Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naila333Avatar border
TS
naila333
Dikala Jonru Marah dan Ngambek


Jonru nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, berikut ini sedikit informasi tentang jonru,Lahir di Kabanjahe (Sumut) 7 Desember 1970, seorang yang mulai menggeluti dunia jurnalistik semasa kuliah sejak tahun 1992, 1995 menjadi koresponden di majalah Anita Cemerlang, pernah menjadi Content Editor. Pada tahun 2004 menjadi penulis fiksi dan bergabung di FLP (Forum Lingkar Pena) dan menulis beberapa buku tentang kepenulisan. Sejak 19 Maret 2007 berhenti sebagai pekerja kantoran dan fokus menjadi penulis lepas dan mengelola beberapa situs, diantaranya; penulislepas.com, webmerdeka.com, jonru.net, dapurbuku.com. Dan kemudian terjun di dunia politik dengan bergabung di salah satu partai Islam, yah sudah pada tau semua kan partai apa itu.?

Ada kabar menarik ni seputaran jonru,,belum lama ini jonru ternyata dibuat murka oleh salah satu tweet yang menampilkan gambar editan arti kata jon.ru dan men.jonru dalam kamus KBBI. berikut cuplikan kalimatnya:

Jon.ru n perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (spt menodai nama baik dan merugikan kehormatan orang): adalah perbuatan yang tidak terpuji

Men.jon.ru n menjelekkan nama orang (menodai nama baik, merugikan nama orang)




Ditweet oleh @Rifanpecros


Dan lucunya jonru malah bertausiyah agar tidak menuduh orang fitnah jika tidak ada bukti, dan ‘candaan’ Rifan ini kemudian ditanggapi serius dan katanya akan dilaporkan ke kepolisian. aduh gak sadar diri banget ni orang.

kalau kita perhatikan postingan jonru, malah ada banyak opini yang dibuat searah -menyerang Jokowi- tanpa menjelaskan secara detail. Ibarat puzzle, ada banyak bagian yang dihilangkan hanya agar faktanya sesuai dengan yang diinginkan. Tentu saja ada banyak tulisan dan saya rasa semua yang memiliki nalar dan pengetahuan sudah bisa menyimpulkan sendiri tanpa perku saya bahas secara rinci.

Tulisan-tulisan tersebut memang bisa diperdebatkan. Dan kalau itu terjadi, baik kita maupun jonru akan mencari celah pembenaran. Pastinya bukan waktu yang sebentar untuk bisa sepakat tentang satu hal, apalagi jonru adalah fanatik kontra jokowi. Namun yang menarik dari fanspage jonru adalah postingan tentang gambar RI 1 Megawati, RI 2 Surya Paloh, RI 3 JK dan RI 4 Jokowi.



Gambar tersebut saya anggap hanya lucu-lucuan saja. Namun sebenarnya 4 orang terkait bisa menuntut jonru dengan pasal berlapis. Rakyat Indonesia juga bisa menyimpulkan itu sebuah fitnah keji, karena kenyataanya saat ini RI 1 Jokowi, RI 2 JK. Sementara Megawati dan Surya Paloh hanyalah ketua umum partai politik yang mengusung keduanya, setara dengan Muhaimin Iskandar dan Wiranto.

Nah yang menjadi persoalanya sekarang adalah, saat jonru memposting gambar itu apakah beliau tidak merasa bersalah sedikitpun? Lantas kenapa saat ada tweet yang memparodikan namanya saja beliau langsung marah-marah? Mau melaporkan ke polisi dan sebagainya. Apa tidak bisa berkaca pada diri sendiri dulu? Yang sudah menebar banyak propaganda selama kampanye hingga kini. yah pribahasa dibawah ini memang sangat cocok untuk jonru yg terhormat emoticon-Big Grin

Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak

itulah peribahasa yang bisa menggambarkan dan menjelaskan kepribadian jonru,, pribahasa yang memiliki makna kecenderungan seseorang (jonru) untuk dengan mudah melihat kesalahan atau kekurangan orang lain, namun sebaliknya sangat sulit untuk melihat kesalahan atau kekurangan dirinya sendiri.

Hal lain yang membuat saya tertawa adalah postingan fanspage jonru sebelum pemilu, katakanlah 2013 ke belakang. Postinganya berupa promo buku, seminar kepenulisan, cerita inspiratif dan sebagainya yang jumlah like serta komentarnya sering kali di bawah 100. Khusus komentar malah sering di bawah 50, bahkan beberapa di bawah 10 dan 5.



Semuanya berubah saat jonru menjadi relawan prabowo. Kader salah satu partai yang sebelumnya malu-malu, kini semakin dekat dengan jonru. Ditambah lagi pendukung prabowo yang banyak terbawa arus -meski sebagian sudah bisa move on seperti prabowo. Jumlah like dan komentar membludak jadi ribuan, meski memang banyak juga komentar berisi cacian terhadap jonru. Saya prediksi 50:50 antara yang pro dan kontra. Tak peduli apakah postinganya berupa pengumuman seminar, banyak facebooker yang tetap mencemooh jonru.

meski jonru berlatar belakang sebagai penulis buku,,namun saya bahkan tidak tau buku” apa saja yg sudah di terbitkannya, saya awalnya justu mengenal jonru ini politisi. Dan saya bisa maklum jika politisi tulisanya seperti itu, karena semua tentang kepentingan. Bukan lagi kebenaran. mungkin pepatah berikut ini bisa dijadikan sebuah renungan oleh jonru,tentang apa yang selama ini diperbuatnya ” apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai“. Jika sering menebar fitnah, pada saatnya nanti juga akan difitnah. Kalau jonru berkilah tidak pernah memfitnah, ya mungkin itu hanya perasaanya saja. Toh gambar RI1-RI4 tadi sudah menjadi contoh yang apple to apple terkait celetukan @Rifanpecros. Jika sering menjelek-jelekkan, ya nantinya akan ada orang yang balik menjelekkan. Karena hidup sesederhana itu.

Kalau jonru beranggapan semakin banyak yang menerornya, membuat dia yakin berada di jalan yang benar, saya rasa beliau perlu belajar lagi tentang agama dan sosial budaya. Karena tidak ada dalil yang mematenkan seperti itu. Apalagi agama adalah alasan untuk saling menghormati dan menebar kedamaian, bukan kebencian.

Ya anggap saja ini sebagai pembelajaran saja bagi kita semua. agar kita bisa menjaga sikap dan prilaku karena apa yang kita lakukan pada orang lain akan kita rasakan juga cepat atau lambat.

Semoga bermanfaat.
SUMUR
Diubah oleh naila333 05-12-2014 07:31
0
4.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan