Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cokboenAvatar border
TS
cokboen
[Panasbung galau] 'Digoyang' SBY, Gerindra Kini Dukung Perppu Pilkada Langsung
[Panasbung galau] 'Digoyang' SBY, Gerindra Kini Dukung Perppu Pilkada Langsung
Jakarta - Partai Gerindra mencoba bermanuver di tengah panasnya isu Perppu pilkada langsung di DPR. Gerindra yang awalnya menolak Perppu yang dikeluarkan SBY di akhir masa jabatannya kini mendukung. Karena 'goyangan' SBY?

SBY kemudian mengajak komunikasi parpol anggota KMP agar mau mendukung Perppu Pilkada langsung ini. Namun Ketua DPP Partai Gerindra Desmon J Mahesa menyebut perjanjian antara Koalisi Merah Putih (KMP) dengan SBY soal Perppu pilkada langsung tak pernah ada.

"Ini klaim dari Demokrat, secara tertulis tidak ada. Kalau tertulis ada, Golkar nggak akan berani ambil keputusan (menolak Perpu) ini," tegas Wakil Ketua Komisi III DPR itu, sehari setelah Munas Golkar menolak Perppu pilkada langsung.

"Sampai hari ini masih berpegang pada naskah akademik dan kajian mendalam. Pada waktu SBY ajukan Perpu kami berpijak bahwa pilkada langsung banyak mudaratnya. Kami belum lihat solusi alternatif mengurangi mudaratnya," kata Desmon.

Setelah isu penolakan Perppu pilkada langsung terus bergulir akhirnya Ketum PD SBY mengakhiri puasa bicaranya. SBY langsung berkicau tentang fakta adanya perjanjian antara KMP dengan PD terkait Perppu pilkada langsung
Menurut SBY, perjanjian dengan KMP untuk mendukung Perpu Pilkada langsung diteken pada 1 Oktober 2014 malam menjelang DPR menggelar rapat paripurna pemilihan pimpinan. Tepatnya saat proses lobi antar ketum parpol untuk mengusung paket pimpinan DPR.

"Kesepakatan itu ditandatangani semua Ketum & Sekjen, mulai dari PG (Golkar), PGerindra, PAN, PKS, PPP & juga PD. Khusus PPP hanya Ketum," kata SBY dalam akun twitternya @SBYudhoyono, yang dipublikasikan Minggu (5/10/2014).

SBY pun menyusun strategi merapat Koalisi Indonesia Hebat. SBY bahkan sampai menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Manuver politik SBY ini berbuah manis, Gerindra langsung mengubah haluan.

"Kita kan sudah sepakat kemarin mendukung Perppu itu. Belum ada perubahan sih," kata Wakil Ketua DPR dari Gerindra Fadli Zon , sembari menegaskan tak pernah mengingkari komitmen dengan SBY. Fadli menyampaikan hal ini saat pulang dari Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2014).

Apakah sikap Gerindra yang berbalik arah ini bakal mengobati rasa sakit hati SBY dan kembali kompak dengan KMP?
Diubah oleh cokboen 09-12-2014 12:36
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.8K
40
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan