FsisAvatar border
TS
Fsis
Surat Terbuka Untuk Bhinneka.com Terkait Pembajakan Kuisioner Penelitian
Saya adalah mahasiswa aktif semester 7 Program Studi Manajemen, Universitas Multimedia Nusantara. Pada saat ini saya sedang melakukan skripsi mengenai Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dengan objek penelitian Bhinneka.com. Pada tanggal 18 November 2014 yang lalu saya sempat men-tweet link kuisioner penelitian saya kepada Bhinneka.com dan pada saat itu saya meminta Bhinneka.com untuk membantu mempromosikan link kuisioner saya melalui akun twitter Bhinneka.com

Spoiler for Bukti Tweet:


Kemudian pada tanggal 19 November 2014, pihak Bhinneka.com mengirimkan direct messages kepada akun twitter saya yang berisikan permintaan alamat e-mail saya. Disini saya berpikir dan berharap bahwa pihak Bhinneka.com mau bekerja sama dan membantu saya untuk menyebarkan kuisioner penelitian saya kepada para member Bhinneka.com. Karena data dari penelitian yang saya lakukan ini dapat bermanfaat bagi Bhinneka.com kedepannya. Namun setelah menunggu dua hari, tampaknya pihak Bhinneka.com masih belum menghubungi saya via e-mail meskipun sebelumnya saya sudah memberikan e-mail saya kepada pihak Bhinneka.com melalui direct messages tersebut.

Akhirnya pada tanggal 21 November 2014 saya mengirimkan direct messages kembali kepada pihak Bhinneka.com untuk menanyakan kelanjutan kabar dari permohonan ijin dan permintaan bantuan kepada pihak Bhinneka.com untuk kuisioner penelitian saya tersebut. Tidak lama kemudian admin dari twitter Bhinneka.com membalas direct messages saya dan menyarankan saya untuk langsung mengirimkan email kepada firli.lutviah@bhinneka.com.

Spoiler for Bukti DM:


Setelah mendapatkan balasan tersebut saya langsung mengirimkan e-mail yang berisikan permohonan ijin dan penawaran kerjasama survey penelitian kepada pihak Bhinneka.com. Pada email tersebut juga tidak lupa saya lampirkan link kuisioner penelitian saya (http://goo.gl/forms/4VAKIJPfhC) dengan harapan pihak Bhinneka.com dapat melihat dan mempertimbangkan manfaat penelitian saya bagi Bhinneka.com kedepannya.

Spoiler for Bukti E-mail:


Namun sangat disayangkan ternyata pihak Bhinneka.com tidak ada yang menghubungi saya hingga detik ini. Dan sesaat sebelum surat ini saya tulis saya baru mendapatkan fakta bahwa Bhinneka.com baru saja membuat survey tersendiri dengan judul survey "Kepuasan Pelanggan Bhinneka". Perlu diketahui bahwa kuisioner penelitian yang saya buat sebelumnya berjudul "Survey Kepuasan Konsumen Bhinneka.com". Begitu mirip bukan?Bukan hanya di bagian judul, ternyata saya mendapatkan fakta yang sangat menarik ketika mengisi survey tersebut melalui link http://surveymonkey.com/s/surveibhinneka.

Pada survey yang Bhinneka lakukan tersebut terlihat jelas bahwa Bhinneka.com berusaha menduplikasi kuisioner penelitian yang saya buat tanpa ijin terlebih dahulu kepada saya selaku pemilik kuisioner penelitian yang asli. Kemiripan kuisioner semakin terlihat jelas pada pertanyaan nomor 8 dimana pada pertanyaan tersebut Bhinneka meminta penilaian konsumen terkait kualitas produk yang diterima, waktu pengiriman, kesesuaian produk dengan deskripsi di website, dan kemudahan menggunakan website Bhinneka.Com dimana point-point tersebut merupakan hasil duplikasi yang sangat mirip dengan point-point pernyataan yang terdapat dalam kuisioner penelitian saya.

Saya harap Bhinneka.com dapat memberikan penjelasan dan klarifikasi yang baik terkait hal ini, karena perbuatan seperti ini sangat kurang etis untuk dilakukan sebuah perusahaan. Terima kasih



Bukti kemiripan :

Spoiler for Kuisioner Bhinneka:


Spoiler for Kuisioner Ane :


Update di Page 4 gan emoticon-Kiss
Diubah oleh Fsis 27-11-2014 02:47
0
8.9K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan