nasib sama pada umunya tidak mendapat kejelasan, dengan berat hati saya akan bantu usahakan SECARA BERTAHAP untuk segera informasikan kasus ini ke media yang lebih umum
Spoiler for NO SERVICE dan DATA DATA TERKAIT:
Bukti berupa
Surat terima service SSC =
Dengan diterima nya unit saya maka secara langsung di nyatakan bahwa UNIT saya bermasalah dan di terima nya dengan baik pula tanpa di kenakan biaya apa pun maka secara langsung di nyatakan bahwa kesalahan tersebut bukan merupakan kesalahan SAYA SEBAGAI PENGGUNA
Kartu garansi dan NOTA pembelian = Hanya bukti pendukung
Polling
0 suara
MENURUT KAMU SSC. TAM, ERAJAYA, itu gimana sih pelayananya?