Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fortuna.tycheAvatar border
TS
fortuna.tyche
Battle of Iwojima



Battle of Iwojima

Menurut ane, ini adalah pertempuran yang melambangkan semangat tempur sampai mati. Di saat semua pasukan yang bertahan tahu kalau mereka pasti kalah, tidak ada bantuan pasukan baru atau logistik karena laut dan udara sudah di kuasai musuh. Yang mereka lakukan adalah bertempur sampai mati, berusaha menimbulkan korban sebanyak mungkin di pihak musuh.

Pendahuluan
Iwojima hanya sebuah pulau kecil , tetapi memiliki arti yang sangat penting untuk misi mengebom Tokyo. Dengan menguasai pulau ini, sekutu dapat mempersingkat jarak terbang pesawat pembom.



Sebelum melakukan pendaratan selama 72 berturut-turut pesawat sekutu memborbardir pulau ini. 3 hari sebelum D-Day kapal-kapal perang turut menembakan meriamnya ke Iwojima. Tapi kenyataannya pertahanan di pulau ini ternyata tidak mengalami kerusakan. Karena benteng di bangun di bawah tanah, yang di hubungkan dengan terowongan di bawah tanah.

Jalan Pertempuran
Pendaratan sekutu di mulai tanggal 19 Februari 1945, 30,000 Marinir dari 3rd Marine Division, 4th Marine Division, dan 5th Marine Division memulai aksi pendaratan di pantai. Pihak Jepang tidak melepaskan tembakan dan menunggu sampai semua marinir sudah berada di pantai.

Hal ini menyebabkan pihak sekutu menduga bahwa bombardir sebelumnya telah banyak menewaskan prajurit Jepang yang bertahan di pulau itu. Dan pada saat sekutu mulai mendekati garis depan bunker pertahanan Jepang, mulai mendapat tembakan gencar dari pihak yang bertahan.

Pihak sekutu kesulitan di dalam menggali pertahanan, di karenakan kondisi tanah pasir di pulau Iwojima.

Taktik pasukan artilery Jepang hanya membuka pintu baja yg melindungi mereka saat menembak, setelah itu langsung menutup pintu perlindungan untuk menghindari tembakan balasan.

Dan mortir raksasa Jepang 20 mm Type 98 menimbulkan korban dengan tingkat luka yang sangat mengerikan di pihak marinir sekutu.







PIhak marinir sekutu maju dengan lambat di bawah tembakan gencar senapan mesin dan artilery. Dan pada saat sore hari, dengan bantuan Tank atau PANZER emoticon-Smilie pihak penyerbu menguasai pantai.

Setelah ini, pihak marinir sekutu bersiap untuk serangan "banzai". Tapi Jendral Kuribayashi melarang pasukannya untuk melakukan taktik serangan ini karena terlalu mudah untuk di sapu oelh senapan mesin.

AKHIR
Tanpa mendapat reinforcement, makanan, amunisi pihak Jepang akhir kalah dalam pertempuran ini.

22.060 prajurit Jepang, 18.844 tewas dalam pertempuran atau bunuh diri. (hanya 216 orang saja yg di tawan).

PIhak sekutu korban luka 26.000 marinir dan 6.800 meninggal...

Dan luka tersebut seperti di kutip dibawah ini:

"Saya tidak pernah melihat luka-luka yang begitu mengerikan seperti di Iwo" wartawan perang kawakan.

"Saya pernah berhadapan dengan serdadu-serdadu luka di perang Normandia, tapi belum pernah dengan luka yang begitu rusak seperti di Iwo' Dokter di kapal rumah sakit pantai Iwojima.

Tambahan
Kutipan Kuribayashi " Pertahanan musuh 200 atau 300 meter dari posisi kami, dan mereka menyerang kami dengan api yang disemburkan dari tank. Mereka menyerukan kami untuk menyerah, tapi kami TERTAWA"



sumber
Perang Pasifik - PK Ojong
http://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Iwo_Jima

Silahkan para senior Formil yang mau koreksi data ane, menambahkan data atau menambahkan foto-foto... soalnya ane hanya orang awam yang minat militer jadul PD2... mohon maaf kalau ada kesalahan ketik dan data... Terima kasih
Diubah oleh fortuna.tyche 01-07-2014 17:01
0
15K
48
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan