- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal macam macam Modifikasi MOBIL


TS
classyswag
Mengenal macam macam Modifikasi MOBIL
Quote:
Seperti yang kita tau bahwa modifikasi Mobil bukanlah hal yang aneh lagi di indonesia,dimana kalangan anak muda jaman sekarang suka ngotak ngatik mobilnya dengan berbagai alira, Namun tahukah anda bahwa sebuah mobil memiliki Berbaga macam aliran? ini dia macam macam aliran Modifikasi mobil agar agan agan yang berniat memodifikasi mobilnya tidak asal asalan dan mengetahui Aliran mobil agan sendiri

Quote:
Spoiler for JDM:
Japanese domestic market A.K.A JDM JDM merupakan gaya modifikasi yang mengacu pada barang-barang modifikasi yang pembuatannya berasal dari produsen jepang.
Tetapi ternyata berjalan seiringan perkembangan jaman JDM tidak selalu mengandalkan produk Jepang. Produk luar Jepangpun juga bisa dipakai walau tidak semua. Bahkan produsen mobil Jepang masih mengandalkan produk luar velg di mobil sport mereka.
Tetapi ternyata berjalan seiringan perkembangan jaman JDM tidak selalu mengandalkan produk Jepang. Produk luar Jepangpun juga bisa dipakai walau tidak semua. Bahkan produsen mobil Jepang masih mengandalkan produk luar velg di mobil sport mereka.
Spoiler for JDM car:
Spoiler for Hellaflush:
Gaya Modifikasi yang satu ini, sedang banyak diperbincangkan disana-sini. Mulai di bengkel hingga di berbagai forum maupun milis. trend baru yang nampaknya mendapat sambutan yang cukup baik di kalangan modifikator tanah air. Mengapa trend Modifikasi HellaFlush begitu besar mendapat sambutan dari kalangan tuner?
Jika diperhatikan, gaya HellaFlush tidak terlalu neko-neko, hal ini jelas bisa di “mainkan” untuk kendaraan daily use, namun yang jika ingin extreme, HellaFlush turut memberikan pengaruh yang luar biasa.
1. Flush: Offset yang pas untuk roda, apabila mobil diceperin tapi tidak membuatnya terlihat “amblas” (kata populer, pecinta mobil ceper). Biasa disebut “Daily Drivers”. Jarak ban dan fender hanya 1/2 inch (kurang lebih seukuran jari). tampilan makin maksimal apabila menggunakan ban bulat (donat). Gaya ini sangat pas buat drifting, apabila lebih ceper lagi, bodykitnya akan bersinggungan dengan roda.
hella1
2. Mexi: Offset pelek lebih keluar (menonjol) hingga “nongol” jauh dari fender. Gayanya mirip-mirip low rider. Buat Retro mania, gaya Mexi, cocok banget diaplikasikan. Toyota DX, Mitsubishi Lancer, makin oke dibikin gaya ini. Ada yang bilang, gaya Mexi awalnya kebanyakan disukai pencinta Low Rider di USA asal “MEXICAN”, ehm apakah bener?
hella3
3. Tucked: Terlihat “Nyelup” abis dan pelek ketutupan fender. Mobil-mobil VIP dan mobil yang pake air-suspension makin mentereng bila pakai gaya HellaFlush model yang satu ini.
hella4
4. Hella Flush: Offset pas, super amblas tapi mobil masih bisa jalan. Untuk di Ibukota Jakarta maupun kota lainnya yang kebanyakan jalan tidak mulus alias bolong dan berlubang, wah nampaknya gaya yang satu ini sulit dimainkan. Namun untuk show Modifikasi, hal itu sah-sah saja.
Catatan :
Gaya “HellaFlush” amat riskan bila tidak menggunakan komponen (part) yang berkualitas. Gaya ini apabila diaplikasikan dengan benar maka akan membuat mobil makin mantap bergaya, namun yang lebih penting, gaya ini harus dipadukan dengan cara membawa mobil yang baik dan aman, sehingga gaya tidak membuat malapetaka.
Nah, kalau Anda ingin merombak tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
• Velg unik. Cari ukuran velg yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil. Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
• Velg 3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar. Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
• Ukuran ban unik. Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
• Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk ditarik.
• Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
• Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
• Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni dan tantangan saat mengerjakannya.
• Sepatbor. Bagian ini wajib di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
• Camber kit. Ini adalah anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara otomatis.
• Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
• Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa. Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban).
Jika diperhatikan, gaya HellaFlush tidak terlalu neko-neko, hal ini jelas bisa di “mainkan” untuk kendaraan daily use, namun yang jika ingin extreme, HellaFlush turut memberikan pengaruh yang luar biasa.
Spoiler for Macam macam FLUSH:

1. Flush: Offset yang pas untuk roda, apabila mobil diceperin tapi tidak membuatnya terlihat “amblas” (kata populer, pecinta mobil ceper). Biasa disebut “Daily Drivers”. Jarak ban dan fender hanya 1/2 inch (kurang lebih seukuran jari). tampilan makin maksimal apabila menggunakan ban bulat (donat). Gaya ini sangat pas buat drifting, apabila lebih ceper lagi, bodykitnya akan bersinggungan dengan roda.
hella1
2. Mexi: Offset pelek lebih keluar (menonjol) hingga “nongol” jauh dari fender. Gayanya mirip-mirip low rider. Buat Retro mania, gaya Mexi, cocok banget diaplikasikan. Toyota DX, Mitsubishi Lancer, makin oke dibikin gaya ini. Ada yang bilang, gaya Mexi awalnya kebanyakan disukai pencinta Low Rider di USA asal “MEXICAN”, ehm apakah bener?
hella3
3. Tucked: Terlihat “Nyelup” abis dan pelek ketutupan fender. Mobil-mobil VIP dan mobil yang pake air-suspension makin mentereng bila pakai gaya HellaFlush model yang satu ini.
hella4
4. Hella Flush: Offset pas, super amblas tapi mobil masih bisa jalan. Untuk di Ibukota Jakarta maupun kota lainnya yang kebanyakan jalan tidak mulus alias bolong dan berlubang, wah nampaknya gaya yang satu ini sulit dimainkan. Namun untuk show Modifikasi, hal itu sah-sah saja.
Catatan :
Gaya “HellaFlush” amat riskan bila tidak menggunakan komponen (part) yang berkualitas. Gaya ini apabila diaplikasikan dengan benar maka akan membuat mobil makin mantap bergaya, namun yang lebih penting, gaya ini harus dipadukan dengan cara membawa mobil yang baik dan aman, sehingga gaya tidak membuat malapetaka.
Nah, kalau Anda ingin merombak tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
• Velg unik. Cari ukuran velg yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil. Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
• Velg 3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar. Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
• Ukuran ban unik. Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
• Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk ditarik.
• Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
• Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
• Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni dan tantangan saat mengerjakannya.
• Sepatbor. Bagian ini wajib di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
• Camber kit. Ini adalah anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara otomatis.
• Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
• Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa. Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban).
Spoiler for Hlellaflush CAR:

Spoiler for VIP style:
VIP Style dicirikan dengan ubahan luar yang tidak terlihat ekstrim, tambahan body kit dan velg berukuran ekstra besar, diatas 19 inch lebar serta celong atau offset negative dan tidak lupa chamber extreme. Interiornya dibuat rapih, bersih dan elegan dilapisi warna putih, coklat tua, merah marun atau hitam. Modifikasi juga sering Menggunakan air suspension n muffler oval seperi remus.
Untuk sukses modifikasi mobil aliran VIP tidak perlu dipasangi asesoris yang berlebihan. Sistem audio dipilih yang memanjakan telinga, fokus pada kualitas suara (SQ) dan bukan asal kencang (SPL)
Untuk sukses modifikasi mobil aliran VIP tidak perlu dipasangi asesoris yang berlebihan. Sistem audio dipilih yang memanjakan telinga, fokus pada kualitas suara (SQ) dan bukan asal kencang (SPL)
Spoiler for VIP car:

Spoiler for Vintage/Retor Car:
Mobil Retro atau Retro Car inilah yang sering menjadi bahan perdebatan di kalangan pecinta dan pemerhati dunia Mobil Retro di Tanah Air. "Menurut saya, Mobil Retro itu identik dengan mobil-mobil berjenis sedan. Namun sebenarnya Mobil Retro itu sendiri adalah semua tipe mobil buatan Jepang yang diproduksi pada tahun 1975-1985 dan berpenggerak roda belakang,
Namun perlu diketahui juga, yang dinamakan Mobil Retro itu tak melulu harus semua tipe mobil buatan Jepang berpenggerak roda belakang yang berpenampilan orisinil dan sesuai standar pabrik. Modifikasi terhadap mobil-mobil itu pun sah-sah saja dilakukan. Yang penting masih sesuai tren modifikasi yang berlaku pada saat itu, yakni era 1970-an hingga 1980-an.
Namun perlu diketahui juga, yang dinamakan Mobil Retro itu tak melulu harus semua tipe mobil buatan Jepang berpenggerak roda belakang yang berpenampilan orisinil dan sesuai standar pabrik. Modifikasi terhadap mobil-mobil itu pun sah-sah saja dilakukan. Yang penting masih sesuai tren modifikasi yang berlaku pada saat itu, yakni era 1970-an hingga 1980-an.
Spoiler for Retro car:

Quote:
sebenarnya banyak sekali Aliran Modifikasi didunia ini,namun karena Sumber yang sedikit & pengetahuan TS yang masih terbatas cukup segini ya,Sekian dari TS bila ada yang mau Menambahkan silahkan gan,bakal ane update di pageon 
jadi adakah agan agan yang pengen memodifikasi mobilnya ?

jadi adakah agan agan yang pengen memodifikasi mobilnya ?

Diubah oleh classyswag 27-09-2013 20:24
0
27.6K
Kutip
82
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan