Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lavanda11Avatar border
TS
lavanda11
Berhubungan Seksual Dengan Penderita HIV
Halo agan-agan!
Apa kabarnya nih?
Semoga sehat selalu yah...

Oiya, berhubung kemarin baru saja kita memperingati "Hari AIDS Sedunia", belum telat-telat amat dong yah kita ngebahas topik yang satu itni...

Nah berikut ini ane ada tips nih seputaran HIV & AIDS, mohon disimak ya gan emoticon-Request

Spoiler for Gambar:

HIV merupakan suatu infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh secara progresif. HIV disebabkan oleh virus HIV1 dan HIV2. HIV biasanya ditularkan antar manusia melalui hubungan seksual dengan penderita dan pemakaian jarum suntik secara bergantian.

Bila anda atau pasangan anda menderita HIV, anda tetap dapat berhubungan seksual dan menjalani hidup anda seperti orang lainnya. Akan tetapi, diperlukan beberapa langkah ekstra untuk melindungi anda atau pasangan anda.


Gunakan Kondom
Bila anda atau pasangan anda menderita HIV, maka gunakanlah kondom saat berhubungan seksual untuk mencegah penularan HIV. Hindari oral seks karena juga dapat menularkan HIV.

Jika anda dan pasangan anda menderita HIV, tetap gunakan kondom selama berhubungan seksual untuk menghindari penularan virus HIV jenis lainnya dari pasangan anda. Hal ini dapat memperburuk gejala yang anda alami.


Hindari Faktor Resiko
Hindari berbagai hal yang dapat meningkatkan resiko anda terkena atau menularkan HIV, seperti mempunyai banyak pasangan seksual, menderita penyakit menular seksual, atau penggunaan jarum suntik secara bergantian.


Ketahui Cara Penularannya
HIV menular melalui darah dan cairan tubuh (cairan vagina, air mani, dan cairan anus). Penularan melalui cairan tubuh dapat terjadi bila cairan tersebut masuk ke dalam tubuh seseorang melalui luka atau membran mukosa.

Berciuman dengan penderita HIV tidak dapat menularkan HIV, kecuali bila anda memiliki luka pada daerah mulut atau melakukan ciuman ala Perancis yang menyebabkan lidah saling bersentuhan. Berpelukan atau bersentuhan dengan penderita HIV juga tidak dapat menularkan HIV.


Pengobatan Profilaksis
Salah satu pengobatan terpenting bila anda menderita HIV adalah obat antiretrovirus. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah virus di dalam tubuh anda, bahkan sampai tidak terdeteksi. Dengan demikian, juga mengurangi kemungkinan anda untuk menularkan virus HIV pada orang lain.

Bila anda merasa telah terpapar oleh virus HIV, segera hubungi dokter anda dalam waktu kurang dari 72 jam setelah terpapar. Dokter akan memberikan obat antiretrovirus pada anda sebagai langkah pencegahan tertularnya virus HIV. Obat ini harus anda konsumsi selama 28 hari.

Penggunaan kondom setiap berhubungan seksual merupakan salah satu cara pencegahan HIV yang paling penting dan efektif. Selain kondom, anda juga dapat mencegah terkena HIV melalui mengkonsumsi obat antiretrovirus sebelum terpapar oleh virus HIV. Cara ini biasanya digunakan bila anda ingin hamil tetapi pasangan anda mengidap HIV.



Apa yang Harus Dilakukan Bila Anda atau Pasangan Menderita HIV ?

Jaga Komunikasi
Jangan menarik diri anda dari pasangan atau lingkungan anda karena anda menderita HIV. Beritahukanlah pada pasangan anda mengenai seluruh ketakutan dan kekhawatiran anda.

Merasa Takut Merupakan Hal yang Wajar
Rasa takut menulari pasangan anda dapat membuat anda takut berhubungan seksual. Hal ini merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Jangan paksakan diri anda untuk berhubungan seksual sekarang, berilah waktu bagi diri anda dan pasangan anda.
Jagalah kedekatan anda dan pasangan anda dengan berpelukan atau ciuman ringan. Sangat penting untuk menjaga hubungan anda dan pasangan tetap dekat.

Carilah Pertolongan
Konsultasikanlah masalah anda dengan dokter anda untuk memperoleh solusi terbaik bagi penanganan HIV dan pencegahan penularannya. Dukungan dari keluarga dan pasangan dapat membantu anda.

Rencanakan Masa Depan Anda
Menderita HIV bukan berarti akhir dari segalanya. Dengan penanganan yang dini dan tepat, anda dapat menjalani kehidupan anda seperti orang lain. Rencanakanlah masa depan anda bersama pasangan anda.

- Sumber: http://www.pilihdokter.com/id/berita....T2H6rSWR.dpuf
PilihDokter.com
0
3.4K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan