atmaji20Avatar border
TS
atmaji20
Gua Baru Lho.. Namanya GUA SUMURUP di Gunungkidul
Hahaha.. Di tempatku ternyata ada gua yang tersembunyi.. Gua ini bernama Gua SUMURUP.. Gua ini ternyata gua jaman purba.. Yang dahulunya ini hanya merupakan mitos belaka, namun kini terjawab sudah (wuiiiih).. Gua ini ditemukan salah seorang warga di tebing (tepatnya pinggir sungai) aliran sungai Gari yang menuju ke sungai Oya. Gua ini ditemukan secara tidak sengaja pada hari Minggu (02/12/12) siang yang awalnya hanya ingin menelusuri penyebab surutnya air di Sungai Gari dalam beberapa hari tersebut. Beberapa hari ada salah seorang mengatakan ketika hujan datang dan sungai teraliri air, sering terdengan suara seperti air masuk ke dalam celah lubang yang menimbulkan bunyi cukup keras. Ketika ditelusuri akhirnya ditemukan sebuah lubang yang dalamnya cukup lebar.

Spoiler for Penampakan:


Seorang warga masuk dan menelusuri ke dalam gua tersebut. Mulut gua terlihat sangat sempit, namun jika semakin ke dalam, ruangan gua semakin lebar dan tinggi. Di dalam gua terdapat ornamen-ornamen yang belum pernah ditemukan di gua-gua lain di pulau Jawa (katanya sih).

Spoiler for Penampakan:


Sejak ditemukan gua ini, warga secara gotong-royong melakukan penggalian (ada aku juga lhoo) untuk memperlebar mulut gua agar dapat dimasuki. Namun melihat cuaca yang sedang musim hujan, setelah berhasil diperlebar mulut guanya ditutup kembali dengan kayu-kayu guna mencegah air masuk kembali ke dalam dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (hiiii)..

Spoiler for Penampakan:


Oke jangan lupa mengunjungi gua ini ya.. heheh karena rencananya gua ini akan dijadikan tempat wisata.. masih lama sih (katanya juga).. emoticon-Smilie
Diubah oleh atmaji20 06-02-2014 05:34
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
8.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan