aldywanksidhAvatar border
TS
aldywanksidh
Sejarah Gunung Puntang
Salah satu obyek wisata yang siap memanjakan wisatawan adalah Wana Wisata Gunung Puntang, salah satu obyek wisata yang berada di Kec.Banjaran Kab.Bandung yang udaranya masih bersih dan sejuk karena masih termasuk kawasan kaki Gunung Malabar.
Selain keunikan dan keindahan alamnya, Wana Wisata Gunung Puntang merupakan obyek wisata sejarah yang berada di komplek Gunung Malabar pada ketinggian 1.300 dpl dengan suhu antara 18-23 derajat Celcius.
Berdasarkan cerita rakyat Pasundan di Gunung Puntang pernah didirikan kerajaan yang disebut negara Puntang, hal ini dibuktikan dengan diketemukannya beberapa onggok batu besar yang diduga ada kaitannya dengan sejarah Gunung Puntang (Negara Puntang), onggokan batu tersebut antara lain batu Korsi, Batu kaca-kaca dan Batu Kompaan. Sampai saat ini belum ada penelitian lebih jauh terhadap penemuan onggokan batu tersebut.
Pada jaman pemerintahan Hindia Belanda yang berkuasa pada saat itu kawasan Gunung Puntang pernah didirikan stasiun pemancar radio Malabar yang dibangun pada 1917-1929, sampai saat ini puing-puing bekas peninggalannya masih dapat ditemui sebagai saksi sejarah, selain stasiun pemancar di lokasi ini banyak dibangun bangunan lain yang dijadikan komplek perkantoran dan rumah dinas. Untuk kebutuhan energi listrik dibangun pula pembangkit listrik pada tahun 1919 seperti Lamajan dan Plengan di kawasan Pangalengan Kab.Bandung.
Komplek stasiun pemancar radio Malabar ini sudah lama hancur yang ada tinggal puing-puing dan belum diketahui siapa dan tahun berapa kantor pemancar radio Malabar ini dihancurkan dan oleh siapa yang pasti kawasan ini banyak peninggalan sejarah yang belum tergali dengan benar.
Selain puing-puing reruntuhan bekas stasiun pemancar radio Malabar, dikawasan ini juga terdapat dua buah gua yang konon dibuat oleh Belanda pada tahun 1940 dan diduga ada hubungannya dengan bangunan stasiun pemancar radio tersebut dan gua tersebut menurut sejarah dahulu dipakai tempat untuk penyimpanan komponen peralatan stasiun radio dan telepon.
Gua sepanjang 1 km tersebut menuju sebuah curug yang dinamakan Curug Siliwangi dan barang siapa yang bisa menelusuri gua tersebut dan sampai pada curug Siliwangi maka akan mendapatkan barang ajimat bekas peninggalan negara Puntang. (Percaya atau tidak ?)
Tumbuhan dan tanaman yang terdapat di Gunung Puntang merupakan tanaman campuran antara lain rumpu jampang, alang-alang, kaso, kingkilaban, pakis, saliara, kirinyuh, kaliandra, puspa, sninten, jamuju, kihujan, flamboyan, bungur, sengan laut, kidamar, dan banyak lagi, juga terdapat satwa liar antara lain ular sanca, sanca hijau, ular cibuk, ular cai, ular lingas, ular belang, burung elang, ketilang, tikukur, manintin, surili, menjangan, sero, macan tutul, serigala dan babi hutan.

STASIUN MALABAR RIWAYATMU KINI

Spoiler for Stasiun pemancar:



Spoiler for Pic Puntang:


Spoiler for Bangunan:



Spoiler for Goa Belanda:



Spoiler for Curug Siliwangi:



Spoiler for Puncak Mega:



Semoga thread ane yang satu ini bisa memberi pengetahuan agan agan semua tentang gunung puntang..


[B] Sumber : [url=http://www.festivalgunungpuntang2009blogspot.com[/B]]www.festivalgunungpuntang2009blogspot.com[/B][/url]

pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak emoticon-Malu (S)

Spoiler for gk akan pernah nolak:
Diubah oleh aldywanksidh 04-06-2013 19:31
0
28.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan