balqis12Avatar border
TS
balqis12
Jenis Ular Peliharaan yang Cocok Untuk Pemula
emoticon-I Love Indonesia (S) Selamat datang di thread ane yang ke dua

Kali ini, ane mau bahas
Jenis ular peliharaan yang cocok untuk pemula

Agan sista pengen piara ular. Bagaimana agan sista memastikan memilih yang benar?

Sebelum memilih jenis ular, sebaiknya kita memerhatikan bebarapa hal berikut:.

1) TEMPAT
Berapa besar tempat yang anda siapkan untuk saat ini dan nanti saat ular dewasa? Penting untuk mengetahui jenis ular yg akan dipelihara dan memperhatikan tempat yang dapat disediakan.
nggak ditaruh saru kandang kan gan??

contoh kandang ular, pakai box kontainer yang dilobangin, beli di toko plastik banyak. lobangin kecil kecil biar bisa napas. kalau masih belum yakin, pasangi mur si pinggir pinggirnya..

kayak gini, penampakan box dari atas
maaf gambarnya jelek


2) BUDGET
Berapa besar biaya yang diperlukan untuk member makan dan perawatan ular setiap bulannya? Bila mempunyai budget yang terbatas, tidak dianjurkan memelihara ular yang besar dan mahal. (nanti ga bisa beli beras) emoticon-Ngakak

3) TINGKAT KEMAMPUAN
Apa tingkat (level) kemampuanmu dalam menangani ular? Tingkat/level bisa berdasarkan dari pengamatan atau analisa seseorang setelah berinteraksi dengan beberapa spesies ular yang diketahui. Yang paling tahu tingkat kemampuan ente menangani ular adalah ente sendiri.

4) TELATEN
pertanyaan paling penting. Apakah kamu akan menekuni hobby ini untuk jangka panjang? Rata² ular hidup 15 tahun. Apakah kamu akan menekuni hobbi ini selama itu?

5) Pilih ular yang sekiranya ente suka. Cari tahu dan pelajari bagaimana perawatannya, dan jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang yang lebih berpengalamandalam memelihara ular.

Tetap berhati-hati dalam memilih ular pertama mu.

Yang harus diperhatikan saat membeli ular.

1) Pastikan ular tersebut aktif terjaga.

2) Pastikan ular mau makan.

3) Pastikan ular tidak terlihat dihinggapi parasit, seperti kutu dll..

4) Jika tersedia, pilih yang CB dari pada yang WC.

5) Kulit biasanya halus dan tidak kasar atau luka. Badan ular tidak kurus kering tapi biasanya padat berisi.

6) Mata harus jernih dan tidak berbayang, perhatikan bila ular mau berganti kulit.

7) Mulut ular harus selalu tertutup rapat dan hanya tempat keluarnya lidah yg terbuka sedikit. Dan lidah tampak bersih dari penyakit atau tindikkan.

8) Nafas ular tidak berbunyi and tdk ada gejala sakit (Walaupun jenis ular yang besar kadang nafasnya berbunyi saat dihandle karena memaksa mengeluarkan udara dari pernafasannya). Ada juga sebagian ular yang mendesis saat mau dihandle ketika ular itu mau ganti kulit, sebaiknya pilih ular ketika selesai ganti kulit.

9) Pindahkan ular ke tempat yang lebih datar permukaannya, bila ada keanehan saat ular berjalan berarti ada yang salah.

10) Apakah kandangnya bersih dan terpelihara?

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2

yup.. sekarang ane sebutin ular-ular yang cocok untuk pemula, (mulai dari yang gampang didapat/hemat sampai yang harganya lumayan ya)
yang masih cocok buat anak kos (kayak ane nih)

1. ULAR PUCUK
Spoiler for dari google:


Harga: +- 40K (baby)
Ukuran tubuh: kecil, maksimal 1,5 meter, besar tubuh maksimal seukuran jempol
Makanan: cicak, emprit kecil

Di sebagian besar wilayah di Indonesia, ular ini disebut dengan ular pucuk. Sebenernya ini termasuk jenis ular berbisa lemah yang tidak berbahaya. Ane sering nangkep di pohon-pohon kok.
Ular pucuk berwarna hijau, panjang dan amat ramping. Terkadang ada pula yang berwarna coklat kekuningan, krem atau agak keputih putihan, terutama pada ular yang masih muda. Bentuk kepala ular pucuk memanjang dan runcing di bagian moncongnya, terlihat jelas lebih besar daripada bagian lehernya yang kurus bulat seperti ranting berwarna hijau. Matanya besar, berwarna kuning dengan celah mata (pupil) mendatar.
Ular pucuk atau ular gadung ini sering terlihat atau didapati di pekarangan, kebun, semak belukar dan hutan. Ular pucuk menyukai pepohonan dan semak, tidak jarang terlihat menjalar di atas tanah, rerumputan.
Ular gadung termasuk jenis ular yang mudah ditangkap dan mudah dijinakkan. Ketika baru tertangkap, biasanya ular ini agresif, kalau sering dihandle bisa jinak kok gan.
Awal-awal dipelihara biasanya susah makan sih gan, tapi tergantung ularnya juga sih. Kalau pucuk, biasanya kasih makan katak kecil atau cicak aja ya.. kalau berkenan cobain juga kasih burung emprit yang sedang.

eeeiittssss, jangan samapi ketuker dengan ular yang ini yah, walau sama-sama warnanya ijo.
HIGH VENOM
Spoiler for high venom:

jangan yang ekornya merah ya gan (Cryptrlytrops albolabris), bahaya itu. ane biasanya nyebutnya Ular Albo atau gadung ekor merah emoticon-Takuttapi ya jangan dibunuh juga, kasihan. emoticon-Sorry



2. ULAR RETIC (Python reticulatus)
Spoiler for peliharaan ane dulu:

Spoiler for ts numpang lewat ya:

Spoiler for retic ane lagi makan :


Harga: +- 100K-200K (baby, tergantung motif dan kecerahan/yellow head. kalau less granite, albino, ya lumayan harganya)
Ukuran: baby sekitar 1 meter, bisa tumbuh sampai ukuran +- 6 meter)
Makanan: pas baby mencit/tikus putih, tambah ukuran bisa makan ayam, bebek, kelinci, bahkan ane pernah nemuin yang dikasih pakan anjing)

Python reticulatus memiliki beberapa nama lain pada setiap daerah seperti ular sanca kembang, Ular sanca jaring, ular sowo kembang dll.
Retic jawa cenderung gelap warnanya, retic bali cenderung kuning, retic kalimantan cenderung silver.
Yang enak itu pelihara dari baby aja gan,walaupun kadang masih kagetan gitu dan jahil juga.. baby umur 2bulanan, panjang +- 1 meter gan sis..
(Kalau harga masih sekitaran 100K yang baby) emoticon-Ngakak
Kasih makannya mencit, biasanya seminggu sekali dan biasanya setelah ular PUP emoticon-Taiya
Bisa juga kasih kepala ayam atau burung emprit.. tapi lebih bagus mencit sih..



3. ULAR MOLU (Phyton Molurus)
Spoiler for molu:


harga: +- 250K (tergantung motif)
ukuran: hampir sama dengan retic, tapi untuk jenis molu dwarf tumbuhnya nggak sepanjang retic.
makanan: mencit, ayam, kelinci, bebek. hampir sama lah dengan retic.

MOLURUS SP adalah ular berwarna dengan banyak bercak-bercak cokelat bertepi hitam di bagian atas punggungnya. Daya tarik yang dirasakan pola kulit mereka memberikan kontribusi untuk popularitas mereka, baik dengan pemelihara reptil dan industri kulit.
Di alam liar, Molu tumbuh hingga sekitar 3,7 meter. Dikarenakan ular ini berasal dari Hutan Tropical basah, jadi memerlukan kelembaban yang sesuai.


4. ULAR MONOPOHON
Spoiler for MONOP:


harga: +-200K
ukuran: babi kecil sejari, bisa tumbuh sampai se jempol
makanan: cicak, emprit kecil

Bentuknya yang kecil dan makanan berupa cicak memudahkan perawatan ular jenis ini. Mono Pohon adalah jenis ular Boa terkecil. Meski sudah berusia belasan tahun, Mono Pohon atau kerap disebut Monop hanya memiliki ukuran sebesar ibu jari orang dewasa.
Kalau untuk pemula sangat cocok. Perawatannya juga mudah. Cukup kasih makan cicak satu ekor seminggu sekali. Jemur sebentar kalau pagi sudah cukup. Untuk kandang juga tak ribet. Sediakan container plastik kasih air untuk berendam dan alas koran serta batang pohon untuk melilit si ular.
Motifnya juga beda-beda tergantung localityu nya gan..



5. ULAR DIPONG (Blood Python)
Spoiler for dipong:


harga: baby +- 150K - 200K
ukuran: bantet gendud, ukuran bisa mencapai 2 meter.
makanan: mencit, ayam dll

Di daerah asalnya dipong dapat ditemukan di daerah persawahan, dan di wilayah2 yang basah. jenis ini bukan termasuk spesies yang langka dan dilindungi (tapi kalo diburu terus buat dimakan sama dijual2in ya abis juga nantinya).
Mangsa (makanannya): Tikus Putih, Rat, Marmut, Kelinci, Bebek, Ayam.
Blood pythons suka sekali dengan berendam di dalam air, disarankan untuk menaruh kotak air di dalam kandang atau bisa juga pakai sabut kelapa yang dibasahi. Karena mereka memerlukan kelembaban yang tinggi. Blood pythons cenderung sedikit kotor daripada ular jenis python yang lain. Jadi sanagt disarankan untuk membersihkan setiap hari. Perlu diingat sebelum memutuskan untuk membeli ular jenis ini, agan harus bersedia membersihkan kandangnya setiap hari.



6. ULAR BALL PHYTON
Spoiler for ball phyton:


harga: +-450K
ukuran: bisa mencapai 1,6 meter
makan: mencit, ayam dll

Disebut lucu, karena ular ini jika terancam akan melindungi diri dengan membentuk bola. Itulah sebabnya mengapa dinamakan Ball Python. Makanannya pun sangat mudah, yaitu tikus kecil atau rat. Sifatnya yang pemalu sangat sejalan dengan bentuknya yang imut.
Bentuk ular ini gendut, yaitu besar di bagian berut namun untuk ekor dan lehernya kecil. Bahkan ukuran tubuhnya pun juga tidak terlalu panjang, maksimal hanya 1,6 meter.



7. CORN SNAKE
Spoiler for cornsnake:


harga: +- 700K
ukuran: corn snake baby ukurannya se jari
makanan: mencit yang masih merah, mencit kecil

Warna dasar corn snake normal biasanya oranye dengan deretan sadel merah kecoklatan di punggung, sedangkan bagian perut (bawah) kotak hitam putih seperti papan catur. Sekarang Corn Snake nisa kita dapatkan dalam berbagai pola dan warna, tentunya ini bisa terjadi karena ketekunan dan kerja keras para breeder di Amerika yang mengawinsilangkan berbagai jenis Corn Snake yang ada. Karena warnanya yang cerah ceria juga karakternya yang jinak, Corn Snake menjelma menjadi “Pet Snake” atau ular kesayangan anak-anak hingga dewasa. Jinak? Ya karena sebagaian besar Corn Snake sekarang adalah hasil penangkaran yang begitu menetas pun sudah bersentuhan dengan tangan manusia. Kandang Pemeliharaan

Corn Snake sebaiknya dipelihara dalam kandang yang punya volume minimal 75 liter. Kandang sebisa mungkin membuat ular nyaman dan bergerak bebas. Patokan paling ideal panjang kandang setidaknya 1,5 kali panjang tubuh ular. Paling mudah tentu memanfaatkan akuarium kaca. Sebaiknya kandang dilengkapi dengan penutup atas, tetapi tidak mampat. Semisal menggunakan penutup jaring kawat. Corn Snake mampu “merambat” melintasi kaca dan keluar jika akuarium tidak diberi penutup. Jaring kawat harus lebih kecil dari ukuran kepala ular yang dipelihara. Jika ada celah sampai bisa dilewati kepalanya, tubuhnya akan ikut meloloskan diri dengan mudah. Akuarium kaca berpenutup untuk memelihara reptil cukup banyak tersedia.


Spoiler for pas tangan ane digigit Ular Bandotan Macan:

Tambahan, kalau digigit ular peliharaan (yang bukan venom)
Usakahan jangan panik dulu, kalau sampai dibelit sama ular buka belitan pelan pelan, kalau nggak bisa minta tolong kawan.
Bagian yang digigit jangan ditarik ya, tapi dilepas pelan-pelan, buka mulut ularnya, (biar luka sobeknya nggak panjang).
Segera obati ya.. emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Spoiler for sumur:


Terimakasih ya agan sista sudah mampir. Kalau mau piara ular atau pet yang lainnya yang penting tanggung jawab buat ngrawat.
Kalau ada kesempatan ntar ane update lagi yah emoticon-Ngakak
emoticon-Shakehand2

Spoiler for Tambahan kaskuser:
Diubah oleh balqis12 20-11-2014 08:20
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
96.6K
306
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan